Tips Perawatan Oven

√ Tips Perawatan Oven Beerdasarkan Jenisnya Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – √ Tips Perawatan Oven Beerdasarkan Jenisnya Paling Mudah. Sebagian besar orang kerap menggunakan oven di rumah tidak hanya untuk memanggang kue, tetapi juga untuk memasak berbagai hidangan selain kue. Tak peduli jenis oven yang kalian miliki, oven mudah menjadi tempat penumpukan kotoran dari sisa-sisa makanan dan minyak selama penggunaan.

Sisa-sisa makanan ini dapat menimbulkan aroma gosong dan mengubah permukaan dalam oven, termasuk warna dan fungsinya. Merawat oven secara teratur membantu memastikan agar oven tetap aman digunakan dan berfungsi optimal. Cara merawat oven bergantung pada jenis dan cara kerja masing-masing oven.

Tips Merawat Oven Listrik

Oven listrik adalah perangkat rumah tangga serbaguna yang dapat digunakan untuk memanggang atau membakar berbagai jenis makanan, seperti kue untuk camilan atau hidangan berat. Sesuai dengan namanya, jenis oven ini menggunakan listrik sebagai sumber bahan bakar.

Meskipun lebih efisien dari segi sumber energi, oven listrik tetap rentan terhadap noda atau kotoran makanan yang dapat menyebabkan kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. Agar oven kalian tetap tahan lama, simak tips perawatan ala Sejahtera Houseware berikut ini:

1. Memutus aliran listrik setelah menggunakan oven

Penting untuk memastikan keselamatan saat membersihkan oven, oleh karena itu, segera setelah menggunakan oven, pastikan untuk memutus aliran listrik dengan mencabut kabel dari sumber energinya. Membersihkan oven ketika masih terhubung dengan sumber energi dapat menimbulkan risiko bahaya. Setelah kabel tercabut, kalian dapat memulai proses pembersihan dengan menggosok nampan atau loyang untuk menghilangkan kotoran atau noda makanan yang menempel. Gunakan spons atau sikat berbulu halus untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih melekat dengan hati-hati.

Baca Juga :   √ Cara Membersihkan Lantai Berminyak Paling Mudah & Tepat

2. Mencuci nampan/loyang dengan sabun dan spons

Setelah memastikan bahwa semua sisa makanan telah terlepas, lanjutkan dengan membersihkan nampan atau loyang oven menggunakan sabun cuci piring dan spons. Gosok perlahan agar permukaan loyang tidak tergores. Setelah itu, bilas loyang oven listrik dengan air sampai benar-benar bebas dari kotoran yang menempel. Biarkan nampan atau loyang tersebut diam hingga benar-benar kering. Langkah ini bertujuan untuk mencegah kelembapan agar saat dimasukkan kembali, nampan atau loyang tidak menjadi tempat tumbuhnya jamur atau noda di dalam oven.

3. Melenyapkan kotoran di bagian dalam oven listrik

Cara membersihkan bagian dalam oven listrik serupa dengan membersihkan nampan atau loyang, yaitu menggunakan spons dan sabun. Namun, jika kotorannya melekat terlalu kuat, kalian dapat menggunakan metode khusus dengan menguapkan air mendidih ke bagian yang ingin dibersihkan. Proses penguapan ini memanfaatkan uap, yang mampu melepas kotoran tersebut dari permukaan dan secara signifikan memudahkan proses pembersihan. Pastikan untuk berhati-hati dan menghindari kontak langsung dengan uap panas selama proses ini.

4. Membersihkan pintu oven dengan air sabun hangat

Untuk membersihkan pintu oven, gunakan air sabun hangat agar kotoran yang menempel pada permukannya terangkat secara maksimal. Pastikan air sabun mencapai setiap bagian pintu, termasuk sudut-sudut yang mungkin sulit dijangkau. Jangan biarkan noda menempel terlalu lama pada pintu oven, karena semakin lama dibiarkan, semakin sulit pembersihannya. Pembersihan rutin dengan air sabun hangat akan membantu menjaga pintu oven tetap bersih dan bebas dari noda yang sulit dihilangkan.

5.Menghilangkan bau tak sedap dengan ramuan khusus

Bukan hanya kotoran, bau tak sedap juga menjadi masalah umum yang sering muncul dari dalam oven listrik. Tidak perlu khawatir, karena ada solusi khusus untuk mengatasi aroma yang tidak enak tersebut. Caranya adalah dengan mencampur satu sendok makan baking soda ke dalam satu cangkir air hangat, lalu gosokkan campuran tersebut ke bagian dalam oven. Selain itu, kalian juga dapat memanfaatkan campuran perasan lemon dengan air yang dimasak dalam oven sampai mendidih. Tindakan ini efektif untuk menghilangkan bau tak sedap karena kuman atau bakteri penyebabnya akan teratasi berkat kandungan segar dari lemon. Dengan menggunakan ramuan alami ini, kalian dapat menjaga oven listrik tetap segar dan bebas dari aroma yang tidak diinginkan.

Baca Juga :   √ Cara Mengatasi Air Sumur yang Bau Dengan Mudah

Tips Perawatan Oven Deck Mudah dan Awet

Merawat oven deck secara rutin merupakan aspek penting guna memastikan kinerja mesin tetap optimal. Salah satu bentuk perawatan oven yang efektif adalah membersihkannya dengan benar setelah digunakan. Dengan melakukan langkah-langkah perawatan ini, oven yang kalian miliki akan tetap awet dan berkinerja optimal untuk jangka waktu yang panjang.

Berikut ini adalah panduan mudah yang dapat diikuti terkait cara merawat oven deck.

1. Bersihkan Menggunakan Alat Khusus untuk Oven

Cara merawat oven deck tentunya berbeda dengan peralatan dapur lain yang umumnya lebih mudah dibersihkan. Agar pemanggang dapat dibersihkan secara menyeluruh, disarankan untuk menggunakan produk pembersih oven khusus. Produk ini dirancang untuk membantu mengangkat kotoran yang melekat di dinding oven dengan mudah.

Di supermarket, sudah tersedia beragam produk cair pembersih oven yang dapat kalian pilih. Produk ini sangat efektif untuk mengatasi noda yang sulit tanpa merusak permukaan oven. Dengan menggunakan pembersih oven khusus, kalian dapat memastikan oven deck tetap bersih dan terawat tanpa khawatir merusak komponennya.

2. Pembersihan Komponen di Dalam Oven

Penggunaan oven secara rutin dapat menyebabkan penumpukan kotoran yang lebih banyak di permukaan dalamnya. Oleh karena itu, frekuensi pembersihan sebaiknya disesuaikan dengan seberapa sering oven digunakan. Proses pembersihan ini melibatkan membersihkan tidak hanya dinding oven dan kaca, tetapi juga rak-rak di dalamnya.

Bagian yang paling rentan terhadap kotoran, seperti tumpahan adonan kue, umumnya terdapat pada rak-rak dalam oven. Tumpahan adonan kue yang tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan pembentukan karat. Cara membersihkannya dapat dilakukan dengan menggosoknya menggunakan spons, kemudian rak tersebut dapat digantung hingga benar-benar kering. Dengan perhatian khusus pada rak-rak ini, kalian dapat menjaga oven tetap bersih dan berfungsi optimal.

3. Lap Bagian Luar Oven

Sebagian besar orang cenderung mengabaikan kebersihan bagian luar oven karena dianggap kurang penting. Namun, sebenarnya, membiarkan bagian luar oven kotor dapat menimbulkan risiko kontaminasi pada bagian dalamnya. Debu dan kotoran yang menumpuk pada bagian luar oven berpotensi jatuh ke dalam adonan yang akan dimasukkan ke dalam oven.

Baca Juga :   √ Cara Mengatasi Spring Bed Kempes Paling Mudah dan Tepat

Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan secara berkala bagian luar oven. Salah satu cara efektif adalah dengan menggunakan cairan pembersih oven yang kemudian dapat diaplikasikan dengan menggunakan lap. Dengan menjaga kebersihan bagian luar oven, kalian dapat menghindari potensi kontaminasi pada makanan yang dimasak di dalamnya.

4. Membersihkan Komponen di Dalam Oven Deck

Terdapat beberapa komponen di dalam oven deck yang perlu mendapatkan perawatan pembersihan, seperti spuyer gas di dalam pengontrol oven. Selain itu, ada juga kipas sentrifugal atau blower yang memerlukan perhatian khusus. Proses pembersihan dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan WD40 ke dalam rongga kipas blower.

Baca Juga :

Penutup

Dengan menerapkan tips perawatan oven secara rutin, kalian dapat memastikan oven tetap dalam kondisi optimal dan berkinerja maksimal.

Menjaga kebersihan bagian dalam dan luar oven, membersihkan rak-rak dan bagian-bagian kritis seperti spuyer gas dan kipas blower, serta menghindari penumpukan kotoran yang dapat mengganggu kualitas masakan.

Selain itu, mematikan aliran listrik sebelum membersihkan dan menggunakan produk pembersih oven yang tepat dapat meningkatkan masa pakai dan keamanan oven kalian.

Dengan mengikuti tips perawatan oven ini, kalian tidak hanya menjaga kebersihan alat dapur kalian, tetapi juga memastikan pengalaman memasak yang lebih aman dan menyenangkan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Tips Perawatan Oven Beerdasarkan Jenisnya Paling Mudah. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *