Penyebab Evaporator AC Split Dingin Sebagian

Penyebab Evaporator AC Split Dingin Sebagian Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Penyebab Evaporator AC Split Dingin Sebagian Yang Tepat. Evaporator merupakan salah satu komponen penting dalam AC split. Fungsinya adalah mengalirkan dan menyerap panas dari udara ke dalam ruangan melalui refrigerant.

Ketika evaporator mengalami kerusakan atau kebocoran, AC akan menjadi tidak dingin atau suhu dinginnya hanya sebagian. Masalah ini umum terjadi pada AC split dari berbagai merek.

Biasanya, kondisi seperti ini dapat dikenali dengan tekanan freon dan ampere yang masih normal, namun evaporator AC split hanya mengeluarkan udara dalam jumlah sedikit. Pengguna AC pasti bingung menghadapi evaporator yang hanya dingin di sebagian area.

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya apa penyebab evaporator AC split hanya dingin di sebagian ruangan. Ternyata, ketidakmerataan pendinginan pada evaporator dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Pengertian dan Fungsi Evaporator Pada AC Split

Evaporator pada AC split berfungsi sebagai tempat untuk menampung uap dingin yang dihasilkan melalui proses refrigerasi. Proses ini melibatkan perubahan tekanan rendah menjadi tekanan tinggi untuk menghasilkan uap dingin.

Proses refrigerasi dilakukan di unit kompresor dengan bantuan refrigerant (freon). Evaporator juga berperan dalam sirkulasi gas refrigerant tersebut. Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar evaporator tidak bocor, bahkan dalam keadaan yang sangat kecil, agar freon tidak terbuang dengan sia-sia.

Evaporator AC dibuat menggunakan bahan tembaga dan aluminium. Pipa tembaga dibentuk melingkar panjang seperti huruf U dan saling terhubung di antara ujungnya. Selain itu, aluminium dibuat sebagai sirip-sirip untuk melindungi pipa tembaga. Sirip aluminium ini juga berfungsi agar uap yang sudah berubah menjadi air dapat langsung mengalir ke saluran pembuangan.

Kerusakan pada evaporator AC split umumnya disebabkan oleh erosi akibat usia AC yang sudah terlalu lama, yang mengakibatkan kebocoran freon. Selain itu, faktor lain yang dapat menyebabkan kebocoran adalah kesalahan pengguna seperti terkena benda tajam. Oleh karena itu, sangat dilarang menggunakan benda tajam saat membersihkan evaporator.

Evaporator AC harus tetap bersih, karena jika kotor, uap dingin tidak dapat tersebar dengan maksimal oleh kipas. Hal ini dapat mengurangi efisiensi pendinginan AC. Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan AC secara rutin setidaknya setiap 3 bulan sekali.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan AC LG Yang Wajib Diketahui

Penyebab Evaporator AC Split Dingin Sebagian

Kerusakan pada evaporator AC split memiliki penyebab khusus yang perlu diidentifikasi. Ada sesuatu yang tidak beres, sehingga menyebabkan evaporator pada AC split di rumah hanya mengeluarkan udara dingin secara sebagian.

Dengan mengetahui penyebab evaporator AC split hanya dingin sebagian, pengguna akan lebih mudah dalam memperbaiki AC split tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum dari ketidakmerataan pendinginan pada evaporator AC split:

1. Terdapat Oli di Dalam Evaporator AC Split

Salah satu penyebab adalah adanya perangkap oli dalam sistem atau oli yang masuk ke dalam evaporator. Hal ini terjadi ketika unit outdoor AC Split dipasang lebih tinggi daripada unit indoor karena kesalahan pemasangan.

Akibatnya, oli kompresor yang seharusnya beredar bersama freon terperangkap di dalam evaporator dan akan terus menumpuk seiring berjalannya waktu. Ini juga bisa terjadi karena usia kompresor yang sudah cukup lama.

Untuk mengatasi masalah ini, dapat dilakukan flushing menggunakan R11. Caranya adalah dengan melepas evaporator dan mengisi R11 dengan mendorong R22. Biasanya, oli yang bercampur dengan R11 akan keluar. Proses flushing dilakukan berulang kali hingga sisa oli dalam evaporator benar-benar bersih.

2. Tekanan Freon Kurang

Salah satu penyebab lain mengapa evaporator AC split dingin hanya sebagian adalah tekanan freon yang kurang. Jika tekanan freon berada di bawah stkalianr yang disarankan untuk AC split, hal ini dapat menyebabkan pembentukan es pada pipa dan evaporator AC.

Kehabisan freon umumnya disebabkan oleh adanya kebocoran pada jalur pipa sirkulasi. Untuk mengatasi masalah ini, tambahkan freon sesuai dengan petunjuk pada nameplate masing-masing unit dan sesuai dengan stkalianr tekanan freon yang disarankan.

Berikut ini adalah tekanan stkalianr untuk beberapa jenis freon pada AC split:

  • Freon R22: Tekanan stkalianr 70-80 psi
  • Freon R32: Tekanan stkalianr 150-160 psi
  • Freon R410: Tekanan stkalianr 150 psi

3. Freon Tercampur Udara

Salah satu penyebab evaporator AC split hanya dingin sebagian adalah karena adanya pencampuran udara dalam refrigerant. Keadaan ini mengakibatkan penurunan efisiensi pendinginan terutama pada jenis freon R32 dan R410a yang seharusnya bebas dari udara.

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan proses pengurasan refrigerant dan pengisian ulang. Pastikan juga untuk melakukan proses vakum pada unit sebelum mengisi refrigerant untuk mencapai pendinginan maksimal pada AC split dan menjaga keawetan mesin.

4. Pipa Kapiler Tersumbat

Penyebab lain dari AC Split yang hanya dingin sebagian adalah penyumbatan pada pipa kapiler. Hal ini terjadi ketika jalur sirkulasi refrigerant pada kapiler mengalami penyumbatan, yang mengakibatkan aliran refrigerant menjadi tidak lancar. Terkadang, ketika tekanan diukur menggunakan manifold, jarum akan bergerak secara tidak stabil. Misalnya, tekanan awalnya 70 psi, tiba-tiba turun menjadi 30 psi, lalu kembali naik menjadi 70 psi.

Baca Juga :   Arti Simbol Remote AC Toshiba Semua Tipe TerLengkap

Dalam beberapa kasus, ditemukan kondisi di mana kapiler tersumbat dan tekanan stabil tanpa fluktuasi, tetapi ampere kompresor kadang-kadang naik ketika tekanan berada di bawah stkalianr yang seharusnya.

5. Kipas Indoor atau Outdoor Tidak Berputar

Kipas pada unit indoor memiliki fungsi untuk mengedarkan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator. Jika kipas indoor tidak berputar atau berputar dengan kecepatan yang rendah, udara dingin akan tersebar dengan tidak merata bahkan mungkin tidak dingin sama sekali.

Sementara itu, kipas outdoor berperan dalam mengeluarkan udara panas yang dihasilkan oleh kondensor. Jika kipas outdoor tidak berputar, hal ini akan menyebabkan penumpukan panas di kompresor. Akibatnya, kompresor dapat mengalami masalah dan AC split tidak akan menghasilkan udara dingin.

6. Luas Ruangan Tidak Sesuai Dengan Kapasitas AC

Penyebab lain dari AC split yang hanya dingin sebagian adalah ketidaksesuaian kapasitas AC dengan luas ruangan. Oleh karena itu, sebelum memasang AC, penting untuk mengukur luas ruangan yang akan dijadikan tempat pemasangan.

Jika luas ruangan terlalu besar dan kapasitas AC terlalu kecil, maka AC split akan dingin hanya sebagian atau tidak merata. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan AC untuk menghasilkan pendinginan yang cukup untuk menjangkau seluruh area ruangan tersebut.

7. Outdoor AC Tidak Hidup

Salah satu penyebab lain AC split hanya dingin sebagian adalah karena unit outdoor mati atau tidak berfungsi. Hal ini umumnya disebabkan oleh tidak beroperasinya kompresor AC split yang bertugas untuk mengedarkan refrigerant melalui pipa AC.

Untuk mengatasi masalah ini, periksa aliran listrik yang keluar dari unit indoor dan periksa juga jalur kabel dari unit indoor ke unit outdoor. Jika semuanya terlihat baik dan arus listrik mencapai unit outdoor, kemungkinan besar masalah ini disebabkan oleh kerusakan pada kompresor yang juga dapat menyebabkan kebocoran pada AC.

Kelebihan dan Kekurangan AC Split

AC split adalah sistem pendingin ruangan yang dirancang untuk menghasilkan suhu yang lebih rendah dari suhu ruangan dan bekerja secara efisien di dalam ruangan yang tertutup. AC split memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, antara lain:

Kelebihan AC Split

1. Bentuk yang Lebih Simpel

AC split umumnya memiliki bentuk persegi panjang dan dipasang di dinding bagian atas. Bentuk yang sederhana ini memungkinkan kamu menghemat ruang di tempat tidur atau rumahmu. Kamu tidak perlu menyisihkan area lantai tambahan untuk menempatkan jenis AC lainnya.

2. Lebih Hemat Dibandingkan Jenis yang Lain

Salah satu keunggulan utama AC split yang membuatnya sangat diminati adalah efisiensi energinya yang tinggi. Dibandingkan dengan jenis AC lain seperti standing AC atau AC central, AC split adalah yang paling hemat energi.

3. Lebih Cepat Mendinginkan Suhu Ruangan

Meskipun bentuknya sederhana dan mungkin tidak seimpressive jenis AC lainnya, AC split memiliki kemampuan untuk mendinginkan ruangan dengan sangat cepat. Bahkan, AC split terkenal efektif dalam memberikan pendinginan yang cepat meskipun dengan konsumsi energi yang hemat. Jadi, kamu tidak perlu menunggu lama agar ruangan menjadi dingin saat menggunakan AC split.

Baca Juga :   Penyebab AC Tidak Bisa Dimatikan Dengan Remote Paling Mudah

4. Bisa Dikendalikan Jarak Jauh

Tidak dapat disangkal bahwa AC split dilengkapi dengan remote yang memungkinkan pengendalian jarak jauh. Dengan kemajuan teknologi saat ini, kamu bahkan dapat mengontrol AC split melalui smartphone yang dilengkapi dengan fitur remote. Hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi kamu untuk menghidupkan AC ketika malas bergerak.

Kekurangan AC Split

1. Listrik yang Besar Saat Pertama Kali Dihidupkan

Meskipun AC split dikenal sangat efisien, namun saat pertama kali dihidupkan, AC split cenderung boros dalam penggunaan energi. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan AC split untuk menggerakkan berbagai komponen yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan AC split secara maksimal setelah dihidupkan agar energi yang telah dikeluarkan pada tahap awal pengoperasian tidak terbuang dengan sia-sia.

2. Tidak Boleh Sering Hidup-Mati

Salah satu kelemahan lain dari AC split adalah boros energi saat sering dihidupkan dan dimatikan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, AC split membutuhkan energi yang besar saat dihidupkan dan dimatikan. Selain itu, sering menghidupkan dan mematikan AC split juga dapat menyebabkan pemborosan energi yang lebih lanjut. Oleh karena itu, kamu mungkin sering mendengar nasihat untuk tidak sering menghidupkan dan mematikan AC. Selain berdampak pada konsumsi energi yang tinggi, tindakan tersebut juga dapat mempercepat kerusakan AC.

3. Sulit Mempertahankan Suhu

Meskipun AC split dapat dengan cepat mendinginkan suhu ruangan, sulit untuk mempertahankan suhu yang diinginkan secara konsisten. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan agar suhu ruangan tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga :

Penutup

Dengan memahami penyebab umum evaporator AC split dingin sebagian ini, kita dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mempertahankan kinerja AC yang optimal dan mencegah masalah di masa depan.

Penting untuk menjaga sistem AC dalam kondisi yang baik agar tetap memberikan pendinginan yang efektif dan nyaman di rumah atau kantor kita.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab Evaporator AC Split Dingin Sebagian Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimaksih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *