Mengenal Genset Tiger TG 2800

Mengenal Genset Tiger TG 2800: Spesifikasi & Harganya Lengkap

Posted on

Finoo.di – Mengenal Genset Tiger TG 2800: Spesifikasi & Harganya Lengkap. Ada rencana untuk membeli genset Tiger TG 2800? Sudah mengetahui spesifikasinya belum? Nah, kami telah mengulasnya secara lengkap di sini, ayo disimak.

Bagaimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat. Di artikel kali ini kami akan mengulas salah satu merek genset yang cukup populer di masyarakat, yaitu genset Tiger TG 2800.

Genset Tiger TG 2800 adalah salah satu dari banyak tipe genset yang diproduksi oleh Tiger, sebuah produsen asal Tiongkok (China) yang menghasilkan genset dengan berbagai tipe dan kapasitas daya.

Genset ini cukup diminati karena harganya yang terjangkau dibandingkan dengan genset-genset merek lain dalam kelasnya.

Genset Tiger TG 2800 sering digunakan di rumah-rumah karena kapasitas dayanya yang sesuai untuk skala rumahan.

Namun, tidak jarang juga genset ini digunakan oleh pelaku usaha kecil, seperti yang kami lihat di salah satu tempat cukur beberapa waktu lalu.

Ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN, genset ini dapat menjadi sumber listrik cadangan yang memadai untuk beban daya beberapa ratus watt.

Lalu, bagaimana spesifikasi dari genset Tiger TG 2800 ini? Baiklah, langsung saja simak ulasannya berikut ini…

Genset Tiger TG 2800

Jika Anda sedang mencari genset dengan harga di kisaran 1 jutaan, maka genset merk Tiger TG 2800 ini patut dipertimbangkan. Meskipun bukan yang termurah di kelasnya, kualitasnya tak perlu diragukan.

Genset Tiger TG 2800 dikenal sebagai “genset sejuta umat” karena begitu banyak pengguna genset ini, mirip dengan julukan mobil Avanza yang sering disebut sebagai “mobil sejuta umat”.

Baca Juga :   √ Apa Itu Lampu LED? Jenis, Kelebihan dan Kekuranganya Lengkap

Setidaknya, hal ini bisa menjadi indikator bahwa genset ini sudah teruji dalam penggunaannya di masyarakat sebagai sumber listrik cadangan.

Tenaga listrik dihasilkan oleh mesin 4 tak berkekuatan 3 HP dengan kecepatan 3600 RPM, mampu menyediakan daya listrik sekitar 900-1000 watt, dengan tegangan 220 volt dan frekuensi 50 Hz.

Seperti genset-genset lain di kelasnya, genset Tiger TG 2800 menggunakan bahan bakar bensin dengan tangki berkapasitas 6 liter.

Penggunaan bahan bakar ini cukup irit, dengan tangki penuh, genset ini dapat beroperasi selama 8 jam.

Artinya, jika pemadaman listrik PLN rata-rata berlangsung sekitar 3 jam, genset ini dapat diandalkan sebagai sumber listrik cadangan saat menunggu pemulihan listrik PLN.

Dari segi ukurannya, genset Tiger TG 2800 mudah dibawa ke mana saja, sehingga cocok digunakan oleh petani di sawah atau kebun untuk mengoperasikan mesin pompa air.

Spesifikasi Genset Tiger TG 2800

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari genset Tiger TG 2800:

  • Merk: Tiger
  • Tipe: TG 2800
  • Mesin: TG100R, 4 tak
  • Kecepatan: 3600 RPM
  • Peak Power: 1200 watt
  • Rate Power: 900 watt
  • Rate Voltage: 220 volt
  • Rate Frekuensi: 50 Hz
  • Kapasitas tangki BBM: 6 liter
  • Jenis BBM: Gasoline (bensin)
  • Lama operasi: 8 jam

Harga Genset Tiger TG 2800

Di toko online, genset Tiger TG 2800 dijual dengan harga sekitar Rp 1.550.000 hingga Rp 1.650.000. Di toko offline, harganya mungkin sedikit berbeda, tetapi tidak jauh dari kisaran harga tersebut.

Dengan harga seperti itu, saya rasa layak untuk membelinya. Memang ada banyak genset merek lain dalam kelas 1000 watt yang dijual dengan harga lebih murah, tetapi saya belum yakin dengan kualitasnya.

Jika ada toko genset di kota Anda dan mereka menyediakan tipe ini, saya sarankan untuk membelinya secara offline agar Anda dapat menguji langsung performa dari genset Tiger TG 2800 ini.

Baca Juga :   Apa Itu Busbar: Fungsi, Jenis Dan Cara Konfigurasinya

Kelebihan dan Kekurangan Genset Tiger TG 2800

Genset Tiger TG 2800 adalah generator listrik portabel yang memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan:

Kelebihan:

  1. Portabilitas: Genset Tiger TG 2800 dirancang dengan ukuran yang kompak dan ringan, sehingga mudah untuk dipindahkan dan digunakan di berbagai lokasi.
  2. Daya Output: Genset ini memiliki daya output yang cukup besar, dengan kapasitas 2800 watt, sehingga mampu memberikan pasokan listrik yang mencukupi untuk beberapa peralatan elektronik atau alat-alat kecil di rumah atau lokasi outdoor.
  3. Kemudahan Penggunaan: Genset ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan penggunaannya, seperti starter listrik yang memungkinkan Anda menghidupkan mesin dengan mudah.
  4. Bahan Bakar Efisien: Mesin Tiger TG 2800 menggunakan bahan bakar yang efisien, seperti bensin. Hal ini membantu mengurangi biaya operasional dalam jangka panjang.
  5. Kualitas Konstruksi: Genset Tiger TG 2800 dibuat dengan material yang kuat dan tahan lama, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dengan perawatan yang tepat.

Kekurangan:

  1. Kebisingan: Seperti halnya dengan kebanyakan genset bensin, Tiger TG 2800 menghasilkan suara yang cukup bising saat beroperasi. Ini dapat menjadi masalah jika Anda menggunakan genset di lingkungan yang memerlukan keheningan.
  2. Pemeliharaan Rutin: Genset ini memerlukan pemeliharaan rutin, seperti penggantian oli dan filter udara secara teratur. Jika pemeliharaan tidak dilakukan dengan benar, kinerja genset dapat terpengaruh.
  3. Kapasitas Terbatas: Kapasitas daya output 2800 watt mungkin tidak mencukupi untuk mengoperasikan beberapa peralatan listrik yang membutuhkan daya lebih besar. Jadi, sebaiknya Anda memeriksa kebutuhan daya Anda sebelum memutuskan untuk menggunakan genset ini.

Perlu diingat bahwa ini hanyalah beberapa kelebihan dan kekurangan umum dari Genset Tiger TG 2800. Sebelum membeli atau menggunakan genset, disarankan untuk membaca petunjuk penggunaan dan melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan bahwa genset ini memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda.

Baca Juga :   √ Apa Itu Water Heater? Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Baca Juga :

Penutup

membutuhkan sumber energi cadangan yang handal. Genset ini menawarkan solusi power supply yang efisien, dengan kapasitas maksimal 2800 watt yang mampu memenuhi kebutuhan listrik berbagai perangkat rumah tangga dan bisnis kecil.

Keunggulan lainnya seperti efisiensi bahan bakar, durabilitas yang tinggi, dan desain portabel membuat genset Tiger TG 2800 menjadi pilihan yang ideal. Penggunaan teknologi modern juga semakin memperkuat nilai genset ini dalam menjamin kualitas dan kestabilan arus listrik.

Namun, memahami genset Tiger TG 2800 lebih dalam dan mengenal kebutuhan listrik Anda akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan pembelian genset yang tepat. Dengan pengetahuan yang tepat dan pemilihan yang bijaksana, Anda dapat mengandalkan genset ini sebagai pendukung aktivitas sehari-hari yang tak terputus oleh gangguan listrik.

Tidak ada lagi kekhawatiran ketika aliran listrik padam, karena genset Tiger TG 2800 selalu siap memberikan energi cadangan yang stabil dan aman. Dengan demikian, artikel finoo.id ini diharapkan dapat memberikan Anda pengetahuan yang memadai mengenai genset Tiger TG 2800 dan membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *