Cara Mendapatkan Clear Tamper Online

√ Cara Mendapatkan Clear Tamper Online Yang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – √ Cara Mendapatkan Clear Tamper Online Yang Paling Tepat. Saat pertama kali menginstal listrik di rumah, Anda mungkin mengalami kesulitan ketika lampu meteran menyala dan menunjukkan pesan ‘periksa’. Pesan ini biasanya muncul karena segel pada meteran telah terbuka, sehingga Anda perlu memasukkan kode temper PLN untuk menghilangkan pesan ‘periksa’.

Masalah ini sering terjadi karena banyak orang yang belum tahu bahwa segel pada meteran seharusnya tidak boleh dibuka kecuali oleh petugas PLN. Jika Anda tetap mencoba mengganti atau memperbaiki meteran sendiri, kemungkinan besar pesan “periksa” akan muncul dan listrik akan mati.

Kejadian ini umumnya terjadi pada meteran listrik token, di mana kode temper PLN terdiri dari beberapa digit angka dan dapat dimasukkan langsung ke dalam panel angka pada meteran listrik Anda. Selama pesan ‘periksa’ masih muncul, Anda tidak dapat mengisi token listrik sebelum memasukkan kode temper PLN.

Apa itu Kode Clear Temper PLN?

Clear Tamper, atau CT singkatannya, merupakan token berisi 20 digit yang digunakan untuk mengaktifkan kembali meteran prabayar yang segelnya telah terbuka (tutup terminal). Jika tutup terminal pada meteran di rumah Anda sudah terbuka, maka akan muncul tulisan “periksa” pada layar meteran.

Kode ini dirancang untuk memudahkan petugas PLN dalam menangani gangguan pada meteran prabayar, terutama saat gangguan terjadi di luar jam kerja. Selain itu, kode clear temper PLN juga dibuat dengan tujuan untuk mengatasi kecurangan atau pencurian listrik melalui modifikasi pada bagian dalam meteran listrik. Tamper juga dapat disebut sebagai kode keamanan pada meteran listrik prabayar.

Cara Mendapatkan Clear Tamper Online

Untuk mendapatkan kode clear tamper secara online melalui internet, langkah-langkah berikut ini dapat diikuti dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile:

Baca Juga :   Biaya Ganti Meteran Listrik ke Token Serta Syarat & Pengajuanya

  1. Download Aplikasi PLN Mobile di Playstore:
    Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi PLN Mobile melalui platform Playstore pada perangkat Anda.
  2. Buka Aplikasi dan Daftar:
    Setelah berhasil diunduh, buka aplikasi tersebut.
    Daftar ke dalam aplikasi dengan memasukkan data yang diminta, seperti ID pelanggan dan nomor HP.
  3. Aktivasi Aplikasi:
    Setelah berhasil terdaftar, aplikasi PLN Mobile sudah siap digunakan untuk meminta kode clear tamper.
  4. Pilih Menu Pengaduan:
    Masuk ke menu Pengaduan yang terdapat dalam aplikasi.
  5. Identifikasi KWh Meter “PERIKSA”:
    Pilih opsi “kWh Meter saya menunjukkan PERIKSA” untuk menandakan masalah pada meteran.
  6. Ajukan Pengaduan:
    Klik “Ajukan Pengaduan” dan setuju dengan petunjuk yang diberikan.
  7. Masukkan ID Pelanggan:
    Aplikasi akan meminta Anda memasukkan ID Pelanggan, lalu tekan enter pada perangkat Anda.
  8. Lokasi Data pada Formulir:
    Setelah data ditemukan, klik di tengah data tersebut untuk memastikan keakuratan informasi.
  9. Isi Formulir Deskripsi:kalian akan diarahkan ke formulir Deskripsi permintaan kode clear tamper. Isilah deskripsi sesuai dengan panduan yang disediakan dalam aplikasi.
  10. Lanjutkan Permintaan:
    Klik “Lanjutkan” setelah berhasil mengisi formulir permintaan.
  11. Tunggu Konfirmasi dari PLN:
    Setelah mengirimkan permintaan, Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dari PLN. Kode clear tamper akan dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar dalam aplikasi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile secara efisien untuk memperoleh kode clear tamper dan mengatasi masalah pada meteran prabayar secara online.

Cara Memasukan Kode Clear Temper untuk Menghilangkan Kata Periksa

Setelah mendapatkan kode clear tamper yang valid, segera masukkan kode tersebut ke meteran listrik di rumah Anda. Jika Anda masih ragu atau membutuhkan panduan langkah demi langkah, berikut tutorial untuk memasukkan kode clear tamper PLN dengan benar dan mudah:

Baca Juga :   √ Apa itu Kabel NYYHY? Fungsi, Komponen dan Jenisnya

  1. Pastikan Meteran Menyala dan Menunjukkan ‘Periksa’:
    Sebelum memulai, pastikan meteran listrik Anda menyala dan pada layar terdapat tulisan ‘Periksa’.
  2. Masukkan Angka Kode Satu Persatu:
    Masukkan satu persatu angka dari kode clear tamper yang telah Anda dapatkan. Pastikan setiap digit dimasukkan dengan benar sesuai urutan.
  3. Tekan Tombol “Enter” atau Panah pada Meteran:
    Setelah semua digit kode token dimasukkan dengan benar, tekan tombol “Enter” pada meteran atau ikuti petunjuk yang mungkin berupa panah pada panel meteran.
  4. Periksa Hasil:
    Jika Anda berhasil memasukkan kode dengan benar, tulisan ‘Periksa’ pada layar meteran akan hilang, menandakan bahwa proses clear tamper telah berhasil.
  5. Isi Token Listrik Seperti Semula:
    Setelah berhasil menghilangkan pesan ‘Periksa’, Anda sudah dapat mengisi token listrik seperti biasa. Masukkan token listrik sesuai dengan kebutuhan dan pengisian yang diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan kembali meteran prabayar yang sebelumnya menunjukkan pesan ‘Periksa’ akibat masalah segel. Pastikan untuk memasukkan kode clear tamper dengan benar agar proses berjalan lancar dan listrik di rumah Anda dapat kembali aktif seperti semula.

Solusi Kode Clear Temper Tidak Berfungsi

Beberapa orang mengalami kendala ketika kode yang dimasukkan tidak berfungsi atau salah. Permasalahan ini mungkin tidak sepenuhnya disebabkan oleh token yang bermasalah, melainkan bisa disebabkan oleh kesalahan dalam memasukkan satu atau beberapa angka.

Sebelum mengajukan keluhan kepada pihak PLN, disarankan untuk mencoba memasukkan ulang kode clear tamper yang telah diberikan sebelumnya oleh PLN. Pastikan setiap digit yang dimasukkan tidak salah, karena satu kesalahan angka saja dapat membuat kode tidak berfungsi dan tulisan “Periksa” tetap muncul.

Namun, jika setelah mencoba ulang masih tidak berhasil, sebaiknya segera menghubungi PLN dan menjelaskan permasalahan yang dialami pada meteran listrik di rumah. PLN kemungkinan akan memberikan kode baru atau dapat mengirim petugas langsung ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga :   √ Menghitung Daya Genset 60 KVA Berapa Watt Yang Tepat

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penting untuk berhati-hati dalam memasukkan kode clear tamper agar tidak terjadi kesalahan. Jika kendala masih berlanjut, kerjasama dengan PLN dalam mengatasi permasalahan pada meteran listrik menjadi langkah yang tepat untuk memastikan bahwa sistem prabayar dapat berjalan dengan lancar. Kesadaran untuk tidak membuka kotak meteran sendiri juga perlu diingat, karena di dalamnya terdapat sensor otomatis yang dapat mengunci meteran dan menyebabkan munculnya pesan “Periksa”.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menanggapi dan mengatasi masalah seputar meteran listrik prabayar, mengakses Clear Tamper secara online melalui aplikasi PLN Mobile dapat menjadi solusi efektif.

Meskipun langkah-langkahnya cukup sederhana, penting untuk memastikan bahwa setiap kode dimasukkan dengan benar guna menghindari kendala yang mungkin timbul.

Jika Anda menghadapi kesulitan dalam penggunaan Clear Tamper, artikel ini telah memberikan panduan lengkap tentang cara mendapatkannya secara online.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan akurat dalam memasukkan setiap digit kode. Jika tetap terkendala, jangan ragu untuk menghubungi pihak PLN dan menjelaskan situasi yang Anda alami.

Dengan demikian, artikel ini tidak hanya memberikan wawasan mengenai cara mendapatkan Clear Tamper secara online melalui PLN Mobile, tetapi juga memberikan solusi bagi mereka yang mungkin mengalami kendala teknis.

Semoga informasi dalam artikel finoo.id ini bermanfaat dan membantu mempermudah penggunaan sistem prabayar listrik bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *