Pengertian Kabel Ties

Pengertian Kabel Ties: Fungsi, Jenis, Ukuran & Cara Pasang

Posted on

Finoo.id – Pengertian Kabel Ties: Fungsi, Jenis, Ukuran & Cara Pasang. Kabel ties, yang juga dikenal sebagai ikatan kabel, adalah salah satu jenis kabel yang paling umum digunakan sebagai alat pengikat. Ternyata, kabel ini memiliki berbagai macam jenis dan ukuran yang tersedia. Mulai dari kabel ties berukuran kecil hingga kabel ties dengan ukuran yang lebih besar.

Bahan yang digunakan untuk membuat kabel ties juga sangat beragam. Beberapa terbuat dari bahan plastik nylon, sementara yang lainnya terbuat dari bahan stainless steel.

Kabel ties memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah digunakan dalam industri otomotif, untuk merapikan instalasi listrik, dan untuk berbagai keperluan lainnya.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang pengertian, fungsi, dan kegunaan kabel ties, kalian dapat membaca artikel di bawah ini.

Sejarah Kabel Ties

Berdasarkan sejarahnya, kabel ties pertama kali ditemukan pada tahun 1958 oleh seorang desainer peralatan listrik bernama Thomas dan Bett. Pada saat itu, mereka sedang mencari solusi untuk mengorganisir berbagai kabel yang ada di dalam pesawat terbang. Inilah yang memunculkan ide untuk membuat alat pengikat yang terbuat dari bahan plastik yang kemudian dikenal dengan nama kabel ties.

Dibandingkan dengan alat pengikat lainnya, kabel ties dianggap lebih mudah, kuat, dan aman untuk mengikat dan mengorganisir. Sejak saat itu, penggunaan kabel ties semakin populer.

Saat ini, kabel ties sebagai alat pengikat sudah banyak digunakan dan mudah ditemukan. kalian dapat dengan mudah menemukan tempat yang menjual kabel ties di berbagai tempat seperti toko alat otomotif, toko perlengkapan elektronik, supermarket, dan lain sebagainya.

Pengertian Kabel Ties

Kabel ties, yang juga dikenal sebagai Tyraps atau Zip Ties, adalah jenis kabel yang berfungsi sebagai tali untuk merapikan berbagai macam kabel. Umumnya, kabel ini terbuat dari plastik nylon, tetapi ada juga yang diproduksi menggunakan bahan stainless steel.

Tyraps atau Zip Ties memiliki desain yang sederhana namun efektif. Melalui metode injection moulding, kabel ini memiliki kekuatan pengikatan yang kuat. Artinya, kabel jenis ini tidak mudah patah atau putus. Inilah salah satu alasan mengapa kabel ties sangat ideal sebagai alat pengikat.

Fungsi Kabel Ties

Secara umum, kabel ties berfungsi sebagai alat pengikat yang digunakan untuk mengorganisir dan merapikan kabel listrik dan alat-alat lainnya agar lebih teratur.

Baca Juga :   √ Pengertian Komutator: Fungsi & Cara Kerjanya Lengkap

Ties didesain dengan sederhana dan memiliki bagian bergerigi serta bagian pengunci. Beberapa fungsi kabel ties antara lain:

  1. Mengikat dan merapikan kabel.
  2. Mengikat selang rem.
  3. Menyatukan bagian-bagian motor yang rusak.
  4. Mengikat cop busi.
  5. Mengikat pembungkus makanan.
  6. Mengikat tanaman agar terlihat lebih rapi.
  7. Mengikat koper, tag label, dan lain sebagainya.

Ukuran Kabel Ties

Kabel ties memiliki berbagai jenis, merek, dan ukuran yang berbeda-beda. Ukuran-ukuran ini didesain untuk memenuhi kebutuhan yang beragam, mulai dari ukuran yang kecil hingga besar.

Berikut ini adalah contoh beberapa ukuran kabel ties yang tersedia:

  1. Kabel ties ukuran 9 mm × 550 mm
  2. Kabel ties ukuran 7.2 mm × 550 mm
  3. Kabel ties ukuran 7.2 mm × 500 mm
  4. Kabel ties ukuran 7.2 mm × 400 mm
  5. Kabel ties ukuran 4.8 mm × 500 mm
  6. Kabel ties ukuran 4.8 mm × 400 mm
  7. Kabel ties ukuran 4.8 mm × 300 mm
  8. Kabel ties ukuran 4.8 mm × 250 mm
  9. Kabel ties ukuran 4.8 mm × 200 mm
  10. Kabel ties ukuran 4.8 mm × 150 mm
  11. Kabel ties ukuran 3.6 mm × 400 mm
  12. Kabel ties ukuran 3.6 mm × 300 mm
  13. Kabel ties ukuran 3.6 mm × 250 mm
  14. Kabel ties ukuran 3.6 mm × 200 mm
  15. Kabel ties ukuran 2.5 mm × 250 mm
  16. Kabel ties ukuran 2.5 mm × 200 mm
  17. Kabel ties ukuran 2.5 mm × 150 mm
  18. Kabel ties ukuran 2.5 mm × 100 mm

Jenis-Jenis Kabel Ties

Selain menggunakan bahan stainless steel, kabel ties juga tersedia dalam varian yang terbuat dari nylon atau polimer.

Bahan nylon atau polimer ini memiliki karakteristik fisik yang baik dan juga menawarkan sejumlah keunggulan. Beberapa keunggulan bahan polimer tersebut antara lain:

Keseimbangan yang baik: Material ini memiliki keseimbangan yang baik antara kekuatan dan fleksibilitas. Hal ini membuat kabel ties dapat memberikan daya ikat yang kuat sambil tetap memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan pengguna.

Tingkat kekakuan sedang: Kabel ties yang terbuat dari nylon atau polimer memiliki tingkat kekakuan yang sedang. Ini berarti kabel ties tersebut dapat mempertahankan bentuk dan posisi yang diinginkan dengan baik, sehingga kabel dan benda yang diikat tetap teratur dan terorganisir.

Tahan terhadap suhu tinggi: Salah satu keunggulan utama bahan polimer adalah ketahanannya terhadap suhu tinggi. Hal ini membuat kabel ties tahan terhadap panas dan dapat digunakan dalam lingkungan dengan suhu yang tinggi tanpa mengalami deformasi atau kerusakan.

Selain itu, polimer juga memiliki ketahanan yang baik terhadap abrasi dan gesekan, menjadikannya materi yang ideal untuk alat pengikat. Kabel ties tidak hanya hadir dalam berbagai ukuran dan warna yang beragam, tetapi juga tersedia dalam berbagai jenis yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis kabel ties yang perlu diperhatikan:

Baca Juga :   Pengertian Smoke Detector, Jenis dan Cara Kerjanya

1. Kabel Ties Standar

Salah satu jenis kabel ties yang pertama adalah tipe stkalianr. Kabel ties tipe stkalianr ini memiliki ciri khas dengan adanya pengikat dan bagian pengunci.

Untuk kabel ties tipe stkalianr, biasanya memiliki berbagai ukuran bundling mulai dari 14 mm hingga 360 mm. Selain itu, kabel ties jenis ini juga memiliki kekuatan tarik yang bervariasi, mulai dari 8 kg hingga 144 kg.

2. Mounted Head Kabel Ties

Salah satu jenis kabel ties adalah tipe mount head yang memiliki kekuatan bundel antara 20 hingga 60 kg. Kabel ties tipe mount head ini memiliki tampilan yang cukup stkalianr, dengan desain yang dilengkapi dengan lubang yang memudahkan proses pemasangan dan penguncian banyak kabel sekaligus.

Kabel ties tipe mount head ini merupakan salah satu jenis yang populer dan sering digunakan. Penggunaannya juga sangat bervariasi, seperti dipasang pada panel, dinding kendaraan, sasis, dan lain-lain.

3. Kabel Ties Self Adhesive

Tipe kabel ties self adhesive, seperti namanya, dirancang dengan fitur khusus. Tali kabel ini memiliki dua bagian yang terpisah.

Namun, fitur ini justru memberikan keuntungan tambahan bagi pengguna. Hal ini karena memudahkan pengguna saat menggunakan kabel ties tersebut.

4. Releasable Kabel Ties

Penggunaan kabel ties jenis ini sangat populer karena salah satu keunggulannya adalah kemampuan untuk digunakan berulang kali.

Kabel jenis ini dapat dibuka dan dipasang kembali sesuai kebutuhan. Dengan demikian, kabel ties dapat digunakan berulang-ulang selama masih dalam kondisi baik dan tidak rusak.

5. Push Mount Kabel Ties

Kabel tipe push mount memiliki desain yang fleksibel. Ties ini sudah dilengkapi dengan lubang pemasangan yang memungkinkan kalian untuk menguncinya tanpa perlu menggunakan alat bantu tambahan.

Selain itu, pada jenis ties ini juga terdapat lubang bor yang memungkinkan kabel terkunci dengan kuat pada posisinya dan tidak mudah terlepas.

6. Stainless Kabel Ties

Kabel ties yang terbuat dari bahan stainless steel umumnya digunakan untuk keperluan otomotif. Di lingkungan yang keras, penggunaan kabel ties berbahan nylon mungkin tidak tepat. Oleh karena itu, menggunakan ties yang terbuat dari bahan stainless steel merupakan pilihan yang lebih sesuai untuk keperluan tersebut.

Ties dengan bahan stainless steel ini juga tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 200 mm hingga 360 mm. Lebar kabel ties biasanya berkisar antara 4,5 mm hingga 7,9 mm.

7. Kabel Ties Double Head

Kabel ties double head, seperti namanya, terdiri dari dua bagian kabel yang didesain terpisah. Agar dapat digunakan sebagai alat pengikat, kedua bagian kabel tersebut perlu disatukan.

Meskipun terdiri dari dua bagian terpisah, kabel ties tipe double head tetap fleksibel dan mudah digunakan. kalian bahkan dapat menggunakannya secara mandiri tanpa memerlukan alat bantu tambahan.

Cara Memakai Kabel Ties

Kabel ties, meskipun memiliki bentuk yang sederhana, memiliki kekuatan pengikatan yang cukup kuat. Bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan kabel ties, mungkin tidak akan mengalami kesulitan dalam penggunaannya. Namun, bagi yang masih baru dan belum familiar, mungkin perlu mengetahui cara menggunakan kabel ties dengan benar.

Baca Juga :   Pengertian Trafo CT: Fungsi, Jenis & Cara Kerjanya Lengkap

Berikut ini adalah tips tentang cara memasang dan membuka kabel ties:

1. Cara Memasang Kabel Ties

Berikut adalah langkah-langkah cara memasang kabel ties:

  • Ambil ujung kabel ties yang berlawanan dengan lubang pengunci.
  • Masukkan ujung kabel tersebut ke dalam lubang pengunci yang tersedia.
  • Tarik kabel hingga mencapai tingkat kekencangan yang diinginkan.
  • Untuk tampilan yang lebih rapi, gunting bagian ujung kabel yang tersisa.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat dengan mudah memasang kabel ties dengan tepat dan efisien. Pastikan untuk menarik kabel dengan cukup kencang agar pengikatan menjadi kuat dan aman.

2. Cara Membuka Kabel Ties

Berikut adalah langkah-langkah cara membuka kabel ties:

  • Ambil kabel ties yang terikat.
  • Siapkan jarum atau benda yang memiliki ujung tipis dan pipih.
  • Masukkan ujung alat pencukil ke dalam lubang pengunci bagian bawah.
  • Pergelangan alat tersebut sedikit untuk mengangkat ujung kabel ties.
  • Setelah itu, kabel ties dapat dengan mudah dilepaskan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian akan dapat membuka atau membongkar kabel ties dengan mudah dan tanpa merusak benda terikat. Pastikan untuk berhati-hati saat menggunakan alat bantu dan memastikan bahwa tangan kalian tidak terluka selama proses tersebut.

Baca Juga :

Penutup

Secara keseluruhan, kabel ties memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan kita. Sebagai elemen yang tampaknya sederhana, kabel ties memberikan solusi praktis dan ekonomis untuk mengatur dan mengikat berbagai benda, mulai dari kabel elektronik hingga barang-barang lainnya.

Meski mungkin tampak sepele, namun penggunaan kabel ties dapat memberikan dampak yang signifikan dalam menjaga kerapian dan keamanan benda-benda yang kita miliki.

Mengerti lebih jauh tentang apa itu kabel ties dan bagaimana cara menggunakannya dengan efisien, tidak hanya akan memudahkan pekerjaan kita, tetapi juga akan membantu kita untuk lebih menghargai keberadaan benda kecil ini dalam kehidupan sehari-hari.

Ingatlah, sesuatu yang tampak sederhana bisa memiliki peran yang tak terduga dalam kehidupan kita, dan kabel ties adalah salah satu contohnya.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Pengertian Kabel Ties: Fungsi, Jenis, Ukuran & Cara Pasang. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *