Cara Menggunakan Scan ADF Epson

Cara Menggunakan Scan ADF Epson L5190 Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Menggunakan Scan ADF Epson L5190 Paling Mudah. Bagaimana cara melakukan pemindaian di printer ADF Epson L5190? Dengan printer ini, kalian dapat memindai dokumen asli dan menyimpannya sebagai file digital untuk memudahkan penyimpanan dan pengarsipan.

Printer Epson L5190 dilengkapi dengan fitur ADF (Automatic Document Feeder). kalian dapat memindai dokumen dalam jumlah banyak secara bersamaan, yang membuatnya lebih praktis dan menghemat waktu. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai ADF:

ADF adalah singkatan dari Automatic Document Feeder atau pemakan kertas otomatis. Fitur ini memungkinkan kalian untuk memasukkan sejumlah dokumen ke dalam printer dan secara otomatis memindainya satu per satu. Dengan menggunakan ADF pada Epson L5190 atau fitur ADF pada printer lainnya, kalian dapat memindai dokumen dengan lebih cepat dan efisien.

ADF Epson L5190 dapat menampung berbagai ukuran kertas, seperti kertas A4 (210 × 297 mm), Letter (216 × 279 mm), Legal (216 × 356 mm), atau ukuran kertas F4 yang banyak digunakan di Indonesia (210 x 330 mm).

kalian dapat memasukkan hingga sekitar 30 lembar kertas sekaligus ke ADF Epson ini, sehingga memungkinkan kalian melakukan pemindaian dengan lebih praktis dan cepat.

Apa Itu Automatic Document Feeder?

Automatic Document Feeder (ADF) adalah sebuah fitur atau komponen yang terdapat pada mesin fotokopi, printer, atau pemindai (scanner) yang berguna untuk memuat beberapa lembar dokumen secara otomatis ke dalam mesin fotokopi untuk dicetak, disalin, atau dipindai. Fitur ini umumnya ditemukan pada mesin fotokopi multifungsi atau printer all-in-one, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses mencetak dan mengkopi.

Baca Juga :   Cara Reset Epson L805 dengan Mudah dan Simpel

Sebagai perbandingan, menyalin satu lembar dokumen secara manual pada mesin fotokopi dapat memakan waktu hingga 30 detik. Namun, dengan menggunakan fitur ADF, kalian dapat menyalin 200 lembar dokumen dalam waktu hanya 1 menit.

Bagaimana Cara Kerja Fitur Automatic Document Feeder?

Secara mekanis, ADF pada mesin fotokopi atau printer berfungsi dengan menggerakkan setiap lembar kertas dokumen melalui roller masuk ke dalam mesin fotokopi.

Semakin majunya teknologi pada fitur Automatic Document Feeder (ADF), proses pemrosesan dokumen menjadi lebih cepat. Salah satu jenis ADF yang dikenal sebagai Reversing Automatic Document Feeder (RADF) bahkan memungkinkan kalian menyalin kedua sisi dokumen secara bersamaan dengan cara membalikkan dokumen untuk memindai sisi yang lain.

Selain itu, terdapat juga jenis ADF dengan teknologi dual-scan yang memiliki dua pemindai sisi untuk menyalin kedua sisi dokumen secara bersamaan, sehingga dapat menghemat waktu pencetakan hingga 70%.

Keuntungan Memiliki Mesin Fotocopy dengan Fitur ADF

Selain memberikan efisiensi dalam proses pencetakan dan fotokopi, memiliki mesin fotokopi dengan fitur Automatic Document Feeder (ADF) dapat memberikan berbagai keuntungan bagi kegiatan operasional kantor kalian.

Sebagai contoh, fitur ADF akan sangat berguna ketika kantor atau perusahaan kalian sedang melakukan digitalisasi dokumen. Proses digitalisasi dokumen perusahaan yang jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu halaman dapat memakan waktu yang sangat lama, bahkan hampir tidak mungkin dilakukan secara manual.

Namun, dengan adanya fitur ADF, kalian hanya perlu memasukkan dokumen ke dalam ADF dan menunggu proses pemindaian selesai tanpa perlu memasukkan dokumen satu per satu. Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga yang signifikan dalam proses digitalisasi dokumen tersebut.

Cara scan di ADF epson L5190

Langkah pertama adalah menyiapkan dokumen yang ingin kalian pindai dan kemudian letakkan dokumen tersebut di bagian atas printer di area ADF.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan Canon G2010 Terbaru

kalian dapat menempatkan satu dokumen asli atau beberapa halaman sekaligus melalui ADF. Pastikan dokumen asli dalam keadaan rata dan tidak terlipat, serta tidak ada lubang, staples, selotip, atau bahan lain yang dapat menghalangi pengumpan (feeder).

Langkah-langkah scan di ADF epson L5190 menggunakan control panel

kalian dapat melakukan pemindaian gambar ke komputer menggunakan tombol kontrol panel yang terdapat pada printer. Secara otomatis, printer akan menggunakan pengaturan pemindaian default, namun kalian dapat mengubahnya sesuai kebutuhan.

Jika kalian ingin memindai ke komputer, kalian dapat mengubah pengaturan pemindaian default melalui pengaturan pada komputer.

Pastikan kalian telah menginstal perangkat lunak printer dan menghubungkannya ke komputer atau jaringan. Setelah selesai menginstal, restart perangkat terlebih dahulu untuk memastikan koneksi terhubung dengan baik. Pastikan juga firewall tidak memblokir perangkat lunak printer ini.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol “Home” pada kontrol panel.
  2. Gunakan tombol panah kiri atau kanan untuk memilih opsi “Scan”, lalu tekan tombol “OK”.
  3. Gunakan tombol panah kiri atau kanan pada layar untuk memilih opsi pemindaian. Pilih opsi yang sesuai untuk menyimpan hasil pemindaian dalam format JPEG, PDF, atau email, lalu tekan tombol “OK”.

Catatan: Opsi email hanya mendukung jenis MAPI seperti Microsoft Outlook, Windows Live Mail, Mac Mail, dan Entourage, tidak termasuk email berbasis web seperti Gmail.

Lakukan salah satu langkah berikut:

  1. Jika kalian ingin memindai ke komputer jaringan, pilih komputer tujuan dari daftar yang tersedia.
  2. Jika produk kalian terhubung langsung ke komputer melalui kabel USB, pilih opsi “Koneksi USB”.
  3. Setelah itu, tekan tombol “Mulai” untuk memulai proses pemindaian.
  4. Tunggu hingga proses selesai, dan hasil pemindaian akan terlihat di komputer sesuai dengan pengaturan yang telah kalian atur sebelumnya.

Cara scan di ADF epson L5190 menggunakan smartphone

Selain menggunakan komputer atau laptop, kalian juga dapat melakukan pemindaian melalui ADF Epson L5190 menggunakan smartphone Android.

Baca Juga :   Rekomendasi Printer Epson Terbaik Harga 1 Jutaan Lengkap

Untuk melakukannya, pastikan perangkat kalian terhubung ke jaringan nirkabel yang sama dengan printer Epson L5190.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pemindaian melalui ADF Epson L5190 menggunakan ponsel cerdas Android:

  1. Unduh aplikasi Epson iPrint melalui Google Play Store atau dapat langsung dari situs web Epson.
  2. Pasang aplikasi tersebut di smartphone yang ingin kalian gunakan untuk pemindaian.
  3. Buka aplikasi Epson iPrint dan pilih printer L5190.
  4. Pilih pengaturan pemindaian dan pindai dokumen asli kalian.
  5. Simpan gambar hasil pemindaian ke dalam file atau lokasi cloud.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kalian dapat dengan mudah melakukan pemindaian melalui ADF Epson L5190 menggunakan ponsel cerdas Android kalian.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id ini menjelaskan tentang cara menggunakan Scan ADF Epson dengan jelas dan terperinci. Memahami setiap langkah dan instruksi yang diberikan akan memudahkan kalian dalam melakukan proses scan menggunakan ADF, yang dapat menghemat waktu dan energi kalian, serta memberikan hasil scan yang berkualitas. Menggunakan ADF Epson bukanlah tugas yang rumit asalkan kalian memahami proses dan langkah-langkahnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kalian dalam mengoperasikan Scan ADF Epson dengan baik dan benar. Jangan ragu untuk bereksperimen dan terus belajar untuk meningkatkan keterampilan kalian dalam teknologi ini. Selamat mencoba, semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *