Kode Error AC Changhong

Macam & Arti Kode Error AC Changhong Wajib Diketahui

Posted on

Finoo.id – Macam & Arti Kode Error AC Changhong Wajib Diketahui. Pembahasan kali ini akan membahas tentang kode error AC Changhong. Ada beberapa kode error yang sering dicari oleh pengguna AC Changhong, seperti F2, F4, F5, dan lain-lain.

AC Changhong merupakan merek yang populer di Indonesia. Oleh karena itu, wajar jika kode error yang muncul di layar dapat menjadi hal yang asing bagi pengguna yang belum pernah menggunakan perangkat jenis ini sebelumnya.

Namun, banyak orang yang telah mendengar tentang kode error AC Changhong dari orang lain atau membaca ulasan online. Hal ini membuat perangkat AC Changhong terlihat kurang menakutkan dari yang diharapkan pada awalnya.

Masalah umum seperti kode error biasanya muncul setelah perangkat dihubungkan dengan listrik setelah pemasangan. Namun, ada juga masalah yang muncul setelah fungsi tertentu, seperti pendinginan dan sebagainya, mulai beroperasi.

AC Changhong memiliki banyak pengguna di Indonesia dan dapat ditemukan di berbagai rumah dan kantor di seluruh negeri. Meskipun kebanyakan orang tidak terlalu akrab dengan merek AC ini, namun penggunaannya yang luas membuat AC Changhong menjadi salah satu merek AC yang populer di Indonesia.

Sekilas Tentang ChangHong

Changhong didirikan pada tahun 1958 dan telah berkembang selama lebih dari enam dekade. Dari tahap awal pendiriannya, Changhong telah mengalami perjalanan panjang mulai dari kemunculan televisi berwarna hingga ekspansi elektronik IT yang beragam saat ini.

Kini, Changhong telah menjadi perusahaan multinasional yang komprehensif, yang menonjol dalam bidang elektronik konsumen, penelitian dan pengembangan, serta pembuatan perangkat inti. Saat ini, perusahaan sedang bergerak menuju penyedia daya saing global, yang menawarkan konten dan layanan peralatan informasi.

Baca Juga :   Cara Setting Remote AC Changhong: Agar Dingin

Pada tahun 2019, nilai merek Changhong telah mencapai 157,289 miliar yuan (RMB), menempati peringkat ke-7 di antara 100 perusahaan elektronik teratas di China dan peringkat ke-53 di antara 500 perusahaan manufaktur teratas di China. Changhong memiliki delapan perusahaan terdaftar.

Selama bertahun-tahun, Changhong tetap berpegang pada pendekatan berbasis pengguna, berorientasi pada pasar, memperkuat inovasi teknis, memperkuat manajemen internal, menuju arah pintar, terhubung, dan berkolaborasi. Perusahaan juga membangun sistem industri IOT yang kuat, secara terus-menerus meningkatkan daya saing komprehensif, dan secara bertahap membangun Changhong menjadi perusahaan terkenal di seluruh dunia.

Pengertian Kode Error AC

Kode Error AC Changhong adalah fitur khusus yang diberikan oleh produsen untuk mendeteksi segala kegagalan fungsi yang mungkin terjadi. Kode terdiri dari 2 digit yang dapat berupa angka, huruf, atau gabungan keduanya.

Jika AC Changhong mengalami masalah, kode error akan muncul pada panel display unit indoor dan operasional AC secara otomatis akan berhenti untuk melindungi komponen lainnya dari kerusakan.

Fitur ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan yang lebih parah dan mengurangi biaya perbaikan AC. Namun, pada tipe tertentu terutama seri terendah, fitur self-diagnosis mungkin tidak tersedia, sehingga harus melihat spesifikasi atau menanyakan langsung kepada penjual di toko.

Kode error AC Changhong kadang-kadang hanya menunjukkan kesalahan pengguna dalam pengaturan dan penyetelan, bukan kerusakan perangkat itu sendiri. Oleh karena itu, tidak perlu panik jika AC tiba-tiba mengalami kegagalan fungsi.

Meskipun AC Changhong tidak sepopuler merek terkenal lainnya, jumlah pengguna masih cukup banyak. Mungkin salah satu alasannya adalah spesifikasi produk yang masih dapat bersaing dan harga yang relatif terjangkau.

Daftar Kode Error AC Changhong

Pada dasarnya, daftar kode error AC Changhong sangat bermanfaat bagi seorang teknisi yang terampil untuk dapat menangani masalah dengan cepat dan efisien. Namun, tidak ada salahnya bagi pengguna untuk mengetahui arti dari kode tersebut sebelum memutuskan untuk melakukan servis.

Baca Juga :   √ Ciri AC Perlu Diservis, Berikut ini Beberapa Ciri-cirinya

Berikut adalah daftar kode error AC Changhong yang perlu diketahui:

Kode ErrorArti Kode AC
C1EEPROM unit indoor atau outdoor bermasalah
EACatu daya mengalami masalah atau rusak
ECTemperatur pada sensor suhu terlalu panas
EeTerjadi kesalahan pembacaan data pada EEPROM
E1Modul daya overheat atau terjadu hubungan arus pendek
E2Daya yang masuk pada sensor terlalu kecil
E4Sensor suhu terlalu panas melebihi 120o celcius
E5Perlindungan terhadap arus mengalami kapasitas berlebih
E6Sensor suhu pada unit outdoor mengalami kerusakan
E7Sensor coil pada unit outdoor mengalami kerusakan
F1Sensor suhu pada unit indoor mengalami kerusakan
F2Sensor coil pada unit indoor mengalami kerusakan
F3Tekanan udara terlalu rendah
F4Pelindung sendor coil unit indoor terlalu panas
F5Saat peroses pendinginan, suhu pada coil indoor lebih rendah dari 0 derajat celcius
F7Terjadi kegagalan komunikasi dalam ruangan dengan panel kontrol
F8Kegagalan komunikasi antara IPM dan PCB outdoor
P1Sensor suhu pada unit indoor bermasalah
P5Perlindungan terhadap anti pembekuan
88Tegangan pada power supply tidak stabil

Arti kode error pada tabel di atas mungkin berbeda untuk tipe tertentu, terutama seri terbaru, meskipun secara umum hampir sama.

Penyebab Muncul Kode error AC Changhong

Kode error AC Changhong adalah nomor empat digit yang muncul di layar saat ada masalah dengan AC. Meskipun mungkin sulit bagi pemilik rumah dan teknisi untuk memecahkan masalah ini, tidak ada artinya kecuali kalian tahu artinya!

Insiden kode error AC Changhong jarang terjadi, tetapi bisa terjadi. Jika kalian mengalami masalah dengan unit AC kalian dan melihat salah satu pesan ini di layar: “Kegagalan Daya” atau hanya “Kesalahan”, jangan khawatir karena biasanya dapat diselesaikan dengan menekan tombol batal/keluar sampai pesan tersebut hilang dari tampilan, lalu tekan OK untuk melanjutkan menggunakan mesin lagi. Jika tidak berhasil, cobalah metode reset lain yang tercantum dalam Pemeliharaan.

Baca Juga :   Penyebab AC Sharp Netes Air & Cara Mengatasinya

Kesalahan AC Changhong sering terjadi karena bahan yang murah. Kipas angin mungkin tidak cukup kuat untuk mendinginkan ruangan, atau bahkan mungkin ada masalah dengan arus listrik yang membuatnya tidak dapat menghasilkan AC yang memadai untuk semua pengguna di rumah.

Solusinya? Cobalah membalik beberapa pemutus! Ini adalah perbaikan yang mudah dan cepat jika kalian tidak ingin gelombang panas berikutnya (atau hawa dingin!) membuat semua orang sakit, termasuk kalian sendiri. Karena tidak ada yang suka merasa seperti mati dihangatkan ketika pemanas mereka menyala secara otomatis selama bulan-bulan dingin setelah musim dingin telah tiba lagi.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam artikel ini, finoo.id telah membahas tentang beberapa kode error AC Changhong yang mungkin muncul pada perangkat kalian. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, setiap kode error memiliki arti dan penyebab yang berbeda-beda, dan memahami kode-kode tersebut sangatlah penting agar kalian dapat menemukan solusi yang tepat.

Jika kalian mengalami masalah dengan AC Changhong kalian dan muncul kode error yang tidak tercantum dalam artikel ini, sebaiknya kalian memeriksa buku manual atau menghubungi teknisi AC untuk mendapatkan bantuan yang lebih lanjut.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dalam mengatasi masalah pada AC Changhong kalian. Ingatlah untuk selalu memperhatikan perawatan dan pemeliharaan pada perangkat elektronik agar dapat berfungsi secara optimal dan awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *