Pengertian Motor Grader

√ Pengertian Motor Grader: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

Posted on

Finoo.id – √ Pengertian Motor Grader: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya. Kali ini, kami akan membahas segala hal yang terkait dengan Motor Grader. Grader, yang juga dikenal sebagai Motor Grader, adalah sebuah peralatan berat yang digunakan untuk meratakan permukaan jalan. Alat berat ini dilengkapi dengan pisau berukuran panjang yang digunakan dalam proses perataan jalan.

Secara umum, Motor Grader bergerak dengan roda ban dan memiliki peralatan berat yang disebut sebagai pisau. Di beberapa negara, termasuk Filipina, Motor Grader sudah dilengkapi dengan pisau yang terletak di bagian depan. Rentang kapasitas pisau ini berkisar antara 2.50 hingga 7.30 meter, dengan total kapasitas daya mencapai 97 hingga 373 kilowatt atau 125 hingga 500 tenaga kuda.

Pengertian dari Motor Grader

Motor grader merupakan sebuah alat berat khusus yang dilengkapi dengan pisau panjang. Fungsinya adalah untuk meratakan permukaan di lokasi konstruksi.

Biasanya, grader dilengkapi dengan tiga roda dan memiliki mesin serta kabin yang terletak di bagian belakang roda belakang. Terdapat juga pisau atau blade yang terpasang di bagian belakang kendaraan ini.

Di berbagai negara, seperti Filipina, terdapat grader yang memiliki blade yang ditempatkan di bagian depan roda depan. Kapasitas blade bervariasi, mulai dari 2,5 hingga 7,3 meter.

Beberapa jenis grader dapat dilengkapi dengan berbagai alat tambahan sehingga pekerjaan seperti penambangan dan lainnya dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

Fungsi Alat Berat Motor Grader

Motor Grader adalah alat berat yang memiliki beragam aplikasi dalam pekerjaan konstruksi. Kemampuannya ini disebabkan oleh kombinasi pisau (blade) yang fleksibel dan roda ban yang dapat bergerak dengan mudah. Alat ini biasanya dilengkapi dengan 6 roda ban karet dan dilengkapi dengan pisau lebar yang utamanya digunakan untuk meratakan permukaan jalan.

Dalam proyek-proyek pembangunan infrastruktur jalan, Motor Grader memiliki peran penting dalam membentuk permukaan badan jalan serta bahu jalan yang mirip dengan punggung kuda. Tujuannya adalah untuk meninggikan bagian tengah jalan sekitar 15 cm lebih tinggi daripada bahu jalan, sehingga saluran drainase terbentuk di tepi jalan. Hal ini memungkinkan air hujan untuk mengalir ke tepi jalan, mencegah genangan air di tengah jalan.

Baca Juga :   Mengenal Alat Berat Excavator: Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Selain digunakan untuk pembangunan jalan, umumnya Motor Grader memiliki beberapa fungsi tambahan, antara lain:

  1. Meratakan dan membentuk permukaan tanah.
  2. Membuat saluran air (parit) di pinggir jalan dengan cara memasang pisau samping pada Motor Grader dan menggerakkannya sepanjang jalan untuk membentuk saluran air atau parit.
  3. Membuat kemiringan tanah yang tepat pada tebing pinggir jalan atau sloping untuk meningkatkan keamanan pengguna jalan. Kemiringan yang dihasilkan oleh Motor Grader lebih presisi daripada yang dapat dicapai dengan menggunakan excavator, menghasilkan permukaan yang rapi dan halus sesuai dengan kemiringan yang diinginkan.
  4. Pekerjaan finishing pada proyek-proyek pembangunan lapangan golf, di mana Motor Grader berperan penting dalam membentuk kemiringan tanah yang panjang dan lebar dengan hasil yang sangat rapi sesuai dengan stkalianr lapangan golf.
    Meratakan tanah yang luas dengan gundukan tanah yang keras, seperti yang diperlukan dalam proyek pembangunan lapangan sepak bola, bkalianra, dan sejenisnya.
  5. Menggemburkan tanah dengan komponen tambahan.

Berbagai Komponen Alat Berat Motor Grader

Grader ini dilengkapi dengan sejumlah komponen utama yang mendukung kinerjanya. Di bawah ini, kami akan menguraikan berbagai komponen atau bagian yang ada pada grader.

1. Front blade

Komponen pertama ini merupakan salah satu bagian yang selalu diperlukan. Front blade sering digunakan dalam berbagai jenis pekerjaan yang terkait dengan penyebaran atau penaburan. Sesuai dengan namanya, front blade berbentuk seperti pisau atau blade dan terletak di bagian depan alat berat grader.

2. Front pull hook

Selanjutnya, ada komponen yang disebut sebagai front pull hook. Komponen ini juga terletak di bagian depan kendaraan grader, mirip dengan posisi front blade. Fungsi utamanya adalah untuk melakukan penarikan. Terdapat dua jenis front pull hook yang tersedia, yaitu front weight with nails dan U shaped bracket welded on front axle.

Baca Juga :   Apa Itu Undercarriage ? Fungsi, Klasifikasi, Jenis & Komponen

3. Push plate

Komponen berikutnya adalah push plate yang utamanya digunakan untuk mendorong atau merobohkan pohon. Push plate juga dapat digunakan untuk mendorong material lain. Komponen ini sangat efektif dalam memindahkan material yang jatuh dan terjebak di dalam lumpur karena memiliki energi yang besar. Selain itu, push plate dapat berfungsi sebagai pemberat (counterweight) sehingga roda depan alat berat ini tetap pada tanah saat grader sedang bekerja.

4. Scarifier

Scarifier memiliki peran utama dalam menggali material keras seperti lapisan es, aspal, atau material sulit lainnya yang tidak bisa digali dengan blade grader biasa. Scarifier dilengkapi dengan gigi yang dapat disesuaikan jumlahnya sesuai dengan tingkat kekerasan material yang akan digali oleh alat berat grader.

5. Extension blade

Sistem extension pada blade grader memungkinkan perpanjangan pada berbagai sisi blade, baik satu sisi saja maupun kedua sisinya. Hal ini meningkatkan efisiensi pekerjaan. Namun, perlu diingat bahwa extension blade sebaiknya digunakan untuk tugas-tugas yang lebih ringan dan tidak memberatkan komponen extension blade.

6. Kontrol Ujung Blade Hidrolik

Komponen ini adalah sistem hidrolik yang memungkinkan pengaturan sudut potong pada blade. Pengaturan ini dapat dilakukan dari kabin operator ketika menggunakan grader.

7. Rear mounted ripper

Bagian yang disebut rear mounted ripper memiliki fungsi utama untuk menggali material yang lebih keras seperti mineral atau batu yang sulit digali oleh scarifier. Komponen ini memiliki kekuatan lebih besar dalam menghancurkan material dibandingkan dengan komponen lain seperti blade atau scarifier. Scarifier dan rear mounted ripper dapat digunakan secara bergantian tergantung pada tingkat kekerasan material yang akan digali menggunakan motor grader.

8. Bagian lainnya dari grader

Selain ketujuh komponen yang telah disebutkan, grader juga memiliki beberapa komponen lain yang memiliki penting yang sama dalam menjaga agar alat berat ini dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut adalah beberapa komponen tambahan yang dimiliki oleh grader:

  • Blade lift cylinder
  • Riper
  • Cap
  • Drawbar lift cylinder
  • Rear wheel
  • Articulate cylinder
  • Blade
  • Front wheel
  • Lampu depan (headlamp)

Semua bagian atau komponen ini harus selalu berada dalam kondisi baik agar grader yang memiliki peran sangat penting ini dapat menjalankan tugasnya dengan lancar dan aman. Apabila ada komponen atau bagian dari grader yang mengalami kerusakan, perbaikan harus segera dilakukan agar komponen tersebut kembali berfungsi normal dan keselamatan operator tetap terjaga.

Baca Juga :   Apa Itu Vibro Roller: Fungsi dan Cara Kerjanya Lengkap

Cara Kerja Alat Berat Motor Grader

Setelah memahami definisi, fungsi, dan komponennya, informasi penting berikutnya adalah cara kerja alat berat ini. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, Motor Grader adalah alat berat yang digunakan untuk meratakan tanah, dan operasinya melibatkan beberapa langkah yang penting.

Motor Grader beroperasi dengan kecepatan yang rendah, sekitar 2800 rpm. Operator yang berada di ruang kendali memiliki tanggung jawab untuk mengatur proses kerja Motor Grader sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menjalankan tugasnya, Motor Grader akan bergerak maju dan mundur beberapa kali hingga tanah yang diratakan mencapai tingkat kehalusan yang diinginkan. Grader bekerja dengan mendorong bidang tanah menggunakan pisau besar dan tajam. Ketika Motor Grader bergerak maju, pisau akan menurunkan diri, dan ketika bergerak mundur, pisau akan terangkat, dan ini berulang terus. Pisau tersebut terletak di antara sistem hidrolik yang mengontrol penurunan dan pengangkatan.

Baca Juga : 

Penutup

Sebagai penutup, memahami pengertian Motor Grader bukan hanya esensial bagi mereka yang berkecimpung dalam industri konstruksi, tapi juga bagi masyarakat umum agar dapat menghargai teknologi yang membantu membangun infrastruktur negara kita.

Motor Grader, dengan kemampuannya yang luar biasa dalam meratakan dan menghaluskan permukaan, telah menjadi instrumen tak tergantikan dalam pembangunan jalan dan berbagai proyek lainnya.

Melalui pemahaman kita tentang Motor Grader, kita dapat lebih menghargai setiap jalan raya yang kita lalui dan kerja keras yang diletakkan di baliknya.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Pengertian Motor Grader: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya. Semoga aritkel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *