Mengenal Skir Klep

√ Mengenal Skir Klep, Cara Dan Tujuannya Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – √ Mengenal Skir Klep, Cara Dan Tujuannya Paling Tepat. Salah satu alasan umum motor mengalami kompresi bocor adalah karena beberapa faktor, di antaranya adalah klep atau katup yang tidak dapat menutup secara rapat, yang disebabkan oleh ausnya rumah dudukan klep. Jika terjadi kebocoran kompresi pada motor, maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan berkurang, dan penggunaan bahan bakar akan menjadi lebih boros.

Kebocoran dalam ruang bakar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti adanya kotoran atau kerak pada mesin, ausnya rumah dudukan klep, atau ausnya ring piston.

Untuk mengatasi masalah tersebut, rumah dudukan klep perlu diganti. Umumnya, di bengkel, proses ini dikenal dengan istilah “sitting klep ulang”. Setelah proses sitting klep ulang selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan penghalusan pada rumah dudukan klep, yang dikenal sebagai “skir” atau “skur”.

Artikel ini akan membahas cara skir/skur klep yang paling praktis dan cepat. Ada dua metode yang umum digunakan untuk skir/skur klep, yaitu menggunakan bor listrik dan secara manual dengan tangan.

Apa itu skir klep?

Sebelumnya, pada mesin sepeda motor 4 tak terdapat komponen yang disebut klep atau biasa dikenal sebagai katup. Klep ini terletak di bagian kepala silinder atau head mesin. Pada umumnya, motor memiliki dua jenis klep, yaitu klep in dan klep out. Namun, seiring perkembangan teknologi, beberapa motor seperti Jupiter MX atau Suzuki Satria F telah menggunakan empat klep. Klep ini berfungsi sebagai pintu masuk bagi bahan bakar dan gas yang disuplai oleh karburator atau nozzle pada sistem injeksi. Sementara klep out digunakan untuk mengeluarkan gas hasil pembakaran ke lubang exhaust atau knalpot. Oleh karena itu, klep memainkan peran penting dalam ruang bakar dan mesin, menjadi bagian integral dari proses pembakaran serta kunci untuk menghidupkan mesin sepeda motor.

Skir klep, juga dikenal sebagai skur klep, merujuk pada suatu proses untuk merapatkan kembali antara klep dan settingan (seating) pada kepala silinder. Proses ini dilakukan untuk mencegah kebocoran yang mungkin terjadi saat piston melakukan kompresi terhadap bahan bakar dan gas di ruang bakar. Kebocoran ini dapat memiliki berbagai dampak, termasuk kesulitan dalam menyalakan motor, mogok, dan penurunan tenaga sepeda motor, yang sering disebut sebagai Ngeden. Oleh karena itu, menjaga klep agar rapat dan melakukan skir klep menjadi langkah penting dalam memastikan kinerja optimal mesin sepeda motor.

Baca Juga :   √ Apa itu Vacuum Advancer? Fungsi, Komponen & Cara Kerjanya

Definisi langkap tentang skir klep seperti ini:

Skir klep adalah suatu proses yang sangat kritis yang dilakukan oleh mekanik untuk mengatasi kebocoran pada komponen klep dalam mesin kendaraan, khususnya pada mesin sepeda motor. Dalam konteks ini, skir klep melibatkan penyesuaian kembali posisi klep yang bersentuhan dengan kepala silinder mesin, dengan tujuan utama untuk mengeliminasi kebocoran yang mungkin terjadi di antara kedua komponen tersebut. Proses ini melibatkan langkah pengaturan ulang posisi klep dengan cermat oleh mekanik, seringkali dengan menggunakan cairan abrasif kental yang disebut ‘amril’ sebagai amplas untuk membantu penyesuaian. Tindakan ini dimaksudkan untuk mencapai kontak yang lebih baik antara klep dan kepala silinder, serta menghilangkan celah yang bisa menjadi sumber kebocoran. Skur klep tidak hanya ditujukan untuk mengatasi kebocoran yang dapat mempengaruhi kinerja mesin, tetapi juga untuk memastikan fungsi mesin optimal dengan tekanan yang tetap terjaga.

Cara memeriksa kebocoran klep dan melakukan skir klep

Sebenarnya, mungkin tidak perlu bagi kalian untuk mengetahuinya, karena kalian bisa menyerahkan semua pekerjaan tersebut pada bengkel. Namun, bagi teman-teman yang ingin mempelajari dan mendalami bidang ini, mungkin perlu mengetahui langkah-langkah cara melakukan skir klep.

Tentu saja, pertama-tama, bagian kepala pada mesin harus dibongkar, termasuk melepaskan berbagai komponen, termasuk klep. Setelah dilepas, yang tersisa hanyalah klep dan kepala yang bisa bergerak bebas melalui lubang setingan. Selanjutnya, kalian hanya perlu merapatkan klep dengan langkah-langkah berikut. Sebelumnya, penting untuk memeriksa apakah ada kebocoran pada bagian klep. Untuk mengetahuinya, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Masukkan salah satu klep ke dalam kepala, dan tahan agar tidak jatuh.
  2. Tuangkan bensin dari lubang atas (jika klep in) dan dari lubang bawah/knalpot (jika klep out).
  3. Sambil menahan klep, perhatikan permukaan klep, apakah ada bensin yang rembes. Jika ada, itu berarti klep bocor dan perlu dilakukan skir.

Cara Skir Atau Skur Klep Yang Benar

A. Cara Skir Klep Manual

Skir klep manual adalah prosedur yang relatif mudah dan sederhana, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, hasilnya dapat lebih baik dan akurat jika dilakukan dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan skir klep manual beserta persiapan yang diperlukan:

Persiapan:

  • Amril (cairan abrasif kental)
  • Oli
  • Selang kecil dengan diameter lubang lebih kecil dari ukuran klep

Langkah-langkah Skir Klep Manual:

  1. Letakkan silinder head pada dudukan yang kokoh, rata, dan tidak goyang.
  2. Oleskan amril secukupnya pada bagian payung klep yang akan di-skir.
  3. Masukkan klep pada tempatnya. Selanjutnya, masukkan selang kecil pada tangkai klep.
  4. Lakukan penyekiran dengan cara memutar klep (selang) dengan gerakan naik dan turun.
  5. Setelah beberapa saat, teteskan oli pada bagian yang di-skir, terutama pada tepi klep.
  6. Lanjutkan penyekiran dengan gerakan naik dan turun sampai permukaan klep terlihat rata. Pastikan posisi klep tidak miring dan tangan tetap stabil.
  7. Setelah terlihat goresan halus dan merata pada sitting klep, hentikan penyekiran dan bersihkan sisa amril pada klep serta setting klep menggunakan bensin hingga bersih.
Baca Juga :   √ Apa itu Concrete Trowel? Fungsi, Jenis dan Keuntungan

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dengan teliti, skir klep manual dapat memberikan hasil yang memuaskan, meningkatkan kontak antara klep dan kepala silinder, dan mengatasi potensi kebocoran.

B. Cara Skir Klep Menggunakan Bor

Untuk melakukan skir klep dengan menggunakan mesin bor tangan, pastikan kalian memiliki mesin bor tangan yang sesuai. Selanjutnya, siapkan amril, oli, dan selang kecil. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

Persiapan:

  1. Mesin bor tangan (pilih ukuran yang tidak terlalu besar agar tidak membuat tangan cepat pegal selama penyekiran)
  2. Dudukan untuk menaruh silinder head (pastikan dudukan kuat, tidak miring, dan tidak goyang)
  3. Mata bor atau baut kecil dengan diameter yang sesuai dengan tangkai klep
  4. Selang kecil untuk menghubungkan mata bor dengan tangkai klep
  5. Amril (baik yang kasar untuk penyekiran awal, kemudian yang halus)
  6. Oli
  7. Bensin untuk membersihkan sisa amril pada klep dan setting klep

Langkah-langkah Skir Klep dengan Mesin Bor Tangan:

  1. Siapkan mesin bor tangan dan pastikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan.
  2. Persiapkan dudukan yang stabil untuk menempatkan silinder head.
  3. Pasang mata bor atau baut kecil dengan diameter yang sesuai dengan tangkai klep.
  4. Pasang selang kecil untuk menghubungkan mata bor dengan tangkai klep.
  5. Oleskan amril secukupnya pada bagian payung klep. Gunakan amril kasar untuk penyekiran awal dan amril halus untuk tahap selanjutnya.
  6. Teteskan oli pada tangkai klep, lalu masukkan klep ke tempatnya. Hubungkan klep dengan selang yang telah terpasang pada mata bor.
  7. Nyalakan mesin bor dan lakukan penyekiran dengan gerakan naik dan turun secara perlahan.
  8. Teteskan oli secara berkala pada tepi klep untuk mengurangi gesekan yang berlebihan dan menjaga keawetan setting klep.
  9. Perhatikan posisi klep agar tetap lurus dan hindari kemiringan selama proses penyekiran.
  10. Setelah terlihat goresan halus dan merata pada sitting klep, berhentilah dan bersihkan sisa amril yang menempel pada klep serta setting klep dengan menggunakan bensin hingga bersih.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kalian dapat melakukan skir klep menggunakan mesin bor tangan dengan efektif dan memastikan hasil yang optimal pada mesin sepeda motor kalian.

Cara Cek Hasil Skir Klep

Setelah proses penyekiran selesai, penting untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh guna memastikan hasil yang akurat. Berikut adalah cara mengecek hasil penyekiran yang cermat:

Baca Juga :   √ Rekomendasi Kompresor Angin Terbaik dan Awet

  1. Bersihkan Sisa Amril:
    Setelah penyekiran selesai, bersihkan sisa amril yang mungkin masih melekat pada klep dan sitting klep. Gunakan bensin untuk membersihkannya dengan hati-hati. Selanjutnya, semprot dengan angin menggunakan kompresor untuk memastikan semuanya bersih dan kering.
  2. Pasang Kembali Klep:
    Pasang kembali klep pada tempatnya dan kunci dengan menggunakan kancing klep. Pastikan semua komponen terpasang dengan benar, termasuk kunci klep yang sesuai.
  3. Uji Dengan Bensin:
    Masukkan bensin ke dalam lubang hisap (intake) dan lubang pembuangan (exhaust) secara bergantian, mengarahkan ke atas. Ini bertujuan untuk menguji apakah ada kebocoran klep setelah proses penyekiran.
  4. Perhatikan Celah:
    Perhatikan celah antara payung klep dan setting klep dengan seksama. Jika tidak terlihat adanya rembesan bensin, berarti hasil penyekiran sangat baik dan berhasil. Namun, jika terdapat rembesan bensin, itu menunjukkan adanya kebocoran pada klep.

Mengikuti langkah-langkah ini dapat membantu kalian memastikan keberhasilan proses penyekiran klep. Jika terdapat kebocoran, disarankan untuk melakukan penyekiran ulang untuk memastikan bahwa klep benar-benar rapat dan tidak menyebabkan masalah dalam kinerja mesin sepeda motor kalian.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan mengenal lebih dalam proses skir klep, kita dapat mengapresiasi peran krusialnya dalam menjaga keseimbangan dan kinerja optimal mesin sepeda motor.

Skir klep bukan sekadar langkah teknis, melainkan suatu seni yang memerlukan keahlian dan perhatian detil. Dalam setiap gerakan penyekiran, mekanik tidak hanya merapikan klep dan sitting klep, tetapi juga menghidupkan kembali potensi mesin.

Sebagai pemilik sepeda motor, mengenal skir klep bukan hanya sebagai langkah perbaikan, tetapi juga sebagai bentuk investasi dalam pemeliharaan mesin yang hkalianl.

Dengan pemahaman ini, kita dapat lebih bijak dalam merawat kendaraan bermotor kita, menjaga agar mesin tetap bertenaga dan dapat dikalianlkan.

Mengenal skir klep, pada akhirnya, membuka pintu untuk lebih mendalam dalam merawat dan memahami dunia kompleks mesin sepeda motor kita.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Mengenal Skir Klep, Cara Dan Tujuannya Paling Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *