Apa Itu Wiremesh

Apa Itu Wiremesh? Beserta Harga Boronganya Terbaru dan Lengkap

Posted on

Finoo.id – Apa Itu Wiremesh? Beserta Harga Boronganya Terbaru dan Lengkap. Wiremesh adalah bahan konstruksi yang terbuat dari kawat baja yang dianyam secara teratur membentuk jaring-jaring persegi atau segi enam. Kawat yang digunakan biasanya memiliki diameter kecil, berkisar antara 2 hingga 12 mm, dan dihubungkan melalui proses pengelasan atau metode pengikatan lainnya.

Penggunaan wiremesh umumnya berperan sebagai elemen struktural dalam berbagai jenis proyek konstruksi, termasuk lantai, dinding, kolom, jembatan, tangga, dan proyek infrastruktur lainnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai wiremesh, silakan baca artikel berikut ini.

Apa Itu Wiremesh ?

Wiremesh dibuat dari kawat baja yang dianyam atau dilas hingga membentuk jaring-jaring berbentuk persegi atau segi enam. Bahan kawat baja yang digunakan untuk wiremesh biasanya terdiri dari baja karbon rendah atau baja karbon menengah yang telah mengalami perlakuan khusus untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan terhadap korosi.

Selain baja, terdapat juga jenis wiremesh yang terbuat dari material non-logam seperti kawat stainless steel atau aluminium. Biasanya, wiremesh dari material ini digunakan dalam proyek konstruksi dengan persyaratan lingkungan tertentu, seperti proyek yang berada di lingkungan yang bersifat asam atau basa, atau proyek yang menekankan aspek estetika.

Wiremesh hadir dalam berbagai bentuk, baik berupa lembaran maupun gulungan. Setiap jenis wiremesh yang diproduksi memiliki dimensi yang mencakup diameter, lebar, dan panjangnya.

Diameter tulangan dalam wiremesh umumnya diidentifikasi dengan kode “M,” dan setiap diameter memiliki kode yang berbeda. Misalnya, wiremesh dengan diameter tulangan 5 mm akan disebut dengan kode “M5.” Meskipun diameter tulangan berbeda, dimensi jaring-jaring dalam wiremesh biasanya seragam dan memiliki ukuran sekitar 15 cm x 15 cm.

Apabila ditanyakan mengenai ukuran wiremesh per lembar dan per gulungan, jawabannya berbeda. Wiremesh dalam bentuk lembaran memiliki lebar sekitar 2,1 meter dan panjang sekitar 5,4 meter, dengan ukuran kotak jaring sekitar 15 cm x 15 cm.

Wiremesh lembaran menawarkan beragam variasi ukuran diameter, mulai dari M4 hingga M12. Sementara itu, wiremesh gulungan tersedia dalam bentuk gulungan dengan lebar yang identik dengan wiremesh lembaran, yakni sekitar 2,1 meter.

Meskipun demikian, perbedaan mencolok terletak pada panjang wiremesh gulungan, yang mencapai sekitar 54 meter. Wiremesh gulungan umumnya memiliki diameter tulangan yang lebih terbatas, dengan pilihan antara M4, M5, dan M6. Ukuran kotak jaring pada wiremesh gulungan juga konsisten dengan wiremesh lembaran, yaitu sekitar 15 cm x 15 cm.

Baca Juga :   √ Ukuran Besi Hollow Untuk Railing Tangga Semua Model!

Fungsi Wiremesh

Wiremesh memiliki beragam peran penting dalam berbagai proyek konstruksi. Berikut beberapa fungsi utama wiremesh:

1. Penahan beton

Wiremesh digunakan untuk meningkatkan kekuatan struktur beton dan mencegah terjadinya retakan atau keretakan pada beton. Dalam proyek konstruksi bangunan, wiremesh sering digunakan sebagai penguat beton pada dinding, lantai, dan atap.

2. Pengaman

Wiremesh juga berfungsi sebagai elemen pengaman pada berbagai proyek konstruksi, termasuk pagar, tangga, dan jaring pengaman. Wiremesh yang terbuat dari material tahan karat dan kokoh, seperti baja, mampu memberikan perlindungan yang efektif terhadap tindak kriminal dan bencana alam.

3. Dekorasi

Wiremesh yang terbuat dari bahan berbeda, seperti stainless steel atau aluminium, juga dapat berfungsi sebagai elemen dekoratif dalam berbagai proyek konstruksi. Jenis wiremesh ini kerap digunakan dalam bangunan dengan gaya modern atau kontemporer.

4. Filter

Wiremesh yang terbuat dari material non-logam, contohnya kawat stainless steel, memiliki aplikasi sebagai filter dalam berbagai sektor industri, seperti industri makanan dan minuman, farmasi, serta industri kimia. Wiremesh mampu menyaring partikel dan benda asing yang tidak diinginkan, mencegahnya melalui filter tersebut.

Sebagai alternatif untuk anyaman besi: Wiremesh juga dapat berfungsi sebagai pengganti anyaman besi dalam proyek konstruksi bangunan dan infrastruktur seperti jembatan dan jalan raya. Wiremesh yang terbuat dari baja yang kuat dan tahan terhadap karat memiliki kemampuan untuk memberikan kekuatan dan daya tahan yang setara dengan anyaman besi, namun dengan kelebihan pemasangan yang lebih mudah dan perawatan yang lebih sederhana.

Keunggulan dan Kelemahan Wiremesh

Seperti yang kita ketahui, setiap jenis bahan material konstruksi memiliki karakteristiknya sendiri, termasuk besi wiremesh. Wiremesh memiliki sejumlah keunggulan dan kelemahan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan penggunaannya.

Oleh karena itu, sebelum kita melanjutkan ke diskusi utama mengenai harga borongan pasang wiremesh, sebaiknya kita terlebih dahulu memahami beberapa kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah sejumlah keunggulan dan kelemahan besi wiremesh sebagai bahan material konstruksi.

Kelebihan

  1. Pemasangan wiremesh relatif sederhana dan cepat.
  2. Mengurangi kebutuhan penggunaan kawat bendrat.
  3. Dapat digunakan sebagai plat lantai.
  4. Cocok untuk penguatan konstruksi bangunan tipe b-panel.
  5. Meningkatkan kualitas dan ketepatan dalam tulangan beton pada struktur bangunan.

Kekurangan

  1. Tidak dapat digunakan sebagai penguat pada kolom, balok, atau sloof.
  2. Memiliki bentuk lembaran, sehingga hanya cocok digunakan pada proyek konstruksi dengan penampang lebar pada tulangan besi beton.
Baca Juga :   √ Biaya Membuat Dapur Ukuran 3x3 Terbaru : Tenaga & Material

Ukuran Standar Wiremesh

Ketika ingin menentukan harga borongan pasang wiremesh per meter persegi, penting untuk memahami ukuran stkalianrnya terlebih dahulu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wiremesh di pasaran Indonesia terbagi menjadi dua jenis, yaitu lembaran dan gulungan atau roll.

Untuk besi wiremesh lembaran dengan ukuran stkalianr, biasanya tersedia dalam ukuran 2.1 meter x 5.4 meter. Sementara itu, wiremesh jenis gulungan atau roll memiliki lebar 2.1 meter dan panjang dapat mencapai 54 meter. Diameter anyaman besi wiremesh juga dapat bervariasi, tergantung pada kebutuhan proyek.

Beberapa pemasok atau penyedia besi wiremesh sering menggunakan sebutan seperti m4, m5, m6, m7, m8, m10, dan lain sebagainya untuk mengidentifikasi ukuran stkalianr. Pada dasarnya, setiap ukuran ini akan memengaruhi harga wiremesh di pasaran.

Harga Borongan Pasang Wiremesh Per Meter

Setelah memahami keunggulan, kelemahan, dan ukuran stkalianr wiremesh, selanjutnya penting untuk memahami besaran harga borongannya. Biasanya, para pemborong atau kontraktor menentukan harga pemasangan wiremesh dengan menghitung per meter persegi.

Namun, sebagaimana umumnya harga borongan dalam konstruksi, upah jasa pemasangan wiremesh juga dapat bervariasi di berbagai wilayah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain itu, para kontraktor biasanya menyediakan dua jenis pemasangan wiremesh, yaitu borongan non material dan borongan plus material.

Harga borongan pasang wiremesh non material biasanya berkisar antara Rp 7.500 hingga Rp 15.000 per meter persegi. Sedangkan harga borongan pasang wiremesh plus material cenderung lebih tinggi, berkisar antara Rp 160.000 hingga Rp 210.000 per meter persegi, tergantung pada ukuran yang dipilih.

Cara Menghitung Upah Borongan Pasang Wiremesh

Telah diuraikan secara komprehensif mengenai harga borongan pasang wiremesh per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya di atas. Namun, pemahaman mengenai upah jasa pemasangan wiremesh saja dirasa kurang memadai tanpa pemahaman tentang tata cara perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pekerjaan tersebut.

Sebelumnya, kami telah membahas cara menghitung kebutuhan wiremesh untuk pekerjaan pengecoran atap rumah bertingkat. Agar lebih terperinci, berikut ini akan kami jelaskan dengan lengkap tentang metode perhitungan upah borongan pasang wiremesh.

Luas Pekerjaan Cor

Langkah pertama adalah menentukan luas area pekerjaan yang akan dipasangi wiremesh. Misalnya, jika kalian akan memasang wiremesh dengan ukuran M5, yaitu 2.1 m x 5.4 m, pada pekerjaan pengecoran bondek dengan panjang 10 meter dan lebar 6 meter, berikut adalah cara menghitungnya:

Informasi yang Diketahui:

  • Panjang lantai yang akan dicor: 10 meter.
  • Lebar lantai yang akan dicor: 6 meter.
  • Panjang wiremesh: 5.4 meter.
  • Lebar wiremesh: 2.1 meter.

Langkah Perhitungan:

Hitung Luas Area Pekerjaan Pengecoran Bondek

  • Luas = Panjang x Lebar.
  • Luas = 10 meter x 6 meter = 60 meter persegi.
  • Hitung Luas Wiremesh yang Dibutuhkan
  • Luas wiremesh = Panjang x Lebar.
  • Luas wiremesh = 5.4 meter x 2.1 meter = 11.34 meter persegi.
Baca Juga :   √ Mengenal Jenis Atap Kanopi dan Fungsinya bagi Bangunan

Hitung Kebutuhan Wiremesh

  • Kebutuhan = Luas pekerjaan ÷ Luas wiremesh.
  • Kebutuhan = 60 meter persegi ÷ 11.34 meter persegi = 5.2 lembar (dibulatkan menjadi 6 lembar).
  • Dengan demikian, kalian membutuhkan 6 lembar wiremesh M5 ukuran 2.1 m x 5.4 m untuk pekerjaan pengecoran bondek pada lantai dengan panjang 10 meter dan lebar 6 meter.

Upah Borongan Pasang Wiremesh

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya jasa pemasangan wiremesh M5 dengan ukuran 2.1 m x 5.4 m pada area pekerjaan seluas 60 meter persegi. Caranya adalah dengan mengalikan luas area pekerjaan dengan harga borongan pasang wiremesh per meter persegi.

Borongan Non Material

  • Biaya = Luas pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya = 60 meter persegi x Rp 7.500 = Rp 450.000.

Borongan Plus Material

  • Biaya = Luas pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya = 60 meter persegi x Rp 160.000 = Rp 9.600.000.

Jadi, total biaya yang diperlukan untuk memasang wiremesh M5 dengan ukuran 2.1 m x 5.4 m pada lantai bondek seluas 60 meter persegi menggunakan jasa borongan adalah sekitar Rp 450.000 untuk borongan non material dan sekitar Rp 9.600.000 untuk borongan plus material.

Baca Juga :

Penutup

Sekarang kita telah memahami apa itu wiremesh. Dari definisi hingga penggunaan yang beragam, wiremesh adalah material yang penting dalam berbagai industri.

Baik digunakan untuk konstruksi bangunan, jalan, maupun proyek-proyek lainnya, wiremesh memberikan kekuatan dan ketahanan yang tak tergantikan.

Dengan kekalianlannya, wiremesh tidak hanya membentuk pondasi fisik, tetapi juga menciptakan dasar bagi inovasi dan kemajuan.

Dengan pengetahuan yang telah kita dapatkan, kita menjadi lebih siap untuk merencanakan, memilih, dan menggunakan wiremesh dengan bijak dalam berbagai konteks.

Bagaimanapun juga, wiremesh adalah bukti nyata bahwa di balik struktur yang solid terdapat inti kekuatan yang tak terlihat. Semoga artikel ini telah memberikan wawasan yang bermanfaat tentang apa itu wiremesh.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Apa Itu Wiremesh? Beserta Harga Boronganya Terbaru dan Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *