Apa Itu Wall Moulding

Apa Itu Wall Moulding? Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Pemasanganya

Posted on

Finoo.id – Apa Itu Wall Moulding? Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Pemasanganya. Apa itu wall moulding? Saat ini, wall moulding adalah jenis dekorasi yang sedang diminati banyak orang dan digunakan untuk mempercantik rumah mereka. Tidak hanya sekadar tren, penggunaan wall moulding memberikan berbagai keuntungan dalam memperindah tampilan interior rumah kalian.

Berbeda dengan lukisan atau dekorasi lain yang memerlukan pencocokan warna dan gaya, wall moulding dapat diterapkan pada berbagai warna dan desain interior karena dasarnya dekorasi ini hanya mengkalianlkan tekstur. Jika kalian ingin tahu lebih lanjut, simak informasinya di sini.

Apa Itu Wall Moulding?

Wall moulding, yang sering disebut sebagai panel moulding, adalah elemen dekoratif yang dipasang di dinding untuk meningkatkan estetika interior rumah dengan menonjolkan bagian tertentu pada dinding.

Biasanya terbuat dari kayu, gypsum, atau poliuretan, wall moulding memiliki bentuk panel atau pola geometris yang mencolok di dinding. kalian dapat menemukan panel moulding di berbagai ruang dalam rumah, seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dan lainnya.

Sejarah wall moulding dapat ditelusuri kembali ke masa Renaissance dan menjadi populer selama era Victoria di Inggris. Awalnya, wall moulding digunakan untuk melindungi dinding dari kerusakan seperti goresan dan retakan, namun kemudian berkembang menjadi elemen dekoratif yang memperindah interior ruangan. Saat ini, wall moulding sering digunakan untuk menciptakan kesan kemewahan dan elegansi dalam ruang dalam rumah.

Ada beberapa jenis wall moulding, termasuk panel moulding, cornice moulding, picture rail moulding, dan baseboard moulding. Jenis-jenis ini umumnya dibedakan berdasarkan lokasinya. Panel moulding terletak di tengah dinding dan sering memiliki motif geometris atau floral, digunakan untuk menciptakan kesan ketinggian dan luas dalam ruangan.

Sementara itu, cornice moulding ditempatkan di atas jendela atau pintu sebagai elemen pembatas. Picture rail moulding berfungsi sebagai tempat menggantungkan foto atau karya seni. Baseboard moulding, di sisi lain, ditempatkan di bagian bawah dinding untuk melindungi dari goresan dan benturan.

Baca Juga :   √ Apa Itu Roller Blind? Fungsi, Jenis dan Cara Pengoprasianya

Kelebihan dan Kekurangan Wall Moulding

Setiap jenis material bangunan tentu memiliki karakteristiknya sendiri, termasuk dalam teknik wall moulding. Karakteristik ini membawa sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan jasa pemasangan wall moulding. Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa dari mereka.

Kelebihan Wall Moulding untuk Dekorasi Rumah

Wall moulding adalah pilihan yang sangat cocok untuk memperindah interior rumah. Selain itu, wall moulding juga memiliki sejumlah kelebihan yang perlu kalian pertimbangkan saat mendekorasi ruangan. Berikut informasinya:

1. Menciptakan Kesahan Elegan dan Alami

Wall moulding mampu memberikan kesan elegan dan alami pada interior rumah. Wall moulding yang terbuat dari kayu memberikan nuansa hangat dan natural, sementara yang terbuat dari poliuretan atau gypsum memberikan sentuhan kemewahan dan keanggunan. Pemilihan jenis wall moulding yang sesuai dengan tema interior rumah akan meningkatkan penampilan ruangan secara keseluruhan.

2. Fleksibel

Wall moulding sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera kalian. kalian dapat memasangnya secara vertikal, horizontal, atau diagonal. Selain itu, jarak antara setiap bagian wall moulding bisa diatur secara berbeda-beda, menciptakan variasi yang unik dalam desain interior rumah kalian.

3. Solusi untuk Ruangan yang Tidak Rata

Wall moulding bisa menjadi solusi ideal untuk ruangan yang memiliki dinding tidak rata. Pemasangan wall moulding pada area tertentu di dinding dapat menyamarkan ketidakrataan ini dengan sempurna. Selain itu, wall moulding dapat digunakan untuk menyembunyikan cacat pada dinding, seperti goresan atau retakan, sehingga memberikan tampilan yang lebih rapi.

4. Mempercantik Penampilan Ruangan

Wall moulding memberikan sentuhan yang memikat pada penampilan ruangan. Misalnya, wall moulding dari kayu menghadirkan nuansa hangat dan alami, sementara yang terbuat dari gypsum atau poliuretan memberikan kesan mewah dan elegan. Dengan menggunakan wall moulding, kalian dapat menciptakan ruangan yang lebih menarik dan indah.

Kekurangan Molding Dinding

Meskipun wall moulding memiliki banyak kelebihan, terutama dalam hal nilai estetika, penting untuk memahami beberapa kekurangannya yang perlu diperhatikan, termasuk:

1. Biaya yang Lebih Tinggi

Wall moulding bisa menjadi pilihan yang lebih mahal tergantung pada material yang digunakan dan desain yang diinginkan. Bahan-bahan berkualitas tinggi dan desain khusus dapat meningkatkan biaya proyek dekorasi interior kalian.

2. Perawatan Tambahan

Beberapa jenis wall moulding, terutama yang terbuat dari kayu, memerlukan perawatan khusus agar tetap terjaga keindahannya dan terhindar dari serangan serangga seperti rayap. Ini bisa termasuk pemeliharaan rutin seperti pengaplikasian lapisan pelindung, pengecatan ulang, atau perlindungan terhadap kelembaban.

Baca Juga :   √ Harga Borongan Plamir Tembok Per Meter Terbaru

3. Pemasangan yang Rumit

Proses pemasangan wall moulding dapat rumit, sehingga perlu dilakukan oleh tukang yang berpengalaman. Kualitas pemasangan sangat penting, karena wall moulding menonjolkan tekstur dan garis yang simetris dan rapi. Jika pemasangan kurang presisi atau kurang simetris, ini dapat mengurangi tampilan keseluruhan wall moulding dan membuatnya terlihat kurang sempurna.

Harga Jasa Pasang Wall Moulding Per Meter

Setelah memahami pengertian dan merinci kelebihan serta kekurangan teknik wall moulding, penting juga untuk memahami perkiraan harga jasa pemasangannya. Seperti dalam kasus biaya pemasangan wallpaper dinding, harga upah jasa pemasangan wall moulding dapat bervariasi di berbagai wilayah.

Perbedaan dalam harga pemasangan wall moulding ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kondisi pekerjaan, tingkat kompleksitas, dan risiko pemasangan. Khususnya di wilayah Jabodetabek, harga jasa pemasangan wall moulding biasanya berkisar antara sekitar Rp 450.000 hingga Rp 600.000 per meter persegi.

Harga jasa pemasangan wall moulding tersebut mencakup berbagai elemen, termasuk biaya tenaga kerja konstruksi dan pengadaan semua bahan yang diperlukan selama proses pemasangan. Selain itu, dalam harga jasa tersebut, sudah termasuk beberapa material seperti kayu meranti MC dengan lebar 4 cm dan tebal 2 cm.

Lebih menarik lagi, dalam penawaran harga borongan pemasangan wall moulding di atas, juga sudah mencakup biaya pengecatan dengan cat jenis semi duco. Namun, perlu diingat bahwa tarif jasa pemasangan wall moulding di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, baik karena perubahan upah pekerja atau kenaikan harga bahan material.

Cara Menghitung Jasa Pasang Wall Moulding

Telah diuraikan dengan rinci mengenai perkiraan harga jasa pemasangan wall moulding untuk berbagai jenis dan ukuran per meter persegi. Namun, penting untuk diingat bahwa para kontraktor atau pemborong biasanya memiliki syarat dan ketentuan tertentu, termasuk pemesanan minimal untuk menggunakan layanan mereka.

Untuk membantu kalian memperkirakan biaya yang diperlukan untuk pemasangan wall moulding, kami akan menjelaskan secara langsung cara menghitung jasa borongan pemasangan wall moulding per meter persegi di bawah ini, sehingga kalian dapat lebih memahami prosesnya.

Luas Pekerjaan

Langkah pertama adalah menentukan luas atau volume bidang pekerjaan pada dinding yang akan dipasang wall moulding. Sebagai contoh, jika kalian hendak memasang wall moulding di dinding ruang tamu yang memiliki panjang 5 meter dan tinggi 3 meter, cara menghitung luas pekerjaannya adalah sebagai berikut:

Diketahui:

  • Panjang dinding: 5 meter.
  • Tinggi dinding: 3 meter.

Perhitungan:

  • Luas permukaan: Panjang x Tinggi.
  • Luas permukaan: 5 meter x 3 meter = 15 meter persegi.

Ongkos Jasa Pekerja

Setelah menentukan luas total bidang pekerjaan, langkah selanjutnya adalah menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan. Cara perhitungannya cukup sederhana, kalian hanya perlu mengalikan luas bidang pekerjaan dengan harga jasa pemasangan wall moulding per meter persegi.

Baca Juga :   √ Apa Itu Sketsel? Fungsi Serta Jenis-Jenisnya Lengkap

Rumusnya adalah sebagai berikut:

  • Ongkos jasa = Luas pekerjaan x Harga jasa per meter.

Sebagai contoh, jika luas pekerjaan adalah 15 meter persegi dan harga jasa pemasangan wall moulding adalah Rp 450.000 per meter persegi, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Ongkos jasa = 15 m² x Rp 450.000 = Rp 6.750.000.

Dari hasil perhitungan di atas, untuk pemasangan wall moulding pada dinding dengan ukuran 5 meter x 3 meter menggunakan sistem borongan oleh para pekerja, kalian memerlukan anggaran biaya sekitar Rp 6.750.000. Perlu diingat kembali bahwa biaya ini sudah mencakup upah pekerja dan pembelian semua material yang diperlukan selama proses pemasangan.

Namun, perlu dicatat bahwa besaran biaya jasa pemasangan wall moulding per meter persegi bisa dipengaruhi oleh fluktuasi harga bahan material di pasar. Jika kalian ingin menghemat pengeluaran, disarankan untuk mempertimbangkan material dengan harga yang lebih terjangkau, tetapi tetap memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga :

Penutup

Dalam dunia desain interior, “Apa Itu Wall Moulding” adalah pertanyaan yang sering muncul ketika kita membahas elemen dekoratif yang bisa mengubah tampilan ruangan secara signifikan.

Wall moulding, atau juga dikenal sebagai panel dinding, adalah elemen dekoratif yang dipasang di dinding untuk menambahkan detail estetis dan karakter pada ruang.

Dengan berbagai bentuk dan desain yang tersedia, wall moulding dapat memberikan tampilan klasik, elegan, atau modern sesuai dengan preferensi kalian.

Jadi, apa itu wall moulding? Singkatnya, ini adalah elemen dekoratif yang bisa mengubah tampilan dinding kalian, menambahkan nilai estetis dan karakter pada ruangan kalian.

Bagi mereka yang menghargai desain interior dan ingin menciptakan suasana yang unik, wall moulding bisa menjadi pilihan yang menarik untuk diterapkan dalam proyek desain rumah kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Apa Itu Wall Moulding? Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Pemasanganya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *