Cara Upgrade Firmware Receiver K Vision

Cara Upgrade Firmware Receiver K Vision Semua Tipe

Posted on

Finoo.id – Cara Upgrade Firmware Receiver K Vision Semua Tipe. K Vision adalah penyedia TV berlangganan berbasis prabayar di Indonesia yang menyiarkan program-programnya melalui dua satelit, yaitu satelit Telkom 4 untuk frekuensi C Band dan satelit Measat 3a untuk frekuensi Ku Band. K Vision merupakan bagian dari MNC Vision Networks Group dan memiliki pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, termasuk pelanggan reguler Satelit atau Parabola, pelanggan Corporate, dan pelanggan TV Kabel.

Dengan layanan K Vision, pengguna dapat menikmati berbagai saluran TV nasional, termasuk tayangan dari channel MNC Group, tayangan premium, anak-anak, olahraga, film box office, dan tayangan-tayangan menarik lainnya. K Vision memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan layanan TV berbayar lainnya, seperti tidak ada biaya bulanan (beli putus) tetapi tetap dapat digunakan, proses pendaftaran yang mudah, praktis, dan cepat.

Untuk menerima siaran K Vision, terdapat lima produk receiver yang tersedia, yaitu Bromo, Cartenz, Gardiner, Optus, dan LGsat, masing-masing dengan teknologi yang disesuaikan dengan pasar tertentu. Namun, pada beberapa kesempatan, receiver K Vision dapat mengalami masalah, baik dari sisi hardware maupun software. Dalam situasi seperti ini, upgrade firmware dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah pada receiver K Vision. Bagaimana cara melakukan upgrade firmware K Vision?

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang cara upgrade firmware K Vision. Jadi, bagi mereka yang ingin mengetahui atau mencari informasi tentang cara melakukan upgrade firmware pada receiver K Vision, silakan simak ulasan berikut ini dari kami.

Mengenal Firmware Parabola

Receiver parabola dilengkapi dengan perangkat lunak yang disimpan dalam chip memori jenis EEPROM, yang dikenal sebagai firmware.

EEPROM adalah chip memori yang tidak dapat dihapus dan digunakan oleh receiver untuk menyimpan konfigurasi data yang tetap tersimpan bahkan saat receiver dimatikan.

Konfigurasi dalam perangkat lunak receiver tidak dapat diubah atau dihapus oleh receiver itu sendiri, kecuali untuk pengaturan opsi seperti satelit, channel, dan beberapa pengaturan lainnya.

Baca Juga :   Cara Mencari Siaran Nex Parabola Yang Hilang Dengan Mudah

Firmware receiver berfungsi untuk mengontrol fungsi dasar dari hardware atau mainboard receiver itu sendiri.

Receiver tidak akan dapat beroperasi dan akan mati jika firmware bermasalah, tidak sesuai dengan hardware, atau mengalami kerusakan pada firmware.

Cara Upgrade Firmware Receiver K Vision

Proses upgrade firmware pada receiver K Vision dilakukan dengan cara yang sama seperti upgrade firmware pada receiver parabola lainnya, yaitu dengan menggunakan flashdisk. Tujuannya adalah untuk mengganti firmware awal yang telah terpasang pada receiver K Vision dengan firmware versi terbaru yang lebih sempurna sehingga kinerja receiver K Vision menjadi lebih baik.

Seperti yang kita ketahui, K Vision memiliki beberapa tipe receiver yang beredar di pasaran, seperti receiver K Vision Bromo C2000, K Vision Cartenz K 2000, dan K Vision GOL (Gardiner G-88HD Ottimo, Optus OP-66HD, LGsat LG-101). Terkait dengan firmware untuk proses upgrade, firmware yang digunakan haruslah firmware resmi dan berkualitas karena akan sangat berisiko jika menggunakan firmware asal-asalan. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan upgrade firmware pada receiver K Vision:

1. Cara Upgrade Firmware Receiver K Vision Bromo C2000 dan Cartenz K2000

Receiver K Vision Bromo C2000 menggunakan chipset cs8001, berikut adalah langkah-langkah upgrade firmware pada receiver K Vision Bromo dan Cartenz:

  • Unduh file firmware terbaru K Vision dan simpan di dalam flashdisk (tanpa folder).
  • Colokan flashdisk berisi file firmware ke receiver, lalu nyalakan receiver dan perangkat TV.
  • Maka akan muncul notifikasi pada layar monitor, pilih YA untuk konfirmasi.
  • Muncul jendela baru dengan pilihan opsi Mode Upgrade, ada 3 pilihan dalam mode upgrade dan pilih mode upgrade sesuai dengan kebutuhan (maincode, User DB, Allcode).
  • Selanjutnya arahkan dan pilih File Upgrade, lalu pilih atau masukan file firmware.
  • Setelah itu arahkan ke bawah dan pilih Mulai lalu klik OK, maka proses upgrade dimulai.
  • Tunggu sampai proses upgrade selesai, receiver K Vision akan restart otomatis.

2. Cara Upgrade Firmware Receiver K Vision GOL Garmedia

Receiver K Vision Gol Garmedia terdiri dari tiga jenis, yaitu Gardiner G-88HD Ottimo, Optus OP-66HD, dan LGsat LG-101 Stars, ketiganya sama-sama menggunakan chipset Ali M3510C dengan remote serta konfigurasi software yang sama. Oleh karena itu, untuk melakukan upgrade firmware, ketiga jenis receiver ini memiliki cara yang sama. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca Juga :   Frekuensi LNB Telkom 4 K Vision : Transponder 1 & 2

  • Unduh firmware terbaru dan simpan di dalam flashdisk (tanpa folder), pastikan file firmware yang diunduh sesuai dengan hardware yang digunakan.
  • Nyalakan receiver, lalu colokan flashdisk ke receiver. Tunggu hingga flashdisk terdeteksi oleh receiver, jika tidak terdeteksi, cabut dan colokan kembali ke receiver.
  • Tekan tombol Menu pada remote, lalu arahkan dan pilih Media Player (gunakan tombol volume sebagai navigasi).
  • Maka akan muncul beberapa opsi pilihan, arahkan dan pilih opsi Upgrade dengan USB lalu klik OK.
  • Pada menu Upgrade dengan USB terdapat beberapa opsi yang harus dipilih, seperti Mode Upgrade pilih Allcode.
  • Kemudian geser ke bawah ke menu Upgrade File, masukkan file firmware yang akan digunakan untuk mengupgrade.
  • Setelah itu, geser ke bawah lagi ke menu Mulai lalu klik OK, maka akan muncul notifikasi berisikan peringatan, pilih YA untuk memulai proses upgrade.
  • Tunggu sampai proses upgrade selesai, ketika selesai receiver akan restart secara otomatis.

Resiko Gagal Upgrade Serta Cara Mengatasinya

Tidak ada jaminan bahwa setiap proses upgrade firmware akan berhasil, karena terkadang bisa terjadi kegagalan saat proses upgrade sedang berlangsung, misalnya karena adanya pemadaman listrik. Akibatnya, receiver akan berada dalam mode on dan tidak berfungsi. Untuk mengatasi masalah ini, ada cara untuk melakukan recovery pada receiver, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh file recovery dan simpan ke dalam flashdisk (tanpa folder).
  2. Ganti nama file tersebut agar bisa direcoverykan ke receiver.
  3. Posisikan receiver dalam keadaan mati, lalu colokan flashdisk ke receiver.
  4. Tekan dan tahan tombol Menu pada receiver.
  5. Selanjutnya, colokan kabel daya ke sumber listrik dan tunggu beberapa saat sambil terus menekan tombol Menu.
  6. Setelah 3 detik, akan muncul tulisan pada layar TV yang menkaliankan receiver siap melakukan recovery.
  7. Lepaskan tombol Menu dan proses recovery akan berjalan.
  8. Tunggu hingga proses recovery selesai dan receiver akan restart otomatis dan kembali normal.
Baca Juga :   Daftar Satelit Ku Band Terbaru di Parabola

Download Firmware Untuk Receiver K Vision

Setelah mengetahui cara upgrade firmware pada receiver K Vision, berikut adalah daftar firmware atau software update dari beberapa seri receiver K Vision:

1. KVISION_CBAND_BROMO_KARTENZ_2000_HYBRID_KT03_V03.bin : KLIK DISINI

2. Kvision-GOL-Release-20211030-C1009.bin (NEW) : KLIK DISINI

3. LGsat LG-101HD Stars Garmedia.abs (OLD) : KLIK DISINI

4. KVISION-C2000-GH361S_A01A_V1.1_151218-Montage.bin : KLIK DISINI

5. KVISION-C2000-GH381H_KT01_V1.1_1701111.bin : KLIK DISINI

6. KVISION-C2000-GH381H_KT02_V1.bin : KLIK DISINI

Akibat Upgrade Receiver Parabola

Meskipun upgrade firmware bisa membantu memperoleh fitur-fitur terbaru, namun hal tersebut juga bisa menimbulkan masalah jika tidak dilakukan dengan benar.

Kesalahan dalam proses upgrade bisa berakibat fatal, seperti receiver parabola mati suri, boot loop, atau masuk ke mode on.

Oleh karena itu, diperlukan ketelitian dan pemahaman yang baik mengenai upgrade firmware. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan firmware yang digunakan sesuai dengan hardware receiver. Jangan mencoba-coba menggunakan firmware jika tidak dapat memperbaiki receiver yang mati suri.
  2. Perbanyak diskusi dengan sesama pemakai receiver, biasanya ada group di Facebook sesuai dengan receiver masing-masing.
  3. Pastikan firmware yang digunakan tidak rusak. Jika yang mengunggah firmware menyertakan MD5, jangan lupa untuk memeriksa dengan menggunakan MD5 Checker.
  4. Pastikan listrik stabil saat melakukan upgrade firmware.
  5. Gunakan media penyimpanan yang baik. Hindari menggunakan card reader, namun gunakan flashdisk dengan pembacaan yang baik.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, telah dijelaskan cara upgrade firmware receiver K Vision. Dengan melakukan upgrade firmware, kalian dapat memperbarui sistem operasi receiver dan meningkatkan kinerjanya.

Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dengan teliti dan hati-hati, serta pastikan kalian memiliki firmware yang sesuai dengan tipe dan model receiver kalian.

Dengan melakukan upgrade firmware secara teratur, kalian dapat memastikan bahwa receiver K Vision kalian selalu bekerja dengan baik dan memenuhi kebutuhan tontonan TV kalian. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *