Mengenal Sensor Suhu LM35

Mengenal Sensor Suhu LM35: Cara Kerja & Cara Menggunakanya

Posted on

Finoo.id – Mengenal Sensor Suhu LM35: Cara Kerja & Cara Menggunakanya. Sensor suhu adalah salah satu komponen penting dalam bidang teknologi. Fungsinya adalah untuk mengukur suhu dalam berbagai aplikasi, baik di industri maupun dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu sensor suhu yang terkenal adalah LM35.

LM35 merupakan sensor suhu analog yang sangat akurat dan mudah digunakan. Sensor ini dikembangkan oleh perusahaan Linear Technology Corporation, yang kemudian menjadi bagian dari perusahaan Analog Devices.

Sensor suhu LM35 memiliki karakteristik yang stabil dan menghasilkan keluaran suhu dalam bentuk tegangan analog. Keakuratannya sangat tinggi dan dapat mengukur suhu dalam rentang yang luas, mulai dari -55°C hingga 150°C.

Apa Itu Sensor Suhu LM35

Sensor suhu LM35 adalah jenis sensor temperatur yang berfungsi untuk mengubah suhu menjadi tegangan secara linier. Artinya, perubahan suhu yang dideteksi oleh LM35 akan meningkatkan arus listrik pada Pin out-nya secara proporsional.

Sensor ini diproduksi oleh National Semiconductor dan memiliki tingkat akurasi deteksi suhu yang baik, serta impedansi yang tinggi. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk diintegrasikan ke dalam rangkaian analog maupun rangkaian dengan ADC (Analog to Digital Converter), seperti yang sering digunakan dalam rangkaian Arduino.

Cara kerja Sensor suhu LM35

Walaupun tegangan maksimal sensor ini dapat mencapai 30 volt, namun pada dasarnya tegangan yang diberikan ke sensor ini adalah sebesar 5 volt. Sehingga, sensor ini dapat digunakan dengan catu daya tunggal dengan syarat bahwa LM35 hanya membutuhkan arus sebesar 60 µA.

Baca Juga :   √ Perbedaan Komponen Aktif dan Pasif Pada Elektronika

Namun, perlu diperhatikan bahwa LM35 memiliki kemampuan untuk menghasilkan panas (self-heating) dari sensor yang dapat menyebabkan kesalahan pembacaan yang rendah, yakni kurang dari 0,5º C pada suhu 25º C.

Untuk membaca parameter suhu, output pin 2 IC LM35 akan bertambah sebesar 10mV per derajat Celsius. Dengan kemampuan sensor dalam mendeteksi suhu hingga 150ºC, LM35 dapat dioperasikan pada mikrokontroler yang memiliki tegangan 5V.

Spesifikasi Sensor Suhu LM35

Berikut adalah spesifikasi Sensor Suhu LM35:

  1. Kalibrasi dalam satuan derajat Celsius.
  2. Linearitas +10 mV/ º C.
  3. Akurasi 0,5 º C pada suhu ruang.
  4. Rentang suhu +2 º C hingga 150 º C.
  5. Dioperasikan pada catu daya 4 V hingga 30 V.
  6. Arus yang mengalir kurang dari 60 μA.

Cara Menggunakan Sensor Suhu LM35 dengan Arduino

Sensor suhu LM35 memiliki keluaran berupa tegangan, sehingga sensor ini dapat digunakan dengan mikrokontroler seperti papan Arduino.

Pada kesempatan ini, kita hanya akan memberikan gambaran singkat tentang cara menggunakan sensor suhu LM35 dengan Arduino.

Informasi lebih lengkap mengenai cara menggunakan sensor suhu LM35 dengan Arduino dapat ditemukan dalam artikel saya sebelumnya dengan judul: “Menggunakan Sensor Suhu LM35 dengan Arduino + LCD.”

Karakteristik Sensor Suhu LM35

Sensor suhu LM35 memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Sensitivitas suhu dengan faktor skala linier antara tegangan dan suhu sebesar 10 mV/ºC, sehingga dapat dikalibrasi langsung dalam Celsius.
  • Ketepatan atau akurasi kalibrasi sebesar 0,5ºC pada suhu 25ºC, seperti terlihat pada gambar 2.2.
  • Rentang maksimal operasi suhu dari -55ºC hingga +150ºC.
  • Bekerja pada rentang tegangan 4 hingga 30 volt.
  • Arus rendah, yaitu kurang dari 60 µA.
  • Pemanasan sendiri yang rendah (low-heating), yakni kurang dari 0,1ºC pada udara diam.
  • Impedansi keluaran yang rendah, yaitu 0,1 ohm untuk beban 1 mA.
  • Kesalahan hanya sekitar ± ¼ ºC.
Baca Juga :   √ Skema Rangkaian Soft Start Anti Jeglek Yang Sederhana

Penerapan Sensor Suhu LM35

Sensor suhu LM35 telah diterapkan dalam berbagai industri dan aplikasi, antara lain:

1. Industri Otomotif

Sensor suhu LM35 digunakan dalam sistem pendingin mesin mobil untuk mengukur suhu air pendingin. Informasi suhu yang akurat sangat penting untuk mengontrol kinerja sistem pendingin dan mencegah terjadinya overheating.

2. Pemantauan Lingkungan

Sensor suhu LM35 digunakan dalam sistem pemantauan suhu dan iklim. Dalam aplikasi ini, sensor membantu memonitor suhu udara, suhu tanah, atau suhu dalam ruangan.

3. Industri Makanan dan Minuman

Sensor suhu LM35 digunakan dalam industri makanan dan minuman untuk memantau suhu dalam proses produksi, penyimpanan, dan transportasi. Hal ini sangat penting untuk memastikan kesegaran dan keamanan produk.

4. Pemanas dan Pendingin Ruangan

Sensor suhu LM35 digunakan dalam sistem kontrol suhu ruangan. Sensor ini membantu mengukur suhu lingkungan dan mengontrol pemanas atau pendingin ruangan sesuai kebutuhan.

5. Industri Farmasi

Sensor suhu LM35 digunakan dalam penyimpanan dan transportasi obat-obatan yang memerlukan suhu yang terkendali. Sensor ini memastikan suhu optimal yang diperlukan untuk menjaga kualitas dan keamanan produk farmasi.

Kelebihan dan Kekurangan Sensor Suhu LM35

Kelebihan Sensor Suhu LM35

Sensor suhu LM35 memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya populer dalam aplikasi suhu:

  1. LM35 memiliki presisi tinggi dengan resolusi suhu hingga 0,1 derajat Celsius. Keunggulan ini menjadikannya pilihan yang tepat untuk aplikasi yang membutuhkan pengukuran suhu yang akurat.
  2. LM35 dapat mengukur suhu dalam rentang yang luas, mulai dari -55°C hingga 150°C. Rentang suhu yang luas ini membuatnya cocok untuk berbagai jenis aplikasi.
  3. Sensor ini menghasilkan keluaran berupa tegangan analog yang mudah diolah oleh mikrokontroler atau perangkat elektronik lainnya.
  4. Sensor suhu LM35 memiliki karakteristik linier, yang artinya responsnya sebanding secara langsung dengan perubahan suhu. Hal ini memudahkan dalam mengonversi output sensor menjadi suhu aktual dalam skala numerik.
  5. Sensor suhu LM35 tidak memerlukan kalibrasi eksternal, sehingga memudahkan penggunaan dan integrasi dalam sistem elektronik.
Baca Juga :   Mengenal Genset Tiger TG 2800: Spesifikasi & Harganya Lengkap

Kekurangan Sensor Suhu LM35

Berikut adalah kekurangan dari Sensor Suhu LM35:

  1. Rentang suhu operasional LM35 terbatas dari -55 hingga 150 derajat Celsius. Jika kalian membutuhkan pengukuran suhu di luar rentang tersebut, kalian perlu mencari alternatif sensor yang sesuai.
  2. LM35 memiliki konsumsi daya yang relatif tinggi dibandingkan dengan beberapa sensor suhu lainnya. Hal ini perlu diperhatikan jika kalian menggunakan sensor ini dalam aplikasi yang memerlukan efisiensi energi yang tinggi.
  3. Sensor suhu LM35 tidak memiliki perlindungan terhadap kondisi lingkungan yang buruk atau kelembaban yang tinggi. Oleh karena itu, perlindungan tambahan mungkin diperlukan untuk memastikan sensor tetap berfungsi dengan baik dalam situasi yang keras.

Baca Juga :

Penutup

Secara keseluruhan, LM35 memang sensor suhu yang sangat hkalianl, mudah digunakan dan mempunyai akurasi yang baik. Kemampuannya dalam melakukan pengukuran suhu dari rentang -55 hingga 150 derajat Celsius menjadikan sensor ini sebagai solusi ideal untuk berbagai macam aplikasi.

Selain itu, desainnya yang ringkas memudahkan dalam implementasi dan pengembangan sistem berbasis sensor ini. Semoga melalui artikel ini, kalian dapat lebih memahami tentang Sensor Suhu LM35 dan memanfaatkannya dalam pengembangan sistem pengukuran suhu.

Tetap terus belajar dan eksplorasi teknologi lainnya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kalian dalam bidang elektronika.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Mengenal Sensor Suhu LM35: Cara Kerja & Cara Menggunakanya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *