Cara Reset Epson L5190

Cara Reset Epson L5190 Paling Mudah Dan Praktis

Posted on

Finoo.id – Cara Reset Epson L5190 Paling Mudah Dan Praktis. Printer unit adalah perangkat yang umumnya digunakan secara rutin hampir setiap hari. Banyak pelajar, karyawan, dan pebisnis yang menggunakan produk ini untuk mencetak dokumen.

Di antara beberapa merek yang tersedia, Epson Indonesia adalah produsen yang aktif merilis printer baru. Produknya terkenal berkualitas dengan kinerja yang hkalianl dan biaya operasional yang rendah.

Salah satu printer Epson yang multifungsi adalah L5190 yang dapat digunakan untuk mencetak, memindai, dan menyalin dokumen. Produk ini dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis perkantoran untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Kami menyediakan panduan yang mudah dan dapat dikalianlkan untuk mereset printer Epson L5190. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemilik printer dalam mengatasi beberapa masalah teknis yang mungkin timbul tanpa harus mengkalianlkan bantuan teknisi.

Mengenal Printer Epson L5190

Printer Epson seri tertinggi dari kumpulan printer L-series generasi kedua ini adalah pilihan terbaik untuk kebutuhan pencetakan dengan fasilitas lengkap. Epson seri L-5190 dengan kode empat digit menawarkan desain body yang sama dengan printer L1100, L3150, dan L3110 yang hemat ruang dan lebih dinamis dengan penempatan tangki tinta yang terletak di satu sisi depan printer.

Unit printer ini memiliki warna hitam mengkilap yang memberikan kesan mewah. Terdapat juga panel kontrol dan tombol-tombol pada bagian depan printer untuk memudahkan akses dan pengoperasian program dan fitur printer tanpa perlu mengakses melalui komputer terlebih dahulu.

Fitur Unggulan dalam Printer Epson

Berikut beberapa ulasan tentang keunggulan printer Epson L-5190 terkini:

Desain Minimalis

Printer Epson seri ini memiliki desain super minimalis dan ramping. Meskipun dilengkapi dengan banyak fitur seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, printer ini lebih hemat tempat dan ringan. Beratnya hanya sekitar 5 kg dengan dimensi 37,5 x 34,5 x 23,7 cm.

Baca Juga :   Cara Scan Epson L565 Paling Mudah & Simple

All In One

Ini adalah ulasan mengenai spesifikasi printer Epson L5190 yang mencakup keunggulan dan kekurangan yang sangat baik. Printer ini dapat digunakan untuk mencetak dokumen, foto, melakukan scanning dan fotokopi. Satu mesin dengan fungsi yang lengkap.

Konektivitas Wifi Dan Wifi Direct

Printer ini telah dilengkapi dengan fitur WiFi dan WiFi Direct yang memungkinkan printer terhubung dengan laptop atau smartphone. Dengan begitu, saat ingin mencetak data dari ponsel, dapat langsung terkoneksi tanpa perlu dipindahkan ke komputer terlebih dahulu.

Hemat Biaya

Printer ini sangat efisien dalam penggunaan biaya. Satu botol tinta mampu mencetak hingga 4.500 halaman hitam putih dan 7.500 halaman warna.

Isi Ulang Tinta Yang Mudah

Mengisi tinta menjadi lebih mudah karena printer ini dilengkapi dengan mekanisme khusus untuk pengisian ulang dan dilengkapi dengan tangki tinta.

Resolusi Dan Kecepatan Yang Istimewa

Printer L5190 memiliki kemampuan mencetak dengan resolusi hingga 5760 x 1400 dpi. Kecepatan cetaknya juga cukup tinggi, mencapai 10 ipm untuk warna hitam dan 5 ipm untuk gambar berwarna.

Garansi Resmi

Epson menawarkan garansi resmi purnajual selama 2 tahun yang sangat menguntungkan, bukan? Selain itu, printer ini dilengkapi dengan memori penyimpanan fax dan fitur Broadcast Fax serta PC-fax yang memungkinkan pengiriman fax secara digital melalui komputer. Printer ini juga mampu menyimpan hingga 100 halaman dokumen.

Fitur ADF

Printer seri L5190 dapat menyalin dan memindai dokumen hingga 30 halaman sekaligus.

Peralatan Reset Printer Epson

Secara umum, printer Epson dapat mengalami masalah seiring dengan penggunaan jangka panjang. Beberapa masalah ringan seperti kertas macet atau kualitas cetakan menurun mungkin bisa diatasi langsung.

Namun, terkadang printer akan menolak untuk melakukan proses cetak dan muncul notifikasi waste ink pada layar. Kondisi ini memerlukan perbaikan serius di mana pengguna harus menjalankan prosedur reset ulang.

Berikut beberapa peralatan yang diperlukan untuk mereset printer Epson:

1. Unit Printer

Dalam proses reset, diperlukan peralatan utama berupa unit printer Epson seri L5190. Hal ini bertujuan untuk menghapus hitungan counter pada komponen chip agar unit kembali berfungsi normal seperti semula.

Baca Juga :   Cara Scan Di Printer Canon MG2570s Mudah & SImpel

Namun, setiap merek dan tipe produk memiliki metode yang berbeda untuk menyetel ulang counter ink pada chip. Oleh karena itu, pastikan printer yang digunakan adalah seri L5190 agar sesuai dengan panduan yang akan dijelaskan.

2. Komputer

Prosedur reset printer terdiri dari dua opsi, yaitu melalui tombol manual dan media komputer. Namun, kombinasi tombol pada papan kontrol printer hanya mendukung reset biasa seperti proses reboot.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan komputer dan menjalankan software resetter dari Epson. Metode ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi karena berasal dari produsen sendiri.

3. Resetter Epson

Pihak pabrik secara resmi merancang sebuah perangkat lunak untuk kebutuhan diagnosa produk mereka, yaitu Epson Adjustment Program. Software ini memiliki kemampuan utama untuk melakukan reset printer dengan mudah.

Software resetter Epson adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan penyesuaian pada printer. Terdapat berbagai fungsi mendasar yang berguna bagi para teknisi dalam memperbaiki produk dari malfungsi.

Cara Reset Epson L5190

Ada dua cara untuk mereset printer Epson L5190. Pertama, menggunakan resetter Epson L5190. Kedua, secara manual dengan menekan tombol resume pada panel printer beberapa kali.

Cara 1 : Dengan Resetter Epson L5190

Dengan menggunakan resetter Epson L5190, kamu dapat melakukan maintenance dan melihat informasi produk. Terdapat berbagai fitur penting seperti Waste Ink Pad Counter, Head Cleaning, Shipping Setting, dan lain-lain.

Namun, fitur yang paling sering diakses pada Epson Adjustment Program adalah proses reset printer. Metode ini terbilang sangat mudah karena hanya perlu mengikuti informasi yang muncul pada tampilan terpadu software tersebut.

Berikut adalah cara reset Epson L5190 yang mudah dan anti gagal:

  • Tekan tombol power untuk menyalakan printer dan komputer.
  • Pastikan kedua perangkat tersebut sudah terhubung dengan baik.
  • Login ke komputer dengan hak akses administrator.
  • Buka file manager dan jalankan Epson Adjustment Program.
  • Akan muncul tampilan parameter untuk reset Epson L5190.
  • Tekan opsi particular adjustment mode dan muncul jendela baru.
  • Pilih waste ink pad counter dan centang opsi yang tersedia.
  • Tekan tombol check, lalu tekan tombol initialize.
  • Biarkan software resetter ini melakukan proses reset printer.
  • Tekan tombol finish untuk keluar dari Epson Adjustment Program.
Baca Juga :   Cara Mengisi Tinta Printer Canon MG2570s Paling Mudah

Setelah menggunakan Epson Adjustment Program, matikan printer segera dan biarkan beberapa saat sebelum menyalakannya kembali dengan menekan tombol power. Notifikasi error akan hilang.

Lakukan pengujian dengan mencetak dokumen berwarna untuk memastikan printer kembali beroperasi normal. Kami tidak menyediakan software resetter Epson L5190 karena alasan legalisasi lisensi resmi.

Cara 2 : Dengan Tombol Resume (Manual)

Cara reset printer Epson L5190 secara manual cukup mudah dan tidak membutuhkan penginstalan aplikasi tambahan. Kamu hanya perlu menekan beberapa tombol pada printer untuk meresetnya secara manual.

Berikut adalah langkah-langkah reset printer Epson L5190 secara manual yang hampir sama dengan reset printer Epson lainnya:

  • Lepaskan kabel daya printer selama beberapa menit, sekitar tiga sampai lima menit.
  • Sambungkan kembali kabel tersebut ke sumber daya dan tekan tombol ‘Power’.
  • Tekan dan tahan tombol resume selama beberapa detik, lalu lepaskan.
  • Tekan dan tahan tombol resume lagi selama beberapa detik, lalu lepaskan.
  • Tunggu proses reset pada perangkat selesai dilakukan, ditkaliani dengan berhentinya lampu indikator berkedip.
  • Cetak dokumen untuk memastikan apakah error masih ada atau sudah hilang.
  • Selesai.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas beberapa cara reset printer Epson L5190 yang dapat kamu lakukan ketika terjadi error pada mesin. Kamu bisa memilih metode reset manual atau menggunakan software resetter Epson Adjustment Program.

Jangan lupa untuk memahami setiap tahapannya dengan baik dan hati-hati, agar proses reset berjalan lancar dan sukses. Selain itu, pastikan printer kamu adalah Epson L5190 agar sesuai dengan panduan yang diberikan.

Dengan melakukan reset, kamu bisa memperbaiki sebagian malfungsi printer tanpa harus bergantung pada teknisi dan menghemat biaya perbaikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang memiliki printer Epson L5190 dan sedang mencari cara reset yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *