Cara Reset Remote AC Daikin

Cara Reset Remote AC Daikin Paling Mudah & Praktis

Posted on

Finoo.id – Cara Reset Remote AC Daikin Paling Mudah & Praktis. Penggunaan AC adalah solusi yang tepat untuk mengatasi cuaca panas, terutama bagi masyarakat perkotaan. Saat ini, AC telah menjadi kebutuhan umum dan semakin terjangkau berkat kemajuan teknologi. Di Indonesia, Daikin adalah salah satu produsen AC yang menyediakan berbagai produk berkualitas tinggi.

Banyak orang telah beralih menjadi pelanggan AC Daikin dan merasakan keunggulan produknya. Namun, terkadang unit AC mengalami masalah teknis yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk membantu pemula mengatasi masalah tersebut, kamu telah membuat panduan tentang cara mereset remote AC Daikin dengan mudah untuk semua tipe. Panduan ini dapat digunakan sebagai referensi untuk memecahkan masalah tanpa perlu bantuan teknisi.

Fungsi Remote Kontrol AC

Remote kontrol AC akan secara otomatis diberikan saat pembelian unit AC Daikin. Alat ini sangat penting karena dapat membantu pengguna mengoperasikan unit indoor dari jarak jauh dengan mudah melalui tombol yang disediakan.

Tidak mengherankan jika remote AC Daikin memiliki peran yang sangat penting dalam pengoperasian perangkat setiap hari. Namun, alat ini juga rentan mengalami berbagai kendala, baik yang ringan maupun fatal.

Namun, jika kendala pada remote kontrol tidak berhubungan dengan kerusakan komponen, maka biasanya dapat diperbaiki dengan melakukan reset ke setelan awal pabrik agar kembali normal seperti semula. Bagaimana cara melakukan reset?

Cara Reset Remote AC Daikin

Remote kontrol akan secara otomatis diberikan saat melakukan pembelian AC Daikin. Alat ini sangat membantu pengguna untuk mengoperasikan unit indoor dari jarak jauh melalui tombol yang tersedia.

Baca Juga :   Penyebab & Cara Mengatasi Remote AC Panasonic Error

Tidak mengherankan jika remote AC Daikin sering digunakan ketika mengoperasikan perangkat setiap hari, sehingga alat tersebut rentan mengalami berbagai kendala, baik yang ringan maupun fatal.

Namun, jika kendala pada remote kontrol tidak berhubungan dengan kerusakan komponen, maka error tersebut bisa diperbaiki sendiri dengan menjalankan prosedur reset ke setelan awal pabrik agar kembali normal seperti semula.

Berikut adalah cara yang paling mudah untuk mereset remote AC Daikin:

1. Siapkan Remote AC

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan remote kontrol asli pabrik untuk memulai proses reset ulang. Arahkan remote kontrol ke unit indoor dan tekan tombol power untuk mematikan AC Daikin.

2. Tekan Tombol Reset

Setelah memastikan bahwa AC Daikin berhenti beroperasi, perhatikan bodi remote kontrol secara keseluruhan. Cari tombol reset yang biasanya terletak di bagian bawah dan berbentuk bulatan kecil.

Setelah menemukannya, tekan dan tahan tombol reset sampai lampu indikator pada layar berkedip dengan cepat. Ketika LED backlight padam setelah beberapa saat, lepaskan tombol reset tersebut. Dengan begitu, proses reset ulang akan berhasil dilakukan tanpa masalah.

3. Hidupkan AC Daikin

Tahap terakhir adalah melakukan pengujian terhadap hasil reset pada remote kontrol. Arahkan remote kontrol ke unit indoor dan tekan tombol power untuk menghidupkan AC Daikin. Jika berhasil, maka alat pengendali akan kembali normal.

Cara Reset AC Daikin

Meskipun kualitas AC Daikin terkenal unggul sejak lama, namun tetap saja merupakan sebuah alat elektronik yang memiliki komponen-komponen dengan batas usia pakai. Seiring berjalannya waktu, komponen tersebut dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan berbagai kendala baik yang ringan maupun berat.

Namun, selama kondisi masalah tersebut tidak menyangkut kerusakan pada komponen, maka bisa diperbaiki melalui proses reset sirkuit. Berikut adalah panduan untuk melakukan reset AC Daikin:

1. Siapkan Sebuah Tangga

Seperti yang kita tahu, AC Split Daikin dipasang pada dinding dengan ketinggian tertentu. Oleh karena itu, diperlukan tangga untuk memudahkan akses ke unit indoor.

Baca Juga :   Arti & Fungsi Lambang Remote AC Daikin Paling Lengkap

2. Matikan Unit Indoor

Arahkan remote kontrol asli ke arah unit indoor secara tegak lurus, pastikan tidak ada penghalang di antara keduanya. Tekan tombol power pada remote kontrol untuk mematikan AC Daikin dan tunggu sejenak hingga mesin berhenti beroperasi.

3. Cabut Aliran Listrik

Lepaskan baterai dari casing remote kontrol, dan gunakan tangga untuk mengakses unit indoor. Cabut juga kabel power dari stop kontak untuk memutus aliran listrik sementara selama 5 menit.

4. Hidupkan AC Daikin

Setelah menunggu selama 5 menit, pasang kembali baterai pada casing remote kontrol dan hubungkan kabel power ke stop kontak. Hidupkan AC Daikin dengan menekan tombol power, dan tunggu sejenak hingga mesin menyala dengan sempurna.

Atur suhu udara sesuai keinginan dan coba berbagai fitur lain untuk memastikan AC Daikin telah berfungsi dengan normal.

Fitur Menarik AC Daikin

Teknologi Inverter

Salah satu fitur unggulan dari AC Daikin adalah Teknologi Inverter. Teknologi Inverter adalah teknologi yang dapat mengontrol kecepatan motor pada kompresor AC. Dengan menggunakan teknologi ini, aliran refrigerant dapat diatur untuk mengatur suhu udara di dalam ruangan dengan lebih efisien.

Intelligent Eye

Intelligent Eye adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh Daikin Inverter. Fitur ini sangat canggih dan sangat berguna untuk rumah tangga. Fitur ini dapat bekerja secara otomatis untuk menaikkan suhu ruangan sebanyak 2 derajat Celsius jika tidak terdeteksi adanya pergerakan manusia di dalam ruangan selama 20 menit.

Teknologi Pendingin Titanium

Hampir semua AC Daikin dilengkapi dengan teknologi pendingin titanium yang membuat banyak masyarakat tertarik untuk membelinya. Teknologi ini tersedia dalam berbagai range, mulai dari ½ PK hingga 3 PK. Sirkulasi udara diatur dengan baik melalui teknologi Air Swing dan horizontal, sehingga tidak terdapat perbedaan signifikan dalam perubahan suhu udara (stabil).

Filter Titanium Apatite Photocatalytic

Selain berfungsi untuk mendinginkan ruangan, AC juga dapat membersihkan udara. AC Daikin memiliki keunggulan ini berkat teknologi Titanium Apatite Photocatalytic Filter yang dapat mengurangi bau tidak sedap dan melawan bakteri. Selain itu, teknologi 3D Airflow pada AC Daikin juga dapat menghasilkan hembusan udara ke tiga arah yang merata, menjadikannya teknologi unggulan dari AC Daikin.

Baca Juga :   Cara Setting Remote AC Changhong: Agar Dingin

Quite Mode

Apakah kalian merasa terganggu dengan suara bising yang dihasilkan oleh AC? Jangan khawatir, dengan menggunakan AC Daikin, kalian tidak akan merasakan hal tersebut. Fitur Indoor Quiet Mode pada AC Daikin dapat mengurangi suara angin AC hingga 3 dB (dari 25 dB menjadi 22 dB), sedangkan fitur Outdoor Quiet Mode juga dapat mengurangi suara angin AC hingga 3 dB (dari 46 dB menjadi 43 dB). Selain itu, fitur Standby Mode juga membantu mengurangi konsumsi daya saat AC berada pada mode siaga.

Econo Mode

kalian tidak perlu khawatir tentang penggunaan daya yang berlebihan pada AC Daikin. Fitur Econo Mode pada AC Daikin dapat menghemat penggunaan daya hingga 70% dari batas kapasitas maksimum. Selain itu, AC Daikin menggunakan teknologi Freon R32 yang ramah lingkungan dan dapat mengurangi konsumsi energi. Dengan begitu, AC Daikin dapat digunakan dengan daya listrik yang lebih rendah.

Baca juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tenatng cara reset remote AC Daikin yang dapat kalian lakukan.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa manual penggunaan remote dan AC Daikin sebelum melakukan reset.

Dengan melakukan reset, kalian dapat mengatasi masalah pada remote AC Daikin dan mengembalikan fungsi pengendalian AC seperti sediakala.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian. Terima kasih telah membaca artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *