Merk Elco yang Paling Bagus

Daftar Rekomendasi Merk Elco yang Paling Bagus

Posted on

Finoo.id – Daftar Rekomendasi Merk Elco yang Paling Bagus. Elco mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka yang aktif di dunia elektronik sejak lama, seperti para penggemar rangkaian elektronik untuk speaker atau soundsystem.

Komponen ini dapat memastikan rangkaian elektronik yang sedang disusun atau dirangkai dapat berfungsi secara optimal. Fungsi utama dari elco adalah sebagai penyimpan arus listrik searah (DC).

Selain sebagai penyimpan arus, elco juga berfungsi untuk menentukan nilai kapasitas dalam satuan uf (kapasitor polar) dalam suatu rangkaian elektronik. Fungsi tersebut sangatlah penting dalam rangkaian tersebut.

Dalam pembahasan kali ini, hargaalat.id akan menyampaikan beberapa merk elco dengan kualitas terbaik. Hal ini akan membantu kalian dalam memilih merk elco terbaik saat membeli di toko elektronik.

Pengertian Elco

Elektrolit kondensator juga dikenal dengan sebutan elco, yaitu jenis kapasitor elektrolit. Pada rangkaian elektronik, elco berfungsi sebagai komponen pasif yang menyimpan muatan listrik sementara.

Elco memiliki dua kaki terminal dan dibalut dengan isolator. Kedua kaki tersebut berfungsi sebagai kutub, di mana salah satu kaki berfungsi sebagai terminal positif dan kaki lainnya sebagai terminal negatif.

Elco memiliki jenis, ukuran, dan kapasitansi yang berbeda-beda. Nilai tegangan maksimum yang dapat diterima oleh elco biasanya tertulis pada bagian bodinya.

Kapasitas maksimum tersebut adalah batas tegangan maksimal yang dapat diterima oleh elco. Jika tegangan yang diterima melebihi batas maksimal, maka elco akan mengalami kerusakan.

Fungsi Elco

Fungsi paling umum dari elco adalah sebagai penyimpan arus listrik searah (DC). Namun selain itu, elco memiliki banyak kegunaan lain yang tak kalah penting.

Berikut beberapa kegunaan elco yang lain:

1. Sebagai Filter

Fungsi utama dari kondensator adalah sebagai penyaring atau filter. Elco digunakan sebagai penyaring yang juga berfungsi sebagai penghambat. Hal ini bertujuan untuk menyaring atau menghambat berbagai faktor dari luar yang dapat mengganggu rangkaian elektronik.

Sebagai filter, kondensator sering digunakan pada berbagai perangkat elektronik. Misalnya, kondensator digunakan pada rangkaian power supply, televisi, amplifier, dan sebagainya.

2. Sebagai Pembangkit Frekuensi

Elco tidak hanya berfungsi sebagai penyaring, tetapi juga dapat digunakan sebagai pembangkit frekuensi. Fungsi kondensator sebagai pembangkit frekuensi biasanya ditemukan pada rangkaian antena atau osilator.

3. Sebagai Kopling

Fungsi elco selanjutnya adalah sebagai kopling atau penghubung. Pada rangkaian amplifier, kondensator digunakan sebagai media penghubung antara sinyal pada level yang rendah dengan level yang lebih tinggi. Kondensator bertindak sebagai penghubung antara dua tingkat tersebut.

4. Sebagai Konduktor dan Isolator

Sebagai konduktor, elco digunakan untuk mengalirkan arus AC (Alternating Current). Sementara itu, sebagai isolator, elektrolit kondensator digunakan untuk menghambat arus DC (Direct Current).

Baca Juga :   √ Cara Merangkai Banyak Elco Untuk Power Supply Power Amplifier

5. Menghemat Penggunaan Listrik

Selain itu, elco juga dapat dimanfaatkan untuk menghemat penggunaan listrik. Kondensator dapat digunakan untuk menyimpan arus dan tegangan listrik.

Bagaimana Cara Kerja Elco?

Cara kerja elco sebenarnya cukup sederhana, yaitu berfungsi untuk menyimpan muatan listrik sementara. Pada elco, elektron yang terdapat pada bahan dielektrik akan tersimpan pada ujung kaki terminal dan akan tetap dalam kondisi tersebut selama tidak ada konduksi.

Untuk dapat menyimpan arus listrik, elco harus terlebih dahulu dihubungkan dengan sumber tegangan. Contoh sumber tegangan yang umum digunakan adalah baterai. Ketika kondensator dihubungkan dengan baterai, maka hal-hal berikut terjadi:

  1. Saat salah satu terminal elco dihubungkan dengan terminal negatif dari baterai, kaki terminal akan mendapatkan tegangan dan menyimpan elektron dari baterai.
  2. Kemudian, saat ujung kaki terminal elco yang lain dihubungkan dengan terminal positif pada baterai, elco akan melepaskan elektron yang disimpannya dari baterai.
  3. Kapasitas elco sama dengan kapasitas sumber listriknya. Jika baterai memiliki tegangan 1,5 volt, maka kapasitas penyimpanan kondensator juga sebesar 1,5 volt.

Rekomendasi Merek Elco Terbaik

Elco memang sangat penting bagi perangkat suara seperti speaker. Fungsinya sebagai penyimpan arus listrik searah (DC) dan sering digunakan pada bagian power supply regulator, termasuk pada speaker. Ketika merakit elco, penting untuk memeriksa polaritasnya agar elco dapat berfungsi dengan baik.

Karena fungsinya yang vital, tidak mengherankan jika elco sangat dibutuhkan oleh para perakit dan teknisi soundsystem. Oleh karena itu, berikut ini beberapa rekomendasi elco yang bisa digunakan jika diperlukan.

1. Elna

Elna merupakan salah satu merk elco terbaik yang terkenal di kalangan para teknisi. Elco Elna biasa digunakan dalam perakitan soundsystem, speaker, dan rangkaian power karena memiliki daya microfarad (µF) dan voltase yang stabil.

Ada beberapa tipe elco merk Elna yang biasa digunakan, dengan voltase mulai dari 50V hingga 100V. Untuk keperluan perakitan power dan soundsystem, elco kondensator 1000 µF (microfarad) 100V dapat menjadi pilihan yang tepat karena lebih stabil.

2. Unicon

Elco juga menjadi pilihan populer teknisi dalam perangkaian komponen soundsystem. Ukuran elco ini biasanya sedikit lebih besar dengan panjang sekitar 8 cm, diameter 3,3 cm, dan berat sekitar 150 gram.

Elco dari merk ini biasanya berwarna gelap atau hitam. Dengan ukuran yang besar, kapasitas dan tegangan kerjanya juga tinggi, mencapai 1000 µF dan 100V. Bobot yang besar ini dipengaruhi oleh lembaran elektrolit yang terdapat di dalamnya.

3. Nippon Chemicon

Merk elco lain yang sangat baik dan sering dipilih dalam perakitan seperti soundsystem adalah Nichicon. Kapasitor ini tersedia dalam beberapa pilihan kapasitas dan voltase, mulai dari yang kecil seperti 470 µF 16V hingga yang lebih besar seperti 1000 µF 16V.

Kualitas dari kapasitor Nichicon sudah terbukti dan sering digunakan pada berbagai perangkat elektronik. Namun, karena ukuran dan kapasitasnya biasanya kecil, penting untuk benar-benar teliti sebelum memasangkannya pada komponen.

4. OMR

Salah satu merk elco terbaik untuk audio adalah Rubycon, yang dikenal karena kualitas dan originalitasnya. Kapasitasnya cukup besar, mencapai 10.000 µF, dengan kaki lancip yang cocok digunakan untuk berbagai keperluan audio seperti psu power amplifier.

Baca Juga :   √ Apa Itu Fitter? Rangkaian Tugas & Materinya Lengkap!

Elco Rubycon biasanya berwarna gelap dengan satu sisinya bergaris emas, dan kualitasnya sudah terbukti baik sehingga tidak perlu diragukan lagi oleh para teknisi audio. Selain itu, meskipun bodinya relatif kecil, kapasitasnya bisa sangat besar, mencapai 10000 µF dengan voltase 80V.

5. Rubycon

Merk elco Rubycon juga populer di kalangan para teknisi. Ada beberapa warna elco, termasuk merah, biru, dan hitam, yang semuanya memiliki kapasitas dan voltase yang beragam namun tetap dengan kualitas terbaik.

Sebagai contoh, elco Rubycon warna merah memiliki kapasitas 1000 µF dengan voltase 100V. Ukurannya sekitar 3,5 x 7 cm dengan harga sekitar Rp35.000 per pcs. Elco dari merk terbaik ini cocok digunakan pada sejumlah perangkat audio seperti soundsystem.

6. Rayden

Kapasitor Elco berwarna biru dengan tulisan emas juga banyak digunakan oleh para teknisi. Salah satu alasan utamanya adalah kapasitasnya yang besar dan voltasenya yang seimbang, serta harganya yang terjangkau.

Dengan kapasitas 10.000 µF dan voltase 80V, elco ini dibanderol hanya sekitar 17 ribu rupiah per pcs di sejumlah e-commerce. Harga yang terjangkau ini menjadi keuntungan bagi teknisi karena mereka bisa mendapatkan elco berkualitas dengan harga yang murah.

7. Orkalian

Merk Elco Orkalian juga sangat terkenal di kalangan para teknisi yang merakit atau memperbaiki audio seperti soundsystem. Kapasitor ini mudah dikenali dengan warna maroon dan tulisan silver, dan dikenal karena kualitasnya yang terbaik.

Hal ini karena spesifikasi dan kapasitas Elco yang dimilikinya, mulai dari ukuran yang ideal (tinggi 8 cm, diameter 4 cm), beratnya yang mencapai 140 gram, hingga kapasitasnya yang cukup tinggi, yakni 10000 µF dan 100V. Semua fitur tersebut membuat Orkalian menjadi salah satu merk Elco terbaik yang tersedia di pasaran.

8. Panasonic

Merk Panasonic tentu tidak asing lagi bagi banyak orang dengan berbagai produk elektronik yang mereka miliki. Ternyata, mereka juga memiliki produk Elco yang dapat meningkatkan kinerja produk audio mereka.

Elco Panasonic ini memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar, yaitu sekitar 2200 µF dengan voltase 25V. Meskipun ukurannya terbilang kecil dibandingkan dengan Elco lainnya, harganya masih terjangkau dengan rata-rata di bawah 10 ribu rupiah. Produk Elco Panasonic ini cocok untuk kalian yang membutuhkan Elco dengan ukuran kecil dan harga yang terjangkau.

9. Epsilon

Kapasitor epsilon juga merupakan salah satu merk Elco terbaik yang sering digunakan dalam perakitan komponen audio dan soundsystem. Kapasitor epsilon dikenal hkalianl dan dapat diaplikasikan pada PSU power amplifier.

Meskipun memiliki ukuran yang relatif kecil, yakni tinggi 8 cm dan diameter 3,5 cm, kapasitor epsilon memiliki kapasitas yang cukup besar, mulai dari 1000 µF 100V hingga 15000 µF 80V. Variasi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian dalam mereparasi atau merakit komponen soundsystem.

10. KY

Merk Elco ini dikenal dengan ukuran yang minimalis, baik dari segi bentuk maupun kapasitas. Elco tersebut memiliki berat tidak lebih dari 40 gram dengan harga sekitar belasan ribu rupiah di beberapa e-commerce.

Baca Juga :   Daftar Mola TV Call Center Yang Dapat Dihubungi

Ukurannya juga tidak terlalu besar, yakni sekitar 12 mm untuk diameter (1,2 cm) dan 40 mm (4 cm) untuk tingginya. Kapasitasnya hanya 100 µF dan 50V sehingga umumnya digunakan pada komponen yang tidak terlalu besar.

Cara Membedakan Elco Asli atau Palsu

1. Lihat Ukuran Body Elco

Untuk membedakan elco asli atau palsu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Cara pertama adalah dengan memeriksa ukuran dari body elco tersebut. Biasanya, elco asli memiliki ukuran body yang tidak terlalu kecil jika dibandingkan dengan elco merk lain. Sedangkan elco palsu cenderung memiliki ukuran body yang lebih kecil. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik ukuran body elco yang ingin kalian beli.

2. Ukur Elco dengan LCR Meter

Salah satu cara untuk mengetahui apakah sebuah elco asli atau palsu adalah dengan menggunakan alat bernama LCR meter. Alat ini biasanya tersedia di toko elektronik yang menjual elco, sehingga sebaiknya dilakukan pengukuran terlebih dahulu sebelum membeli elco tersebut.

3. Test Aplikasi Kapasitor Elco

Cara lain untuk mengetahui apakah elco asli atau palsu adalah dengan memeriksa voltasenya. Elco palsu cenderung memiliki voltase yang lebih rendah dibandingkan dengan elco asli. Sebagai informasi, voltase stkalianr elco adalah 50, 63, 80, 100, 160, 250, dan seterusnya. Oleh karena itu, selain menggunakan LCR meter, kalian juga perlu memeriksa voltasenya untuk memastikan keaslian elco tersebut.

4. Coba Lakukan Pengetesan

Cara paling akurat untuk membedakan elco asli atau palsu adalah dengan meminta laporan pengujian dari penjual. Elco yang berasal dari pabrik resmi pasti memiliki laporan pengujian dan penjual biasanya mendapatkan salinan dari laporan tersebut. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan keaslian elco dan memastikan bahwa kinerjanya sesuai dengan stkalianr yang ditetapkan.

5. Lihat Harga yang Diberikan

Cara yang paling mudah dan ampuh untuk membedakan apakah Elco yang dibeli asli atau palsu adalah dengan melihat harga yang ditawarkan. Jika harga Elco terlalu murah dan tidak masuk akal, maka kemungkinan besar Elco tersebut palsu dan tidak memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, sebaiknya selalu membeli Elco dari toko yang terpercaya dan menjamin keaslian produknya.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang daftar rekomendasi merk elco yang paling bagus yang dapat kami sampaikan. Semua merk yang disebutkan telah terbukti kualitasnya dan sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran kalian. Jangan lupa untuk membeli dari toko atau distributor yang terpercaya dan memberikan garansi produk.

Dengan begitu, kalian dapat memastikan bahwa kalian akan mendapatkan produk yang berkualitas dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *