Rekomendasi Konsultasi Arsitek

Rekomendasi Konsultasi Arsitek Untuk Rumah Minimalis

Posted on

Finoo.id – Rekomendasi Konsultasi Arsitek Untuk Rumah Minimalis. Gagasan desain rumah minimalis kini tengah menjadi tren yang terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir, dan tren ini menunjukkan pertkalian bahwa perkembangannya akan terus meningkat.

Mengapa masyarakat kini begitu tertarik pada konsep rumah minimalis? Selain memperlihatkan kesederhanaan dalam segi bentuk dan fungsi, ciri khas rumah minimalis adalah ketidakhadiran dekorasi yang berlebihan, namun tetap memperhatikan detail-detail yang menghasilkan dampak maksimal.

Peran arsitek dalam merancang sebuah rumah menjadi sangat penting dalam penciptaan hunian yang tidak hanya nyaman dan fungsional, tetapi juga estetis. Di bawah ini terdapat daftar arsitek-arsitek rumah minimalis yang terkenal dan banyak diminati di Indonesia.

Kenapa Rumah Minimalis Disukai Masyarakat?

Memiliki sebuah rumah tentu menjadi impian bagi semua orang, termasuk generasi milenial. Memiliki rumah dianggap sebagai bentuk investasi karena harganya yang terus naik seiring dengan kenaikan harga tanah dan properti setiap tahunnya. Saat ini, salah satu gaya rumah yang paling digemari oleh masyarakat adalah desain minimalis.

Alasan ini diakui karena rumah minimalis memiliki desain yang abadi dan tidak memerlukan biaya sebesar membangun rumah dengan gaya klasik.

Membangun rumah minimalis dengan anggaran terbatas dapat diatasi dengan cara membatasi luas bangunan dan menggunakan material yang efisien.

Agar setiap ruangan yang dibangun memiliki fungsi yang maksimal namun tetap estetis, pilihan yang baik adalah memanfaatkan jasa arsitek rumah. Dengan bantuan seorang arsitek, pemilik rumah dapat mengkomunikasikan keinginannya, seperti jumlah kamar, jumlah lantai, dan preferensi warna yang diinginkan.

Daftar Nama Arsitek Beserta Karya Terbaik

Apabila kalian berencana mendirikan rumah minimalis, saat ini lebih terbantu karena terdapat banyak arsitek berbakat di Indonesia. kalian dapat mencari berbagai referensi dan mengenali keistimewaan tiap arsitek guna menentukan desain yang sesuai dengan preferensi kalian.

Di bawah ini disebutkan beberapa nama arsitek spesialis rumah minimalis beserta karya terbaik mereka:

1. DFORM

DFORM merupakan sebuah studio kreatif yang memperhatikan desain dan pengembangan produk, baik dalam bentuk fisik maupun digital. DFORM mengusung semangat estetika dalam segala bentuk interaksi antara manusia dan aktivitasnya, terutama dalam konteks tertentu, dengan tujuan mendukung lingkungan binaan yang dinamis dalam era modern ini.

Arsitektur menjadi pijakan utama bagi DFORM dalam menyediakan layanan arsitektur rumah minimalis ini. Dengan pendekatan dan filosofi arsitektural, DFORM memanfaatkan kekuatan media sosial dan teknologi, menggabungkan ide-ide kreatif, dan mengolahnya menjadi produk-produk yang luar biasa dan berfungsi dengan baik, sambil juga berperan dalam mendidik banyak orang.

Baca Juga :   Pengertian Meja: Jenis dan Kegunaanya Paling Lengkap

Salah satu karya terkenal dari DFORM adalah konsep CoHousing atau rumah komunal.

2. ArMSchitecture

Berdiri pada tahun 2018 oleh Muhammad Sagitha, seorang profesional desain arsitektur berbasis di Jakarta, Indonesia.

ArMSchitecture menyediakan layanan dalam bidang arsitektur, desain interior, perencanaan tata kota, dan desain furnitur pada segala tingkatan dan skala.

ArMS merupakan singkatan dari arsitek Muhammad Sagitha, yang sebelumnya adalah salah satu pendiri dari SUB Architects pada tahun 2009 serta memiliki pengalaman kerja di WOHA di Singapura pada tahun 2006.

Dengan menggabungkan pemikiran inovatif dan solusi efisien, melalui proses kami kami mampu menemukan konsep unik untuk setiap proyek tanpa mengabaikan karakteristik khas yang membangkitkannya.

Karya-karya arsitektur terus berkembang. Visi dari ArMSchitecture adalah untuk meningkatkan kualitas desain di Indonesia dan mendapatkan pengakuan internasional untuk arsitektur Indonesia.

3. SPOA Architecture

SPOA Architecture ialah salah satu biro arsitektur rumah minimalis industri yang terkenal berkat konsep redu house-nya. Selain dapat mengurangi biaya pembangunan, SPOA Architect merancang rumah dengan tujuan mengurangi elemen-elemen konstruksi yang digunakan.

Dengan mengurangi berbagai elemen atau bahan konstruksi, konsep redu house ini tampak sebagai bentuk rumah industri minimalis yang sedang populer di kalangan generasi milenial.

4. Andramatin

Andra Matin – Baik sebagai seorang individu maupun melalui perusahaannya, yaitu Andramatin, dikenal karena pendekatan arsitekturnya yang konsisten dengan kebersihan dan modernitas. Karya-karya yang dihasilkan oleh Andramatin mencerminkan nilai-nilai tradisional kontemporer, yang didasarkan pada pemahaman akan konteks dan kesensitifannya terhadap lingkungan.

Selain dari proyek-proyek arsitektural yang telah dia rancang, Andra Matin juga terlibat sebagai salah satu pendiri Arsitek Muda Indonesia (AMI), dan peranannya telah memberikan kontribusi penting pada kemajuan dunia arsitektur Indonesia.

Dia juga telah menerbitkan buku-buku yang memicu perdebatan dalam ranah arsitektur, serta secara rutin terlibat sebagai dosen di berbagai universitas, seminar, dan acara-acara arsitektur, baik di dalam negeri maupun dalam konteks internasional.

Karya instalasi terbarunya yang berjudul “Elevation” telah mendapatkan Penghargaan Khusus di Venice Biennale ke-16, karena perpaduan yang unik antara tradisi dan versi kontemporer dalam karyanya.

Terinspirasi oleh gairahnya dalam melakukan perjalanan, Andra Matin terus mengejar pengetahuan dan pengalaman baru untuk lebih memperingati kekayaan arsitektur Indonesia.

5. Andyrahman Architect

Andyrachman Architec merupakan salah satu biro arsitektur yang terkenal di Surabaya dan diprakarsai oleh dua arsitek terkemuka, yaitu Andy Rahman dan Abdi Manaf. Keduanya adalah alumni ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya, lulus pada tahun 2004 dan 2005.

Baca Juga :   √ Apa Itu Arsitektur Rococo? Karakteristik dan Contohnya

Andy Rahman sendiri meraih gelar ‘Tugas Akhir Terbaik Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tahun 2004’. Dia juga merupakan aktifis dalam komunitas MAYA (Desainer Muda Surabaya). Di sisi lain, karya-karya Abdi Manaf telah diakui oleh majalah Arquitectura de Asian Level.

Kedua arsitek muda ini mampu menghasilkan karya-karya yang progresif, selaras dengan perkembangan zaman, namun tetap berakar pada konteksnya. Ciri khas desain mereka yang inovatif dan segar merupakan cerminan dari semangat belajar dan dedikasi mereka terhadap arsitektur.

Bagi mereka, arsitektur adalah bidang yang terus berkembang dan memiliki potensi untuk memberikan dampak yang signifikan pada lingkungan. Menurut pkalianngan mereka, arsitektur yang baik harus dapat menyatu dengan konteks, sejalan dengan alam, dan mencerminkan semangat zaman.

6. Rakta Studio

Rakta Studio merupakan sebuah biro arsitektur yang berpusat di Bandung, Jawa Barat, Indonesia, dan memiliki dedikasi yang kuat terhadap keunggulan dalam bidang arsitektur dan desain khusus.

Trividor Apriadi Saputro, yang dikenal dengan nama Vidor Saputro, sebagai arsitek utama, telah mengabdikan lebih dari 17 tahun dalam profesinya dengan tekad untuk selalu mengejar desain yang luar biasa.

Tim di bawah arahan Vidor Saputro dan Rakta Studio menganut semangat besar dalam menciptakan desain estetika yang sederhana, elegan, modern, dan kontemporer.

Rakta Studio menggabungkan elemen desain tropis modern yang mengarahkan proses kreasi dan menghasilkan produk akhir yang mengedepankan nilai estetika, aspek intelektual, dan pertimbangan finansial.

Dengan memperhatikan detail-detail perakitan dan konstruksi, serta memanfaatkan cahaya dan karakteristik lingkungan lokal, bersama dengan pilihan material dan geometri yang terjaga, proyek-proyek yang dihasilkan oleh Rakta Studio menjadi ruang benturan yang unik.

Akibatnya adalah arsitektur yang kontemporer namun tak terikat oleh rentang waktu, menenangkan namun juga memancarkan kehangatan, dan secara unik mencerminkan nilai serta karakteristik dari para klien kami.

7. Emporio Architec

Emporio Architect adalah perusahaan yang menghadirkan layanan desain dan informasi bagi kontraktor dalam berbagai jenis proyek, mulai dari rumah, villa, hingga bangunan lainnya seperti properti komersial, kantor, apartemen, kondominium, resort, dan sebagainya.

Berdiri pada tahun 2006 dengan nama CV. Emporio Architect, kemudian mengalami perubahan nama menjadi CV. Renon Property pada tahun 2012 untuk memperluas jaringan bisnis, namun tetap mempertahankan nama Emporio Architect sebagai divisi arsitek yang berkelanjutan hingga kini.

Mula-mula beroperasi sebagai unit usaha kecil yang menawarkan layanan desain bangunan, CV. Renon Property telah tumbuh menjadi entitas bisnis yang mencakup bidang Arsitektur, Kontraktor Umum, dan Agen Properti.

Dengan dukungan dan kolaborasi dari tim yang terdiri dari para profesional dan staf pendukung yang terlatih dalam bidang masing-masing, CV. Renon Property selalu menekankan kualitas dan pelayanan terbaik guna memastikan kepuasan semua klien Emporio Architect.

Baca Juga :   √ Apa itu Arsitektur Metafora? Prinsip Serta Contohnya

8. Atelier Riri

Atelier Riri adalah sebuah biro jasa desain rumah dan arsitektur yang didirikan oleh Novriansyah Yakub (Riri) di Jakarta.

Sejak tahun 2005 hingga saat ini, perusahaan ini telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam berbagai bidang pekerjaan arsitektur, desain interior, lanskap, dan desain produk.

Seluruh karya yang dihasilkan oleh perusahaan ini mencerminkan kepedulian mendalam terhadap fungsi yang hkalianl, sambil tetap menjaga nilai-nilai estetika.

Pendekatan yang dipegang oleh Atelier Riri terhadap arsitektur dan berbagai bidang desain kreatif lainnya selalu difokuskan pada bagaimana menghubungkan aspek kehidupan, lingkungan, dan desain berkelanjutan dengan pendekatan solusi yang sesuai dengan zaman.

Kunci dari komitmen ini adalah selalu mendengarkan dan mengumpulkan informasi lebih lanjut dari klien untuk memahami serta mengakui aspek-aspek penting dari persyaratan dan harapan pengguna.

Oleh karena itu, karya-karya arsitektur yang dihasilkan tidak sekadar menjadi struktur fisik, melainkan juga mencerminkan sikap yang responsif terhadap konteks di sekitarnya.

9. DELUTION Architect

DELUTION adalah sebuah konsultan arsitektur dan interior yang fokus pada penyediaan layanan perencanaan, atau yang lebih dikenal dengan jasa desain.

Jasa yang ditawarkan oleh Delution Architect terbagi menjadi dua bagian, yaitu Jasa Desain Arsitek dan Interior. Layanan ini mencakup perencanaan arsitektur (untuk proyek perumahan, komersial, dan publik) serta perencanaan interior (untuk komersial, publik, dan kantor).

Delution Architect menerima segala jenis proyek arsitektur, mulai dari skala terkecil hingga yang terbesar. Lingkupnya meliputi beragam proyek, seperti hunian dengan anggaran terbatas hingga hunian mewah, hotel, kafe, dan pusat perbelanjaan.

Baca Juga :

Penutup

Sebagai penutup, merancang rumah minimalis memang tampak sederhana, namun memiliki kompleksitas tersendiri dalam memaksimalkan fungsi dan estetika.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dan memastikan setiap detailnya sesuai dengan kebutuhan serta selaras dengan konsep minimalis, sangat disarankan untuk mengkonsultasikan ide dan desain kalian kepada arsitek profesional.

Dengan rekomendasi konsultasi arsitek, kalian tidak hanya mendapatkan rumah minimalis yang fungsional, tetapi juga estetika yang tak lekang oleh waktu. Selamat merencanakan rumah impian kalian!

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Rekomendasi Konsultasi Arsitek Untuk Rumah Minimalis. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *