Perbandingan XL Home Vs IndiHome

Perbandingan XL Home Vs IndiHome Untuk WiFi di Rumah

Posted on

Finoo.id – Perbandingan XL Home Vs IndiHome Untuk WiFi di Rumah. Perbandingan antara XL Home dan IndiHome dalam bisnis telekomunikasi Indonesia layak untuk dibahas secara lengkap. Kebutuhan masyarakat akan koneksi data semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi.

Oleh karena tarif kuota seluler yang cukup mahal, banyak orang memilih untuk menggunakan WiFi rumahan yang bersifat unlimited sebagai pilihan yang lebih terjangkau.

Layanan internet WiFi yang bersifat unlimited memang memiliki keunggulan tersendiri. Selain itu, kalian juga bisa menikmati tambahan benefit lain berupa konten TV kabel berkualitas.

Oleh karena itu, kami telah merangkum perbandingan antara XL Home dan IndiHome untuk layanan WiFi dan TV kabel bulanan. Hal ini kami lakukan sebagai bentuk bantuan bagi calon konsumen dalam memilih operator internet yang terbaik untuk mereka.

Pilih XL Home atau IndiHome?

Pemasangan layanan WiFi berlangganan membutuhkan analisis dan pertimbangan yang matang mengingat banyaknya penyedia layanan internet ternama yang bersaing di pasar.

XL Home dan IndiHome menjadi dua opsi yang mungkin menarik perhatianmu, namun sulit untuk memilih di antara keduanya karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk menentukan pilihan yang tepat, kamu bisa membandingkan paket WiFi yang ditawarkan oleh kedua provider tersebut. Dengan melakukan analisis yang mendalam, kemungkinan untuk mendapatkan layanan internet yang baik akan meningkat.

XL Home

XL Home adalah layanan internet untuk rumahan yang menggunakan jaringan fiber optik. Diluncurkan oleh XL Axiata pada akhir tahun 2018, teknologi ini dianggap lebih unggul dibanding teknologi wireless atau koneksi WiFi yang banyak digunakan saat ini karena dapat membawa lebih banyak data dan memiliki bandwidth yang lebih besar.

Baca Juga :   Cara Setting WiFi Biznet Cepat dan Mudah

Harga untuk pasang WiFi hotspot XL Home cukup terjangkau, dengan biaya mulai dari Rp349.000 per bulan untuk kecepatan internet hingga 100 Mbps, yang sudah termasuk biaya instalasi.

Fitur XL Home

Dengan XL Home, kamu bisa menikmati layanan 100% fiber optik yang memberikan kebebasan dalam streaming, internet super cepat, dan tanpa batasan kuota. Layanan ini juga menawarkan akses hiburan tanpa batas, termasuk akses ke Netflix yang pernah diblokir oleh beberapa provider.

Selain layanan fiber optik, my XL Home juga menawarkan layanan MiFi XL Home Wireless yang menggunakan jaringan 4G wireless untuk mengakses internet. Namun, untuk layanan ini kamu harus membeli modem atau router seharga Rp999.000 yang sudah termasuk kuota 240 GB untuk 3 bulan pertama.

Setelah itu, kamu harus berlangganan paket secara manual yang dimulai dari Rp75.000 dengan total kuota 17GB per bulan pada bulan ketiga dan seterusnya.

IndiHome

IndiHome adalah layanan internet resmi dari PT. Telkom Indonesia yang menggunakan jaringan fiber optik. Dikenal dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitornya, IndiHome tetap menjadi pilihan yang populer bagi banyak konsumen.

Untuk memasang layanan internet IndiHome di rumah, biayanya dimulai dari Rp360.000,- dengan kecepatan internet hingga 10Mbps.

Dengan biaya tersebut, kamu juga bisa menikmati layanan IPTV USeeTV, layanan telepon, serta akses gratis ke layanan streaming seperti Catchplay.

Fitur IndiHome

IndiHome adalah satu-satunya layanan internet rumah yang tersedia hampir di seluruh pelosok Indonesia, sehingga kamu bisa menikmati layanan ini di mana saja. Paket IndiHome yang ditawarkan memiliki layanan internet super cepat yang stabil, hkalianl, dan canggih dengan jaringan fiber optik yang mampu mentransfer data hingga 100Mbps.

Selain paket internet, kamu juga bisa mendapatkan layanan telepon rumah. Dengan IndiHome, kamu bisa menikmati 1000 menit gratis untuk menelepon setiap bulannya, baik untuk komunikasi lokal maupun interlokal.

Kabar baik! Meskipun sempat diblokir sebelumnya, kini kamu sudah bisa mengakses layanan Netflix di IndiHome tanpa perlu lagi menggunakan layanan VPN untuk menontonnya.

Baca Juga :   Perbedaan WiFi 2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz Mana Lebih Baik

Fitur menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah MelOn, penyedia layanan musik unlimited download dan streaming, serta AntiVirus dan upgrade speed bagi pelanggan yang memiliki budget rendah namun membutuhkan kecepatan internet yang lebih.

Perbandingan XL Home vs IndiHome

Kami telah melakukan analisis terhadap XL Home vs IndiHome dengan pendekatan yang objektif. Meskipun demikian, kami sadar bahwa pkalianngan setiap orang bisa berbeda-beda.

Namun, ulasan perbandingan ini bertujuan untuk membantu kamu memilih brand mana yang memberikan layanan terbaik. Kompetisi yang terjadi sangat menarik untuk dibahas dari sudut pkalianng pelanggan.

Berikut adalah empat perbandingan antara XL Home dan IndiHome yang perlu kamu ketahui:

1. Cakupan Area

Saat memilih operator WiFi bulanan, aspek pertama yang perlu diperhatikan adalah cakupan area. Dalam hal ini, IndiHome terbukti memiliki infrastruktur jaringan fiber optik terbesar dan terluas.

Di sisi lain, cakupan jangkauan XL Home Fiber masih terbatas dan hanya mencakup sebagian kecil wilayah Indonesia, bahkan hanya tersedia di beberapa kota besar dengan infrastruktur yang belum merata sepenuhnya.

2. Batasan FUP

Semua layanan WiFi rumahan umumnya bersifat unlimited, yang membedakannya dengan kuota seluler. Namun, setiap provider memiliki kebijakan sendiri dalam mengatur FUP (Fair Usage Policy).

Meskipun jaringan IndiHome luas, provider ini memberlakukan batasan FUP pada paket WiFi. Sementara itu, XL Home lebih unggul karena tidak membatasi penggunaan data oleh pelanggan.

3. Harga Paket

Harga paket WiFi bersifat relatif dan bisa berubah sewaktu-waktu. Meskipun demikian, setidaknya ada tolok ukur untuk memberikan gambaran perbandingan bagi kamu.

Berikut adalah perbedaan harga untuk paket XL Home dan IndiHome secara lengkap:

Paket XL Home internet + TV

Nama PaketKecepatanHarga
Family100 Mbps349,000
Super User300 Mbps499,000
Ultimate1 Gbps999,000

Paket IndiHome Internet + TV

Nama PaketKecepatanHarga
Paket 130 Mbps370,000
Paket 250 Mbps595,000
Paket 3100 Mbps945,000
Baca Juga :   Cara Setting DNS Biznet Tercepat dan Paling Tepat

4. Fitur TV Kabel

Baik XL Home maupun IndiHome menyediakan layanan TV kabel sebagai tambahan bagi pelanggan untuk menikmati berbagai konten hiburan selain koneksi WiFi.

Perbedaan terletak pada jumlah siaran yang disediakan untuk pelanggan. Namun, fitur channel TV pada XL Home tidak terlalu berbeda dengan pesaingnya, yaitu IndiHome.

Baca Juga :

Penutup

Dalam melakukan perbandingan antara XL Home dan IndiHome, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, namun juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

XL Home memiliki keunggulan dalam hal ketersediaan jaringan di berbagai daerah, termasuk di daerah pedesaan. Selain itu, XL Home juga menawarkan kecepatan internet yang cukup stabil dan harga yang terjangkau.

Sementara itu, IndiHome memiliki keunggulan dalam hal paket bundling yang menawarkan layanan internet, televisi kabel, dan telepon rumah dalam satu paket yang terintegrasi. Selain itu, IndiHome juga menawarkan kecepatan internet yang lebih tinggi dan lebih stabil dibandingkan dengan XL Home.

Namun, kedua layanan ini juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan. XL Home seringkali mengalami gangguan jaringan dan kurang stabil dalam memberikan kecepatan internet. Sementara itu, IndiHome seringkali mengalami kendala dalam hal instalasi yang memakan waktu yang cukup lama dan kurang fleksibel dalam hal pilihan paket yang ditawarkan.

Dalam memilih layanan internet, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan ketersediaan jaringan di daerah tempat tinggal. Jangan lupa untuk membandingkan harga dan layanan yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk berlangganan.

Demikianlah artikel finoo.id yang mengulas tentang Perbandingan XL Home Vs IndiHome Untuk WiFi di Rumah. Semoga dapat bermanfaat dan Terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *