Merk Cat Lantai Terbaik

Merk Cat Lantai Terbaik: Anti Licin, Gores Tahan Lama

Posted on

Finoo.id – Merk Cat Lantai Terbaik: Anti Licin, Gores Tahan Lama. Mengambil keputusan tentang cat lantai sebenarnya lebih kompleks daripada sekedar bayangan awal. Berbeda dari cat dinding, mengaplikasikan cat lantai memerlukan beberapa lapisan agar menghasilkan hasil terbaik yang tahan lama.

Penggunaan cat lantai tidak hanya terbatas di dalam ruangan, tetapi juga diluar ruangan seperti helipad, marka jalan, dan lapangan. Oleh karena itu, sifat-sifat yang diinginkan dari cat lantai adalah kekuatan yang tinggi, daya tahan terhadap gesekan dan beban, serta ketahanan terhadap cuaca.

Banyak produsen menawarkan berbagai produk cat lantai dengan keunggulan masing-masing. Salah satunya adalah cat lantai jenis epoxy, yang mampu meratakan pori-pori permukaan dengan baik sehingga menghasilkan tampilan yang halus dan berkilau.

Namun demikian, perlu diingat bahwa panduan yang tepat perlu diikuti saat mengaplikasikan cat tersebut. Karena cara dan teknik pengecatan yang baik dapat berbeda tergantung pada merek dan jenis cat yang digunakan, agar menghasilkan hasil akhir yang optimal.

Kami memiliki 7 rekomendasi cat lantai terbaik yang memiliki daya tahan tinggi dan ulasan lengkap tentang harga dan kualitasnya. Sebelumnya, kami juga akan membagikan pengetahuan tentang cat lantai secara keseluruhan, termasuk tips memilih cat yang tepat.

Jenis-Jenis Cat Lantai

Setiap merek cat lantai memiliki formula spesial yang dirancang khusus sesuai dengan jenis lantai yang akan diaplikasikan. Berikut adalah beberapa jenis cat lantai yang paling umum ditemukan:

1. Cat Epoxy Lantai

Cat epoxy terbuat dari campuran resin, pengeras poliamin, dan aditif lainnya. Saat bahan-bahan ini bercampur, terjadi reaksi kimia yang memberikan kualitas unik pada cat.

Reaksi kimia ini menghasilkan kualitas penting seperti stabilitas dan daya tahan. Tak heran jika cat epoxy terkenal mampu menutup pori-pori atau celah pada lantai, termasuk mengisi retakan-retakan.

Cat ini menciptakan tampilan elegan, permukaan yang berkilau, dan ditawarkan dalam berbagai pilihan warna yang menarik.

2. Cat Lantai Beton

Pada umumnya, jenis cat ini memiliki daya tahan yang lebih rendah dan kemungkinan tidak tahan terhadap bahan kimia, kelembaban, lalu lintas pejalan kaki, dan faktor lainnya jika dibandingkan dengan cat epoxy.

Baca Juga :   Merk Cat Genteng Terbaik Beserta Harganya Lengkap

Namun, dengan penerapan yang tepat, seperti dengan mengaplikasikan minimal 2 lapisan, cat beton juga bisa bertahan lama.

Untuk mempertahankan penampilan yang optimal, cat ini sebaiknya diperbaharui setidaknya setahun sekali.

3. Cat Lantai Pengganti Keramik

Jenis cat ini sangat populer karena tingginya permintaan. Cat ini mampu mengubah lantai keramik yang telah tua menjadi tampak baru, mengembalikan keindahan tampilan ruangan.

Hasil akhir cat ini berkilau, dengan harga cenderung lebih tinggi karena kualitas yang unggul.

Tidak hanya digunakan untuk lantai rumah, cat ini juga sering diterapkan di lantai bangunan perkantoran dan hotel.

4. Cat Lantai Kamar Mandi

Hindari penggunaan cat berbasis air untuk lantai kamar mandi, karena cat ini cenderung cepat luntur atau mengelupas.

Cat lateks adalah pilihan terbaik untuk lantai kamar mandi, baik yang bermotif maupun polos. Hasil akhir cat ini biasanya memiliki kilau tinggi.

5. Cat Lantai Garasi Mobil

Secara umum, ada dua jenis cat yang dapat digunakan untuk lantai garasi mobil di rumah, yaitu cat akrilik lateks dan cat epoxy.

Cat akrilik lateks lebih ekonomis tetapi cenderung lebih cepat aus dalam jangka pendek. Sementara cat epoxy lebih tahan lama namun dengan biaya sedikit lebih tinggi.

Merk Cat Lantai yang Bagus

1. Dana Paint Upox

Cat ini memiliki daya rekat yang kuat, memberikan hasil akhir yang mengkilap, dan dapat digunakan pada permukaan lantai dari kayu maupun beton. Salah satu keunggulannya adalah ketahanan terhadap bahan kimia, sehingga sangat cocok untuk digunakan di area pabrik.

Kemampuan penyebaran cat dinyatakan sekitar 10-20 meter persegi, dengan waktu pengeringan total sekitar 24 jam, dan bisa tersentuh setelah hanya sekitar 2 jam. Harganya sekitar Rp 98.000 untuk 1 Liter cat beserta 1 kaleng pengeras.

2. Puffin Epoxy Multi-Layer

Tersedia dengan rentang harga mulai dari Rp 96.800 hingga Rp 498.000, Puffin Epoxy Multi-Layer sudah termasuk cat, pelarut, dan pengeras dalam paketnya.

Walaupun harganya lebih tinggi dibandingkan dengan daftar sebelumnya, cat ini memiliki banyak fungsi karena bisa diaplikasikan pada lantai kamar mandi, garasi, dan dapur.

Namun, untuk mencapai hasil akhir yang optimal, disarankan untuk menggunakan Primer Epoxy Puffin terlebih dahulu. Berdasarkan teori, setiap 1 kg Puffin Epoxy Multi-Layer bisa mencakup area seluas 2 m2.

3. Propan Teknokote

Tidak memiliki aroma yang menyengat, berbahan dasar air, dan memiliki sifat anti selip, adalah tiga keunggulan yang dimiliki oleh Propan Teknokote. Cat ini juga memiliki waktu pengeringan yang relatif cepat, dengan harga sekitar Rp 215.000 untuk kemasan 5 kg.

Baca Juga :   √ Cara Menghitung Borongan Cat Tembok Per Meter: Biaya & Volumenya

Salah satu komponen dalam Propan Teknokote adalah dispersi polimer, yang memberikan daya lekat yang kuat sehingga cat lebih tahan lama.

Namun, merek ini khusus diformulasikan untuk lantai lapangan, seperti lapangan tenis, basket, atau bulu tangkis (baik dalam ruangan maupun di luar ruangan). Pilihan warna mencakup putih, hijau, kuning, abu-abu, dan biru.

4. Propan Multipox MX-99

Cat lantai dari merek lain yang cocok untuk area dapur dan garasi adalah Propan Multipox MX-99, dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp 135.000.

Merek ini memiliki ketahanan terhadap noda minyak, saus, kecap, garam, solar, oli, serta berbagai bahan kimia rumah tangga lainnya, sehingga lebih tahan lama.

Selain itu, cat ini juga bersifat multifungsi karena bisa digunakan pada permukaan besi, beton, GRC, lantai kayu, dan berbagai jenis permukaan lainnya.

5. Nippon Paint SportsKote

Alternatif lain untuk cat lantai lapangan adalah Nippon Paint SportsKote, yang tersedia dengan harga sekitar Rp 330.000 untuk kemasan 5 kg.

Terdapat tiga keunggulan utama dari merek cat ini, yaitu ketahanan terhadap gesekan, perlindungan dari sinar UV, serta sifat anti jamur. Proses pengeringan hingga kering sentuh hanya memerlukan waktu 30 menit, sementara pengeringan total dapat mencapai sekitar 60 menit.

Meskipun demikian, untuk mengaplikasikan lapisan kedua, sebaiknya dilakukan setelah sekitar 2 jam setelah cat benar-benar kering.

6. Polyfloor Epoxy

Polyfloor Epoxy dibuat menggunakan bahan dasar pelarut, yang memberikan ketahanan cat terhadap abrasi, bahkan pada tingkat yang tinggi.

Tampilan akhir dari cat ini adalah mengkilap namun tidak memiliki sifat licin, sehingga aman bagi anak-anak. Formulasi khusus pada cat ini juga mempermudah dalam membersihkan noda yang menempel pada permukaan lantai.

7. Epotone Pro

Epotone Pro dapat diterapkan pada lantai yang terbuat dari kayu, semen, atau beton, dan juga cocok untuk permukaan yang terbuat dari logam.

Dibandingkan dengan merek lain yang ada dalam daftar, Epotone Pro adalah yang paling terjangkau dengan harga sekitar Rp 90.000 untuk kaleng berukuran 1 kg.

Hasil akhir dari cat ini adalah tampilan berkilau dengan pilihan warna seperti merah, biru muda, hijau gelap, hitam, putih, abu-abu awan, abu-abu tern, dan kuning canary.

Tidak perlu khawatir harus mengeluarkan banyak uang untuk mengganti lantai yang sudah mulai tua dengan yang baru, karena sekarang kalian hanya perlu membeli cat lantai yang lebih ramah anggaran.

Tips Memilih Cat Lantai Yang Tepat

1. Pilih cat lantai yang sesuai dengan kebutuhan bangunan

Menentukan cat lantai yang sesuai dengan kebutuhan bangunan merupakan pertimbangan utama untuk mencapai hasil yang optimal dan memuaskan. Di bawah ini, beberapa jenis cat lantai disajikan untuk berbagai keperluan bangunan:

Baca Juga :   √ Katalog Warna Cat Propan Terbaru: Interior & Eksterior

  • Cat untuk lantai di rumah
    Ketika kalian ingin melukis lantai di dalam rumah, aspek estetika menjadi tujuan utama. Oleh karena itu, cat lantai yang cocok adalah jenis yang sesuai untuk permukaan keramik.
  • Cat untuk lantai di pabrik
    Dalam upaya mengoptimalkan pengeluaran, menggunakan cat lantai dapat menjadi solusi untuk memperindah area pabrik, terutama di sektor seperti gudang. Dengan melukis lantai, pabrik akan terkesan lebih bersih dan menarik.
  • Cat untuk lantai di lapangan
    Tidak hanya digunakan dalam ruangan, cat lantai juga diperlukan di luar ruangan. Ini terutama berlaku untuk berbagai jenis lapangan olahraga, seperti lapangan tenis, basket, voli, bulu tangkis, dan sejenisnya.

2. Pilih cat lantai epoxy

Pada dasarnya, cat lantai epoxy terdiri dari dua komponen bahan utama, yaitu cat epoxy (resin) dan pengeras (hardener). Kedua komponen ini dicampurkan dengan perbandingan tertentu, diaduk hingga merata, dan baru kemudian diaplikasikan ke permukaan lantai.

Cat lantai yang menggunakan bahan epoxy memiliki kemampuan untuk menutupi celah atau pori-pori terbuka pada lantai. Ini mengakibatkan hilangnya retakan kecil dan memberikan kesan lantai yang lebih halus serta berkilau.

3. Perhatikan kandungan bahan cat lantai yang digunakan

Untuk menjaga keselamatan dan lingkungan yang sehat, disarankan untuk mengamati mutu bahan yang digunakan dalam cat lantai. Hal ini khususnya berhubungan dengan kandungan zat timbal yang umumnya terdapat dalam komponen dasar cat.

Seperti yang telah diindikasikan oleh WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia, manusia sering kali terpapar oleh zat timbal, yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti kelainan saraf, masalah pernapasan, dan bahkan risiko terkena kanker.

Baca Juga :

Penutup

Sebagai elemen penting dari sebuah rumah atau bangunan, lantai membutuhkan perawatan dan pengecatan yang tepat untuk menjaga estetikanya tetap menawan.

Memilih merk cat lantai terbaik bukan hanya soal warna dan harga, tetapi juga soal kualitas dan daya tahan.

Semoga dengan informasi yang telah dibagikan dalam artikel ini, kalian dapat menemukan merk cat lantai yang paling sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi kalian.

Ingatlah, keputusan kalian hari ini akan menentukan tampilan serta kenyamanan lantai kalian untuk tahun-tahun mendatang.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Merk Cat Lantai Terbaik: Anti Licin, Gores Tahan Lama. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *