Apa itu Cluster

√ Apa itu Cluster? Karakteristik, Keuntungan dan Tips Memilihnya

Posted on

Finoo.id – √ Apa itu Cluster? Karakteristik, Keuntungan dan Tips Memilihnya. Apabila bicara mengenai hunian impian, saat ini terdapat beragam pilihan jenis hunian yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan juga anggaran yang dimiliki. Mungkin kalian sudah mengetahui bahwa terdapat tiga jenis tipe hunian yang sering ditawarkan oleh pengembang properti. Ketiga jenis hunian tersebut adalah perumahan cluster, townhouse, dan residence.

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa ketiga jenis hunian ini sama. Namun jika kita melihat lebih detail, perumahan cluster, townhouse, dan residence memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Jika saat ini kalian sedang mencari hunian, perumahan cluster bisa dimasukkan ke dalam daftar pencarian kalian. Perumahan cluster saat ini memiliki tingkat penjualan yang tinggi karena kelebihan yang ditawarkannya sangat menarik. Oleh karena itu, sebelum kalian memutuskan untuk membelinya, simak ulasan berikut ini mengenai kelebihan rumah cluster dan perbedaannya dengan dua tipe hunian lainnya!

Apa Itu Cluster?

Cluster adalah suatu kompleks hunian yang terdiri dari puluhan hingga ratusan unit rumah tapak. Hunian ini menawarkan unit-unit rumah dengan desain yang seragam, termasuk ukuran dan tata letak yang sama. Setiap unit rumah hanya dipisahkan oleh tembok, tanpa adanya pagar pembatas.

Penghuni cluster juga dapat menikmati berbagai fasilitas khusus seperti kolam renang, klub rumah, jalur lari, taman, dan lain sebagainya. Karena menawarkan aspek keamanan dan kenyamanan yang tinggi, cluster banyak diminati oleh masyarakat. Namun, harga rumah di dalam cluster biasanya lebih tinggi karena fasilitas-fasilitas tersebut serta kualitas yang ditawarkan.

Karakteristik Rumah Cluster

Sama seperti jenis rumah lainnya di Indonesia, rumah cluster memiliki ciri khasnya sendiri yang membedakannya dari rumah-rumah lain. Berikut beberapa karakteristik yang perlu kalian ketahui.

1. Desain dan Bangunan Rumah yang Sama

Rumah cluster terletak dalam suatu kompleks atau area perumahan dengan bangunan yang seragam. Jika kalian berada di suatu kompleks perumahan dengan desain dan bentuk bangunan yang sama, maka dapat dipastikan perumahan tersebut termasuk dalam kategori rumah cluster.

2. Memiliki Fasilitas Lengkap yang Digunakan Bersama

Rumah cluster tidak hanya menawarkan unit-unit rumah yang seragam, tetapi juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang dapat dinikmati bersama oleh para penghuni perumahan. Fasilitas ini meliputi ruang terbuka hijau yang menyegarkan, area playground atau taman bermain untuk anak-anak, lapangan olahraga untuk kegiatan fisik, kolam renang untuk bersantai dan berenang, serta beragam fasilitas lainnya yang memperkaya pengalaman hidup bersama di dalam cluster. Dengan adanya fasilitas yang lengkap dan dapat digunakan bersama, rumah cluster menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang mengutamakan gaya hidup yang aktif dan nyaman.

Baca Juga :   √ Apa Itu Arsitektur Vernakular? Berikut Penjelasanya

3. One Gate System

Tipe rumah ini memiliki akses yang terbatas, di mana tidak semua orang bisa masuk tanpa izin. Mereka menerapkan sistem satu pintu atau one gate system yang memungkinkan akses keluar masuk melalui pintu yang sama, dengan pengawasan 24 jam dan dilengkapi dengan CCTV. Dengan demikian, pihak keamanan dapat mengetahui siapa saja yang masuk ke dalam kompleks tersebut. Tidak mengherankan jika hunian di dalamnya dianggap sebagai salah satu yang paling aman, meskipun tidak memiliki pagar pembatas.

4. Memiliki Banyak Unit

Pada sebuah cluster, terdapat banyak unit rumah yang tersedia, mulai dari puluhan hingga ratusan unit. Proses pembangunan rumah di dalam cluster dilakukan secara bertahap, dari satu cluster ke cluster lainnya. Hal ini memungkinkan untuk adanya variasi dalam pilihan unit rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi penghuni. Dengan jumlah unit yang cukup banyak, cluster dapat menampung sejumlah besar keluarga dan memberikan ruang bagi komunitas yang berkembang di dalamnya.

5. Tanpa Pagar

Perumahan tipe ini mengadopsi konsep terbuka di mana pemilik rumah dapat berinteraksi dengan mudah satu sama lain. Tidak heran jika rumah-rumah dalam cluster ini tidak memiliki pagar pembatas di antara mereka. Selain itu, tanpa adanya pagar pembatas ini memudahkan akses bagi pemilik rumah dan tamu yang datang.

Para pemilik rumah juga dapat merasa tenang karena sistem keamanan yang tersedia menjaga kendaraan mereka dengan baik.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Cluster

Saat memilih rumah, biasanya ada beberapa faktor yang dipertimbangkan, termasuk kelebihan dan kekurangan. Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki rumah cluster?

Kelebihan Rumah Cluster

1. Fasilitas Bersama yang Lengkap dan Memadai

Rumah di dalam cluster menawarkan beragam fasilitas bersama yang dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Mulai dari taman bermain untuk anak-anak, fasilitas olahraga seperti lapangan tenis atau basket untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, hingga ruang terbuka hijau untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga atau tetangga. Selain itu, ada juga fasilitas lain seperti pusat kebugaran, ruang komunitas, area BBQ, dan lain sebagainya yang dapat memenuhi kebutuhan rekreasi dan sosial penghuni cluster. Dengan fasilitas yang lengkap dan memadai ini, penghuni dapat menikmati gaya hidup yang aktif dan nyaman tanpa harus meninggalkan area perumahan.

Baca Juga :   Harga Borongan Membuat Tangga Beton Yang Minimalis & Modern Terbaru

2. Keamanan Terjamin 24 Jam

Keamanan rumah dalam cluster dijaga dengan pengawasan 24 jam dan dilengkapi dengan CCTV. Dengan demikian, setiap orang yang memasuki dan meninggalkan perumahan akan tercatat oleh petugas keamanan. Oleh karena itu, meskipun rumah-rumah dalam cluster tidak memiliki pagar pembatas, keamanan perumahan tetap terjamin.

3. Lingkungan yang Nyaman

Bagi kalian yang memiliki anak, lingkungan tempat tinggal tentu menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Di perumahan cluster, kalian tidak perlu khawatir ketika anak-anak kalian bermain di sekitar rumah. Karena jumlah kendaraan yang melintas tidak sebanyak di perumahan biasa, anak-anak dapat bermain dengan nyaman dan aman di luar rumah.

4. Nilai Investasi yang Tinggi

Perumahan cluster seringkali berlokasi di tempat yang strategis untuk pembangunan. Ini memungkinkan para pemilik rumah untuk mencapai fasilitas umum dengan lebih cepat dan efisien. Misalnya, perumahan cluster sering dibangun dekat dengan jalan utama, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Dengan kemudahan akses ke tempat-tempat tersebut, rumah-rumah dalam cluster memiliki nilai jual yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Jika kalian berpikir untuk berinvestasi di bidang properti, rumah tipe ini merupakan pilihan yang tepat. Semakin strategis dan lengkap fasilitas yang tersedia, semakin tinggi pula nilai investasi yang dimiliki.

5. Cocok Untuk Anak-Anak

Rumah cluster menawarkan keamanan 24 jam dan seringkali dilengkapi dengan taman bermain di dalam kompleksnya. Hal ini menjadi salah satu alasan utama mengapa rumah tipe ini sangat cocok untuk dijadikan hunian jangka panjang bagi mereka yang memiliki anak. Dengan keamanan yang terjamin dan adanya fasilitas taman bermain yang tersedia, anak-anak dapat bermain dengan aman dan nyaman di dalam lingkungan yang terkendali dan terawat dengan baik. Selain itu, keberadaan taman bermain juga memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi dengan sesama anak di lingkungan tersebut, sehingga membantu dalam membangun hubungan sosial dan pengembangan keterampilan sosial mereka.

Kekurangan Rumah Cluster

Terasa tidak adil jika kita tidak mengupas tentang kekurangan yang dimiliki oleh rumah cluster. Meskipun hampir sempurna, ternyata masih ada beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan pada jenis rumah ini.

1. Desain yang Monoton

Karena bangunan dalam perumahan ini memiliki desain yang seragam di antara satu sama lain, hal ini membuat kesan desain menjadi monoton. Rumah-rumah dalam cluster tidak memiliki perbedaan yang mencolok antara satu dengan yang lainnya. Berbeda dengan perumahan biasa yang dikenal dengan fasad rumah yang beragam.

2. Perlunya Biaya Tambahan

Tidak hanya mengurus pembayaran listrik dan air, sebagai pemilik properti di perumahan cluster, kalian akan dikenakan biaya tambahan lainnya. Biaya ini biasanya merupakan biaya pemeliharaan lingkungan yang mencakup biaya keamanan, pengelolaan sampah, pemeliharaan kebersihan jalan, dan lain-lain, tergantung pada kebijakan yang berlaku.

Baca Juga :   Contoh Bidang Miring Yang Ada Disekitar Kita dan Penjelasanya

3. Harga yang Tinggi

Rumah cluster dibangun di lokasi yang strategis dan memiliki akses yang dekat dengan fasilitas umum seperti jalan utama, stasiun kereta api/MRT, pusat perbelanjaan, jalan tol, dan sebagainya. Kemudahan akses ini memberikan nilai tambah pada properti, sehingga harga jualnya biasanya lebih tinggi.

Tips Memilih Rumah Cluster

Membeli rumah bukanlah keputusan yang sepele; semua langkah dan proses harus dipertimbangkan dengan matang. Mencari rumah memang bisa menjadi tantangan yang cukup besar.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna bagi kalian yang ingin membeli rumah cluster:

1. Cari Tahu Tentang Pengembang atau Developer-nya

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah dari pengembang tertentu, Pins perlu melakukan penelitian tentang reputasi pengembang tersebut. Telusuri dengan cermat track record pengembang tersebut.

Informasi mengenai pengembang bisa diperoleh dari berbagai sumber, seperti rekomendasi dari kerabat atau penelusuran melalui internet. Namun, saat mencari informasi secara online, Pins perlu berhati-hati agar tidak terpengaruh oleh berita palsu atau hoax.

Dengan mengetahui informasi tentang pengembang, Pins dapat memperoleh gambaran apakah pengembang tersebut dapat dipercaya dan bertanggung jawab dalam pembangunan rumah.

2. Perhatikan Lokasi serta Tipe Rumah

Biasanya pada brosur atau website resmi akan dijelaskan lokasi cluster dengan klaim seperti “hanya 10 menit dari pintu tol”. Namun, sebaiknya Pins melakukan survei langsung ke lokasi untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

Saat survei langsung, Pins juga dapat melihat secara langsung desain dari setiap tipe rumah. Setiap tipe rumah dalam sebuah cluster memiliki perbedaan, baik dari segi ukuran maupun desainnya.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan demikian, apa itu Cluster? Cluster bukan hanya tentang sebuah perumahan, melainkan juga tentang sebuah gaya hidup.

Dengan keamanan yang terjamin, fasilitas yang lengkap, dan lokasi yang strategis, cluster menjadi pilihan menarik bagi banyak orang yang menginginkan hunian yang nyaman dan terjangkau.

Jadi, bagi kalian yang mencari rumah yang lebih dari sekadar tempat tinggal, cluster mungkin menjadi jawaban yang kalian cari. Apa itu Cluster? Jawabannya adalah pilihan cerdas untuk gaya hidup modern.

Demikianlah artikel finoo.id yang memmbahas tentang √ Apa itu Cluster? Karakteristik, Keuntungan dan Tips Memilihnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *