Apa itu Townhouse

√ Apa itu Townhouse? Kelebihan Beserta Kekuranganya

Posted on

Finoo.id – √ Apa itu Townhouse? Kelebihan Beserta Kekuranganya. Ketika ingin membeli rumah, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah townhouse. Meskipun sering kali disamakan dengan cluster, namun sebenarnya townhouse dan cluster memiliki perbedaan yang mencolok. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami konsep townhouse dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli unit rumah.

Dalam artikel ini, Kania akan menjelaskan secara rinci tentang konsep hunian townhouse sebagai panduan bagi kamu yang sedang merencanakan untuk membeli rumah impian. Ayo, langsung saja kita simak ulasan lengkap mengenai townhouse di bawah ini!

Apa itu Townhouse?

Townhouse merupakan kompleks perumahan yang dibangun di pusat kota. Biasanya, kompleks ini terletak di area perkotaan yang memudahkan akses jalan dan fasilitas lainnya. Namun, ciri khas dari townhouse adalah jumlah rumah yang terbatas dan cenderung dibangun dalam jumlah yang relatif sedikit.

Selain itu, lokasi dan luas tanah yang digunakan untuk townhouse juga biasanya tidak terlalu besar, sehingga rumah-rumah di dalam kompleks ini cenderung memiliki tinggi bangunan dua atau tiga lantai. Desain rumah townhouse pun umumnya seragam dan teratur, sehingga menimbulkan kesan yang rapi. Hal ini membuat townhouse menjadi pilihan yang diminati oleh kalangan menengah ke atas.

Keunggulan lainnya adalah lokasinya yang strategis di tengah kota, sehingga harga jual townhouse biasanya lebih tinggi. Meskipun ukuran bangunan rumahnya tidak terlalu besar, namun akses masuk ke dalam kompleks tersebut lebih mudah dan memberikan kesan eksklusif.

Konsep Townhouse

Awalnya, townhouse dirancang untuk memenuhi kebutuhan hunian para ekspatriat dengan menawarkan eksklusivitas dan layanan keamanan terbaik. Dibangun dengan bentuk dan ukuran rumah yang seragam, townhouse biasanya menggunakan sistem keamanan satu akses atau one gate system.

Dengan satu pintu akses untuk keluar dan masuk, petugas keamanan dapat dengan mudah mengawasi semua orang dan kendaraan yang masuk ke kompleks townhouse, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih aman. Biasanya, petugas keamanan akan melakukan patroli selama 24 jam setiap hari dan menerapkan pendataan lengkap, seperti meminta tamu untuk menitipkan kartu identitas pada pos keamanan setiap kali berkunjung ke townhouse.

Baca Juga :   √ Biaya Membuat Garasi Mobil Minimalis: Material & Upah

Ciri-Ciri Perumahan Townhouse

Berikut adalah beberapa ciri khas dari perumahan townhouse yang perlu diketahui, antara lain:

1. Berlokasi di Tengah Kota

Pada zaman Amerika pada abad ke-18, muncullah perumahan berderet yang dikenal dengan sebutan rowhouse. Meskipun awalnya disebut rowhouse, namun karena mayoritas berlokasi di tengah kota, masyarakat lebih cenderung menyebutnya sebagai townhouse. Hingga saat ini, perumahan dengan desain serupa yang terletak di pusat kota masih dikenal dengan istilah townhouse.

Tinggal di townhouse memberikan banyak keuntungan bagi penghuninya. Salah satunya adalah akses mudah ke fasilitas umum seperti supermarket, rumah sakit, pusat kebugaran, dan lain sebagainya. Selain itu, transportasi umum juga lebih mudah diakses dari townhouse, memudahkan penghuni untuk beraktivitas dan menjalankan kegiatan sehari-hari.

2. Desain Serupa

Seperti halnya perumahan cluster, perumahan townhouse juga menonjol dengan desain rumah yang serupa satu sama lain. Tidak jarang, pemilihan warna juga diatur agar seragam di seluruh kompleks.

Keunikan ini bukanlah tanpa perencanaan, karena biasanya pengembang telah merancangnya sejak awal untuk memberikan identitas khusus pada rumah townhouse. Dengan memberikan desain yang seragam, tujuannya adalah menciptakan kesan yang serupa dan pengalaman yang konsisten bagi semua penghuni.

Dengan demikian, meskipun setiap rumah memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri, tetapi kesamaan dalam desain membawa rasa kesatuan dan identitas yang kuat bagi seluruh kompleks townhouse. Hal ini menciptakan lingkungan yang harmonis dan estetika yang kohesif bagi para penghuni.

3. Jumlah Unit

Hal lain yang membedakan rumah cluster dan townhouse adalah jumlah unit pada setiap kompleksnya. Rumah cluster biasanya memiliki puluhan hingga ratusan unit rumah yang dibagi menjadi beberapa sub atau kompleks. Sebaliknya, perumahan townhouse umumnya hanya memiliki sekitar puluhan atau sekitar 30 unit rumah per sub atau kompleksnya.

Perbedaan ini mencerminkan skala yang berbeda antara kedua jenis perumahan. Rumah cluster, dengan jumlah unit yang lebih banyak, cenderung menawarkan variasi yang lebih luas dalam tata letak dan desain rumah. Sementara itu, townhouse, dengan jumlah unit yang lebih sedikit, mungkin menawarkan atmosfer yang lebih eksklusif dan terbatas, dengan lebih sedikit rumah yang berbagi fasilitas dan ruang terbuka bersama.

4. Elit

Meskipun memiliki desain rumah yang serupa, fasilitas yang ditawarkan oleh rumah townhouse cenderung berkualitas dan eksklusif. Umumnya, rumah townhouse memiliki lebih dari satu lantai, yang menjadikannya berbeda dengan rumah cluster yang biasanya terdiri dari rumah tapak atau rumah satu lantai.

Baca Juga :   Rangka Baja Ringan: Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Oleh karena itu, perumahan townhouse seringkali disebut sebagai perumahan elit di tengah kota, karena secara kualitas ditujukan untuk kaum elit. Dengan fitur-fitur dan fasilitas yang lebih mewah serta ukuran yang lebih besar, townhouse menawarkan gaya hidup yang eksklusif dan kemewahan bagi para penghuninya. Ini menciptakan aura kemewahan dan keanggunan yang khas bagi kompleks perumahan townhouse.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Membeli Townhouse?

Berikut adalah manfaat dan kelemahan dari membeli townhouse yang perlu dipahami, antara lain:

Kelebihan Townhouse

  1. Lokasi Strategis: Townhouse umumnya terletak di pusat kota, memberikan akses mudah ke berbagai fasilitas perkotaan. Dengan tinggal di sini, kalian dapat dengan cepat mencapai berbagai fasilitas kota yang penting.
  2. Perawatan yang Mudah: Karena ukurannya yang kecil, townhouse memerlukan perawatan yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan rumah besar. Hal ini membuatnya lebih mudah dan hemat waktu dalam merawat rumah kalian.
  3. Fasilitas yang Beragam: Beberapa townhouse dilengkapi dengan berbagai fasilitas internal yang memperkaya gaya hidup penghuninya. Ini bisa termasuk club house, kolam renang, pusat kebugaran, dan fasilitas lainnya yang menambah kenyamanan dan kepuasan penghuni.
  4. Ruang Outdoor: Kompleks townhouse sering kali memiliki area outdoor seperti teras, halaman belakang, atau bahkan garasi. Ini memberikan kesempatan untuk menikmati udara segar dan memiliki ruang terbuka untuk beraktivitas di luar rumah.

Kekurangan Townhouse

  1. Harga yang Tinggi: Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil, townhouse seringkali memiliki harga yang tinggi karena lokasinya yang strategis di pusat kota. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang kurang terjangkau bagi beberapa calon pembeli.
  2. Biaya Tambahan: Selain harga beli yang tinggi, penghuni townhouse juga biasanya harus membayar berbagai iuran tambahan. Ini bisa termasuk biaya pemeliharaan fasilitas bersama dan biaya keanggotaan untuk asosiasi pemilik rumah (HOA). Selain itu, penghuni juga harus mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan oleh HOA, yang mungkin membatasi kebebasan mereka dalam mengelola rumah mereka.
  3. Paparan Polusi: Tinggal di tengah kota, townhouse rentan terhadap polusi udara dan suara. Penghuninya mungkin harus menghadapi polusi udara dari lalu lintas kendaraan dan polusi suara yang berasal dari kegiatan perkotaan. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan tinggal dan kesehatan penghuni.
  4. Bangunan Vertikal: Tidak semua orang cocok untuk tinggal di bangunan vertikal seperti townhouse. Orang lanjut usia, misalnya, mungkin mengalami kesulitan dengan tangga dan aksesibilitas yang terbatas. Ini bisa menjadi kendala bagi mereka yang memiliki mobilitas terbatas atau kesulitan bergerak.
Baca Juga :   Harga Borongan Pasang Turap Batu Kali Per Meter Yang Paling Tepat

Dimana Kamu Bisa Menemukan Townhouse?

Terdapat beberapa ciri-ciri area yang biasanya menjadi lokasi townhouse, antara lain:

  1. Pusat Kota: Townhouse cenderung berlokasi di pusat kota atau area perkotaan yang padat. Hal ini memungkinkan akses yang mudah ke berbagai fasilitas dan layanan kota.
  2. Pasokan Tanah Terbatas: Karena lokasi yang strategis, pasokan tanah di pusat kota cenderung terbatas. Ini membuat pengembang lebih cenderung membangun townhouse atau jenis hunian vertikal lainnya untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan yang ada.
  3. Lokasi Strategis: Townhouse dipilih untuk dibangun di lokasi yang strategis agar penghuninya dapat menikmati akses yang mudah ke berbagai fasilitas dan aktivitas di sekitar kota.
  4. Harga Properti Relatif Tinggi: Karena faktor lokasi yang premium dan ketersediaan tanah yang terbatas, harga properti townhouse cenderung tinggi dibandingkan dengan properti di daerah lain.

Sangat jarang ditemukan townhouse di daerah pinggiran kota atau daerah yang merupakan transisi antara kota dan pinggiran kota. Daerah seperti ini lebih cenderung diisi oleh jenis hunian cluster atau perumahan tapak.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa townhouse merupakan sebuah konsep hunian yang menawarkan gaya hidup yang unik dan eksklusif di tengah-tengah kesibukan kota.

Dengan lokasi strategisnya, fasilitas yang berkualitas, dan desain yang seragam, townhouse menjadi pilihan menarik bagi mereka yang menghargai kenyamanan, kemudahan akses, dan gaya hidup urban.

Jadi, apa itu townhouse? Townhouse adalah lebih dari sekadar rumah; ia adalah simbol gaya hidup modern di pusat kota yang memberikan keseimbangan antara kenyamanan, prestise, dan kepraktisan bagi para penghuninya.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa itu Townhouse? Kelebihan Beserta Kekuranganya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *